Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dengan penutur hampir separuh lingkar bumi. Universitas kelas dunia dan perusahaan global menggunakan bahasa ini. Walhasil, kemampuan bahasa Inggris mutlaq diperlukan demi masa depan yang cerah dan terang benderang.

So, pentingnya bahasa Inggris plus kelahiran generasi kids zaman now menarik untuk dicermati. Saya sajikan di tulisan ini resep menjadi keminggris secara perfect, Anda harus membaca anjuran dan larangan ini sampai the end.

TO DO LIST:

Speak Dengan Pede

Pertama-tama dan anjuran yang paling utama adalah rasa percaya diri tingkat dewa. Anda harus berani untuk  bicara berbahasa Inggris. Logat daerah yang kental dan masih bercampur dengan bahasa Indonesia dan daerah tidak menjadi masalah. Ingat! Anda harus menguasai bahasa Inggris dengan sedikit kemenyek dan mulut menye-menye.

Anda harus bisa menyelipkan singkatan-singkatan gaul ke dalam perkataan Anda walau tidak tahu kepanjangannya.

Seperti fyi (for your information—asal kamu tahu), btw (by the way—omong-omong), gws (get well soon—semoga lekas sembuh), otw (on the way—lagi di jalan). Cukup mengeja tiga huruf, Anda sudah bisa berlagak keminggris dengan cita rasa global.

Nah, keberanian itu juga harus didukung dengan rasa kebanggaan yang haqiqi akan bahasa Inggris. Jika Anda berbicara bahasa Inggris dan merasa cakep, keren, dan cool (bukan cold ya…), Anda berada di jalur yang tepat.

Jika kebanggaan itu sudah tertanam di dalam lubuk hati terdalam, maka dengan kepedean paripurna, Anda akan cas-cis-cus speak-speak bahasa Inggris.

Nih saya kasih contoh yang bagus untuk ditiru. “This morning, saya kena traffic. That’s why, saya tidak bisa datang on time saat meeting. So, kadang-kadang saya prefer naik motor daripada car.”

Wefie Bareng Bule

Kedua, Anda harus pernah berfoto dengan bule-bule berkulit putih, berambut blonde (alias pirang), dan memakai baju yang kurang kain. Tak masalah kalau Si Bule tidak dari negara berbahasa Inggris.

Walau dia hanya dari Zimbabwe, Srilanka, atau Kutub Utara, asal dia bule yang terlihat bisa berbahasa Inggris, itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa Anda terlihat keminggris. Sekali-kali ikutlah trip ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Gunung Bromo atau Pantai Kuta untuk berfoto dengan bule-bule.

Remember! Foto ini penting demi menunjang keberhasilan Anda menjadi keminggris.

Makan Meatballs

Yang ketiga, Anda harus nongki-nongki ketje di warung, eh restaurant, yang menyajikan menu internesyenel. Makanan lokal dengan judul umum bukan kelas anda, jadi cobalah menu-menu berikut demi harga diri bertaraf global dalam bahasa Inggris.

Rice Well Cooked with Coconut Milk” untuk menggantikan nasi uduk,

Green Balls and Grated Coconut with Liquid Brown Sugar” untuk klepon,

Chili Grilled with Shrimp Paste” untuk sambel terasi,

Beef Stew with Keluak” untuk rawon,

Sunny Side Up Egg” untuk ndog ceplok,

Crispy Pancake Omelette with Minced Beef and Scallion” untuk martabak telor.

Cukup, menu andalan rumah makan favorit sudah saya sebutkan semuanya. Jika berminat, silakan datang ke restoran saya yang bernama “Perfect English Restaurant” di Street Pinggir Kali Number 15 Malang City.  

Tinggal di Elite House

Keempat, keinggrisan Anda serasa kurang jika tidak tinggal perumahan elit nan berkelas. Untuk menyebut beberapa, saya hanya mengambil beberapa perumahan di Malang. Contohnya adalah Tirtasani Royal Resort, Ijen Nirwana Residence, Citra Nirwana Residence, Tasikmadu Regency, dan masih banyak lagi.

Anda bisa bayangkan, jika tinggal di perumahan tersebut, Anda akan bertemu dengan orang-orang hebat yang jago keminggris.

Ubah Lifestyle

Gaya hidup dan lifestyle (dua kata ini berbeda makna) harus diselimuti dengan hal-hal berbau Inggris. Saat weekend, jalan-jalan ke Car Free Day. Sesekali ikut perlombaan apapun yang berbahasa Inggris seperti lomba nyanyi Indonesian Idol, lomba balap sepeda Tour de Java, atau lomba lari dalam Kelud Volcano Marathon.

Jangan lupa berwisata ke Batu Night Spectacular, Jawa Timur Park, Predator Fun Park, Hawai Water Park, Brawijaya Edu Park, Eco Green Park. Udah namanya aja pake bahasa Inggris, di sana juga pasti banyak bule jadi poin kedua di atas tadi bisa sekalian terlaksana.

Misuh In English

Yang terakhir dan yang paling utama adalah, seperti kata Pramoedya bahwa adil harus sejak dalam pikiran, Anda juga harus keminggris sejak dalam pikiran. Mimpi, igauan, hingga umpatan harus dalam bahasa Inggris.

Jika Anda merasa bahwa umpatan “Jangkrik”, “Dancuk” atau “Asu” sudah tidak keren lagi, dan lebih memilih “fuck” dan “shit”, berarti Anda sudah keminggris sejak dalam pikiran. Apalagi jika Anda bercinta dengan pasangan dan lebih memilih kata-kata macam “Yes-No”, “again-again”, “lay-up” atau “lay-down”, maka paripurna sudah keminggrisan anda.  

Selain hal-hal penunjang di atas, tentu ada juga yang harus dihindari. Berikut saya cantumkan hal-hal yang haram Anda lakukan.

DON’T

Jangan Ikut Tes TOEFL

Tidak perlulah mengambil ujian-ujian kemampuan bahasa Inggris semacam ini. Prosedur tes begini terlihat seakan dapat mengukur kemampuan Anda. Padahal, Anda toh sudah belajar bahasa Inggris sejak Taman Kanak-Kanak hingga SMA. Itu sudah 12 tahun lebih.

Kurikulum kita juga terus berganti setiap era pemerintahan, ini menunjukkan bahwa pendidikan kita merespon zaman dan bergerak maju. Maka, kurikulum bahasa Inggris yang diajarkan oleh pendidik Indonesia lebih dari cukup untuk Anda dapat menguasai bahasa Inggris.

Hindari Bacaan Berbahasa Inggris

Dua, jangan membaca karya sastra dan novel berbahasa inggris. Saya tahu, di atas tadi saya justru menyarankan agar Anda dekat-dekat dengan semua yang serba Inggris, tapi untuk dunia literatur, ini justru hal paling tabu.

Jika Anda mengenal William Shakespeare, Charles Dickens, Maya Angelou, apalagi George Orwell, kesempurnaan bahasa Inggris Anda akan ternodai. Membaca “Bleak House”, “Animal Farm”, “1984” atau “Uncle’s Tom Cabin” dalam versi aslinya hanya akan membuang-buang waktu Anda.

Jauhi Topik Post-Kolonialisme

Ketiga, ini larangan yang sangat keras, jangan pernah tahu tentang post-kolonialisme. Jangan sampai Anda mengetahui isu toghut ini. Kalau tidak, Anda akan terpapar informasi tentang bentuk penjajahan model baru di zaman sekarang.

Dengan mempelajari aliran ini, Anda tidak akan lagi beranggapan bahwa apapun yang serba barat itu lebih baik dan lebih keren. Anda akan menolak asumsi bahwa bule kulit putih berderajat lebih tinggi daripada orang kulit sawo busuk.

Anda juga dapat menentang bahwa bahasa Inggris lebih keren daripada bahasa Jawa atau bahasa Indonesia. Ini penyakit bagi kesempurnaan Inggris Anda.

Yang paling menakutkan adalah Anda akan mengabaikan bakat keminggris Anda. Sekali lagi, jangan pernah tahu, mencari tahu, atau tidak sengaja tahu tentang post-kolonialisme.

Don’t forget ya, Gaes! Amalkan tips dari saya dan keminggrislah dengan bangga!