DNK Editor’s Pick Artikel
#Surabaya #pengamen #Bungurasih #belanja #noshoppingchallenge #sale #Yowes Ben #Bayu Skak #Dolly #Gang Dolly Surabaya #Sidoarjo #Shopping #onlineshop #ekonomidigital #BayuSkak #YowisBen #FilmYowisBen #Malang #Film #Avengers #WiroSableng #BomSurabaya #SuroboyoWani #TerorisSurabaya #PilgubJatim #GusIpul #PakdeKarwo #Khofifah #EmilDardak #MinumanOplosan #RoyalWedding #RondoRoyal #Sepanjang #BomSurabaya #Surabaya #KampusRadikal #Teroris #Terorisme # #DNKSinema #Lamongan #Asmara #Assly #Badboy #CowokBadboy #BumiManusia #Pram #Dilan #Minke #Ramadhan #KartuLebaran #PilgubJatim #Jatim #JawaTimur #MbakPuti #JalanSunda #PramoedyaAnantaToer #Annelies #AyatayatCinta #Shin #BarberShop #KembangJepun #HUTSurabaya #Buduran #Kemacetan #Asshly #X60Jaran #MusikSurabaya #PialaDunia #SepakBola #PrediksiPialaDunia #pilkada #Nyangkruk #TandakBedhes #ViaVallen #MarkoSimic #VyanisTy #D #Miras #MinumanKeras #Alkohol #WayangPotehi #Film #JurassicWorld #Asmara #Musik #Dandelion #WidjiThukul #Bacalah #ResensiBuku #BambangNurdiansyah #Pelukis #PialaDunia2018 #Santet #KamisKlenik #Lebaran #IdulFitri2018 #Idulfitri #Gresik #Costwolds #Persebaya #Argentina #AngelVera #satebabi #kuliner #kulinersurabaya #EduardoGaleano #Weton #Zodiak #JudiBola #KulariKePantai #Beskop #MotoGP #JorgeLorenzo #MarcMarquez #Balapan #Liverpool #ValentinoRossi #LionelMessi #KamisSinema #Hereditary #AntMan #TikTok #SitiBadriah #Uruguay #LDR #Relationship #Pino #StreetArt #BidikMisi #Mahasiswa #Rossi #Belgia #Prancis #ngopi #kopi #Papua #Diskusi #PembubaranDiskusi #Arapaima #Brantas #BodyguardUgalugalan #Syahrini #CristianoRonaldo #Klenik #Kesurupan #Inggris #DaniPedrosa #BunuhDiri #Twitter #Pelet #Dukun #MovieMarathon #ArioBayu #22Menit #BuffaloBoys #LaluZohri #musikindie #Perempuan #Pilpres #Jokowi #Prabowo #Parkir #TukangParkir #Jambret #HananAttaki #Ustadz #PakWi #Perpustakaan #Buku #MedokanAyu #Hantu #Ampel #IslamNusantara #Politik #GusDUr #SamierInferno #Inferno178 #MissionImpossible #Pacaran #Novel #ManchesterUnited #PaulPogba #Artis #Pileg #RXKing #ArekMotor #Motor #Karma #RoyKiyoshi #ArthurIrawan #HantuSurabaya #TrioHantu #Medaeng #Rutan #SiDoel #FolkMusicFestival #EKTP #ReviewGadget #Xiaomi #FolkMusicFestival #FMF #Ganja #Receh #Gigolo #MarufAmin #Pilpres2019 #JenderalKardus #TimnasU16 #SebelumIblisMenjemput #LunaMaya #CutTari #JalanPatua #MahfudMD #JokiUnas #SBMPTN #SNMPTN #Pendidikan #LigaInggris #MoSalah #PialaAFF #Ubaya #Kampus #Dosen #Liberalisme #NU #Nahdliyin #BintangKejora #TheDarkestMinds #InstalasiBambu #AniesBaswedan #Cadar #Radikalisme #Probolinggo #CB #HondaCB #MirasOplosan #Unesa #Ketintang #Toa #Meiliana #PelecehanSeksual #UUITE #Woodplane #BuRisma #PilwaliSurabaya #Ponsel #Gadget #Narkoba #Mile22 #IkoUwais #MarkWahlberg #SmasaSurabaya #2019GantiPresiden #JoseMourinho #Soundrenaline #AsianGames #KorupsiMalang #KPop #Dytanuruliza #Dollar #Rupiah #Ekonomi #Islam #SmadaSurabaya #Indonesiaraya #merahputih #tionghoa #budaya #tionghoasurabaya #GedungSetan #GedungSetanSurabaya #SejarahSurabaya #PorosCiganjur #Ciganjur #Hecht #DekMus #Trenggalek #bonek #PSTira #Ahok #JombloNusantara #Jomblo #AhokNikah #ligaindonesia #SmalaSurabaya #DPRDMalang #Korupsi #KPK #Madura #Suramadu #DragRace #DragRaceSurabaya #THR #Pariwisata #Walikotarisma #PemkotSby #Djanur #balbalan #BrainDamage #SandiagaUno #Bussuroboyo #Jomblocarijodoh #CrazyRichAsian #CrazyRichSurabayan #Wine #Oplosan #Anindya #Aktivisperempuan #LBH #demonstran #Polri #IramaBudaya #Ludruk #pijatplus #Pitradbumamik #Prostitusiterselubung #ndramus #Korea #Makeup #Tilang #Delivery #Bebascalo #Pengadilan #Polisilalulintas #Dangdut #Pantura #Emo #Buruh #Kapital #Kapitalisme #AADC #DIANSASTRO #NICOSAPUTRA #ARUNADANLIDAHNYA #Metal #Brotherground #Persija #Persib #Haringga #PKI #1965 #SRukiah #Sastra #G30S #Lekra #kantoran #bosnyebelin #Apaurusananda #kerja #Suporter #Hooligan #LigaPrimer #WestHam #Bonekmania #AremaFC #Aremania #Jamaahmaiyah #CakNun #Silampukau #Chelsea #SodiqMonata #MonataMania #Dangdutkoplo #BintangPantura #OMSera #AnakKos #PrayforPalu #GempadanTsunami #Basarnas #WargaSurabaya #OrangHilang #Palu #Donggala #GempaBumi #GempaPalu #Bukanazab #TuhanMahaPengasih #AzabNgawur #SutradaraNgalay #Sinetronreceh #Mbujukan #Azabkubur #Tobat #SutradaraAlay #BeritaHoax #RatnaSarumpaet #OperasiPlastik #PenganiayaanPalsu #CintaKampus #DuniaMahasiswa #Jombloakut #CariGebetan #Hoax #BigBadWolf #KaconkMania #LAMania #KampusSurabaya #OrkesMelayu #BiduanCantik #SheilaOn7 #Literasi #Bobotoh #PSSI #PTLIB #HoaxGempa #EmakEmakRempong #GossipLambeTurah #BroadcastMedsos #MMA #KhabibNurmagomedov #IslamNotTerorris #MuhammadAli #JualBeliBayi #HoaxInfoGempa #InstagramMedsos #PolrestabesSurabaya #BukuSurabaya #SavePedestria #BalihoCaleg #MilihSiapa #Pileg2019 #PocophoneF1 #RhomaIrama #SynchronizeFest #Swinger #RengMedureh #PoldaJatim #GakMashokPakEko #BiduanImut #SNC #JyloManise #Dirareru #Mural #MuralSurabaya #PersebayaDay #BorneoFC #Liga1 #FirstMan #BBM #KenaikanBBM #Arema #NasidaRia #SupermanIsDad #SupermanIsDead #KitaPersebaya #BajulIjo #GreenForce #BTS #KhoirulHuda #Obituari #Persela #EkonomiIslam #Sosialisme #DjadjangNurdjaman #LaguAnak #DatoSriTahir #GedungDPR #Penembakan #TOEFL #TabloidBola #Risma #TriRismaharini #DavidDaSilva #cerita dewasa #bokep #RobertinoPugliara #Tapol #PulauBuru #sundaymarket #fashion #ChristabelAnnora #barasuara #penunggang badai #taifun #hari santri #kyai NU #taaruf #taaruf online #islam #Halal #Haram #HariSantri #Santri #MaduraUnited #ahmad dhani #pilpres 2019 #dewa 19 #gp anshor #hti #nu #jombang #BakarBendera #HTI #Banser #GPAnsor #iPhone #Handphone #iPhoneBekas #cpns 2018 #pns #seks #cak nun #maiyah #padhangmbulan #bangbangwetan #OsvaldoHaay #NellaKharisma #Banaspati #DNKHalloween #CeritaHantu #YennyWahid #banser #lion air #netizen #jt610 #Persipura #indigo #halloween #PDKT #SPBU #museum santet #horror #Pocong #Misteri #MahasiswaSurabaya #slank #magnumotion #slankers #bimbim #onani #kiai kanjeng #Minimarket #Indomaret #Alfamart #BhomeianRhapsody #Queen #PialaAFF2018 #BimaSakti #Timnas #UmarHaen #hujan #bmkg #indomie #mantan #musik #buku #rokok #kretek #televisi #sinetron #Dangdu #BohemanRhapsody #HabibRizieqShihab #FrontPembelaIslam #FPI #BenderaTauhid #hohohihe #Cuaca #CuacaSurabaya #hari pahlawan #CerbungLastri #surabaya membara #insiden viaduk jl. pahlawan #HariPahlawan #SurabayaMembara #Cebong #Kampret #HanumDanRangga #ayah #hari ayah #fathers day #JRX #Jerinx #taufik monyong #StanLee #Marvel #punk #phone sex #chat sex #Gosip #Ngerumpi #wali #religi #MbakLastri #MisteriMbakLastri #KisahMisteri #pasar gembong #supreme #dickies #efek rumah kaca #desember #hujan jangan marah #PHP #banjir #tri rismaharini #dosen cabul #Agama #212 #vicky prasetyo #angel lelga #trending #expo #esek esek #MallSurabaya #mbah bungkul #walisongo #LaskarJokoTingkir #sampah #lingkungan #Pisuhan #EdyRahmayadi #seringai #seperti api #Muhammadiyah #AmienRais #PAN #ride #diiv #shoegaze #bali #BhayangkaraFC #spongebob squarepants #stephen hillenburg #nickelodeon #remotivi #tirto.id #mawa kresna #SpongeBob #Polisi #fraud #hijrah #museum #wr supratman #pohon tabebuya #jepang #hiv #homoseksual #aids #KartuNikah #Pesawat #Traveling #legen #tuak #difabel #forrest gump #cukrik #arak #Smartwatch #captain marvel #brie larson #fangirl #oppa #pasar senter #pasar maling #TitaOnTheRoad #DriverCewek #NH Dini #natal #ralph breaks the internet #disney #masjid rahmat #sunan ampel #militer #orde baru #sawunggaling #camer #hari anti korupsi #amp #separatisme #munir #di udara #bin #muchdi pr #LBH Surabaya #HAM #LGBT #Waduk Sepat #dwpx #dwp #ismaya #playboy #blackpink #shopee #Reuni212 #BlackPink #violence dance #hardcore #moshpit #toleransi
Komik Liputan Video

Lima Kasta Fangirl K-Pop Dilihat dari Koleksi Merchandise Punya Oppa

Bagikan

Dedikasi K-Poppers nggak perlu diragukan lagi. Mulai dari hafal lirik-lirik lagu berbahasa Korea, begadang nunggu klip video klip rilis tengah malem, sampai maraton drama yang pemerannya oppa udah jadi kegiatan sehari-hari.

Daripada nonton perdebatan Cebong vs Kampret yang makin hari makin nggak banget, kami para K-Poppers memilih bayangin ketemu oppa, hidup bersama sampai bahagia. Happily ever after. Uluu.

Tapi, itu nggak menjamin bahwa hidup kami akan damai-damai aja. War onlen keroyokan membela idol-nya kalau ada yang berani menghina juga jadi militansi sehari-hari kami. Gereget, nggak?

Selain itu, geregetnya fangirl ada di modal cinta dan biayanya. K-Poppers rela beli barang-barang yang berhubungan dengan boyband/girlband idola.

Seperti kegalauan para Army yang katanya misqueen gara-gara Reebok Instapump x BT21 yang baru rilis kemarin.

Untuk lebih jelasnya, saya bakal menggolongkan geregetnya K-Poppers dari merchandise yang dia punya. Ssst, yang nomor 4 bisa kamu jadiin modal nikah lho!

1. K-Poppers Kasta Sudra

K-Poppers kasta sudra ini biasanya fangirl anyaran. Atau fangirl garis keras yang cinta mati, tapi terbentur biaya. Biasanya cuma bisa menyaksikan oppa lewat layar, ngikutin update mereka di sosmed, lalu komen:

“Saranghaeyo Oppa!!! Fighting ❤❤❤"

Mentok-mentok ya beli satu album yang harganya Rp 300 ribuan, poster gratisan dari album, post-card Rp 150 ribuan, dan photocard Rp 250 ribuan— asli ini termasuk mahal. Itu pun belinya dari hasil nabung berbulan-bulan.

Ya lumayan lah, buat jadi fangirl kasta sudra aja butuh modal Rp 700 ribu. Ditambah biaya kuota internet yang berpotensi mengurangi jatah njajan.

2. K-Poppers Kasta Waisya

Level K-Poppers kasta waisya ini sedikit lebih naik dari kasta sebelumnya. Biasanya mereka bisa beli lebih dari satu album.

Ditambah beli lightstick Rp 600 ribuan dan photobook Rp 250 ribuan. Fangirl kasta waisya ini bisa menghabiskan Rp 1,5 juta sampai Rp 2 jutaan, tergantung berapa banyak barang yang bisa mereka beli.

Selain itu, mereka tetap butuh kuota internet untuk mantau idolanya yang bisa sampai bergiga-giga.

3. K-Poppers Kasta Ksatria

Untuk K-Poppers kasta ksatria, levelnya sudah sedikit gila. Selain merchandise layaknya kasta waisya yang udah ngabisin duit lumayan, fangirl kasta ksatria masih suka beli printilan nggak penting.

Beli keychain/keyring dengan nama boyband Rp 150-200 ribuan, kipas Rp 150 ribuan, sandal Rp 400 ribu, boneka kecil Rp 350-360 ribuan, dan tak lupa produk skinker yang ambasadornya oppa seharga Rp 200-800 ribuan.

Donasi atas nama oppa Rp 300-500 ribu per bulan! Gendeng!

Ngeluarin duit Rp 4-5 juta biar apa? Demi lebih dekat dengan oppa? Demi bisa pamer dengan ucapan: "Cuma aku yang paling dekat karena koleksiku paling banyak.”

Terkadang seserem itu memang. 

4. K-Poppers Kasta Brahmana

Kasta brahmana ini udah pasti nggak perlu diragukan lagi. Fangirl kasta ini sudah melampaui kasta ksatria yang ngerasa paling deket sama oppa gara-gara printilan nggak pentingnya.

Biasanya, koleksi mereka gak nanggung-nanggung. Mulai jaket official yang harganya Rp 1,7 juta, sepatu-sepatu merek terkenal yang collab sama oppa seharga Rp 2 juta-Rp 4,5 juta, koper Rp 3,5 juta-Rp 4 juta, sampai smartphone terbaru edisi spesial yang harganya lebih dari Rp 19 juta.

Anjay gila.

Selain itu, mereka nggak nanggung buat 'ngintilin' oppa. Mereka bakal melintasi negara untuk nonton konser, acara fansign, dan tak lupa kado mahalnya.

Kalo ditotal dengan perkiraan biaya nonton konser di negara tetangga, bisa habis Rp 4,5 juta. Tambah lagi kado buat oppa seharga Rp 1 juta tiga kali setahun.

Kasta brahmana ini bisa ngabisin biaya Rp 50,7 juta.

50,7 JUTA gaes!

Lagi-lagi ini belum termasuk biaya kuota internet buat stalking. Sepuluh tahun jadi fangirl bisa buat nabung nikah Maz, Mbak.

Sedih akutu..

5. K-Poppers Kasta Rahmatan Lil ‘Alamin

Saya berada di garda depan golongan ini dan saya mengakuinya dengan buangga. Nggak taek-taekan. K-Poppers model ini nggak perlu biaya banyak. Nonton konser via online —dengan alasan ”nggak baik anak cewe pergi jauh sendirian."

Skinker-nya juga polesan air wudu. Usaha untuk menikung oppa dilakukan di sepertiga malam. Walaupun agak mustahil juga. 

KASTA SUDRA, WAISYA, KSATRIA, BRAHMANA SEBAIKNYA MINGGIIIR!