Salah satu teman misuh-misuh gak karuan kepada saya. Bukan, bukan karena saya nggatheli. Kali itu mood iseng dan jahil saya sedang dijinakkan oleh makanan enak yang sedang saya santap.

Ceritanya, beberapa hari yang lalu dia menyampaikan niatnya untuk menuju ke jenjang yang lebih serius ke orang tua kekasihnya. Belum dalam taraf yang unjung-unjung bawa sekeluarga besar sih. Masih ukuran obrolan santai ketika ngapel ke rumah pacarmu.

Tanggapan orang tuanya pun manis-manis aja. Malah nanya macem-macem, termasuk tanggal lahir. Alasannya, buat bantu ngitungin tanggal baik untuk kebutuhan lebih lanjut.

Ya siapa sih yang gak seneng dapet tanggepan gitu?

Weton bahkan bisa memperingatkanmu ampe ke titik apakah kehidupan kalian kalo bersama akan menjadi berkah atau berkabung.

 

Ndilalah, siang ini pacarnya itu nelfon sambil mewek-mewek, cerita kalo orang tuanya nyuruh mereka putus. Alasannya cemen pula menurut mereka: GARA-GARA BERDASAR ITUNGAN WETON JELEK!

Gimana lagi, orang tua pacarnya termasuk orang jawa nyel yang masih menganut paham weton untuk berbagai keperluan, sebagai salah satu tools untuk menuju kehidupan yang lebih selaras.

Gak masuk akal sih emang untuk orang-orang dengan pola pikir modern. Buat orang kekinian masih jauh lebih masuk akal paham kebarat-baratan seperti zodiak, tarot, atau myerr briggs psychobable theory daripada ilmu tua turun menurun di tanah jawa sekelas weton.

Padahal, weton itu jauh lebih keren. Zodiak dan semua teori kebarat-baratan itu palingan cuma bisa menjelaskan karaktermu dan kecenderungan kecocokanmu sama pasanganmu kan? Weton bisa jhuaaaaaawuwuwuwuwuwuuuuh lebih dari itu.

Perhitungan weton juga bisa digunakan untuk menentukan hari baik. Manfaatnya apa? Waaah.. jangan salah. Yha banyak.

Weton bahkan bisa memperingatkanmu ampe ke titik apakah kehidupan kalian kalo bersama akan menjadi berkah atau berkabung. Apa kalian akan jadi banyak rejeki soko mbah sangkil atau kere ajur-ajuran sampe perlu gadai klambi dan turu pasar bantalan gobes, selimutan seng.

Itu baru dari sekedar segi kecocokan berdasar itungan weton kalian aja ya. Perhitungan weton juga bisa digunakan untuk menentukan hari baik. Manfaatnya apa? Waaah.. jangan salah. Yha banyak, mulai dari sekedar agar supaya diberi keberkahan yang melimpah sampe ke tolak bala segala.

Jadi kalo misalnya itungan wetonmu dan yhangmu itu semburat, masih bisa diakali dengan beberapa ritual dan pelaksaan rabimu di hari dan waktu yang sudah ditentukan.

Memang tidak akan sepenuhnya menangkal apa yang digariskan berdasarkan perhitungan weton kalian berdua. Tapi setidaknya, kalo hasil perhitungan weton kalian berdua itu mengharuskan kalian menghadapi hidup dengan kunjungan debt collector setiap harinya, setidaknya ritual tadi akan membantu dengan memberikan stok ketabahan yang luar biasa untuk menghadapinya di kemudian hari.

Jadi gimana? Masih mau lebih percaya teori barat daripada ilmu weton yang sudah diwariskan turun temurun di tanah jawa ini?

Kalo emang kalian mau nyoba percaya ama weton, minggu depan tak ajari caranya ngitung wetonmu sama yhangmu! Wes kurang opo coba.

Tapi ya emang sih, meskipun gak terlalu guna, yang import gitu tampak lebih kinyis-kinyis dan mbois daripada produk lokal yang ndeso.

Makanya Zayn Malik dan Harry Styles lebih payu dan diminati sama dedek-dedek gemez. Coba produk lokal seperti Aga, pimred DNK yang umur jomblonya selawas ilmu weton ini. Meski dikasi gratis lho yha siapa yang mau.