Baru-baru ini, publik digegerkan oleh cuitan yang ada di salah satu akun media sosial Twitter. Salah satu kanal Youtube asli Indonesia—Calon Sarjana—menduduki urutan pertama dalam hal yang paling diperbincangkan warganet di dunia maya. Bukan, bukan karena kontennya yang kreatif. Justru, karena kontennya yang seratus persen menjiplak kanal Youtube lain.

Permasalahan ini, bermula dari cuitan JT. Dengan menggunakan akun ber-username @JTonYouTube, dia menuliskan keluh kesahnya. JT curhat, bahwa ada yang mencuri kontennya di Youtube. Sebagai seorang Youtuber, dia merasa dirugikan karena kasus ini. Bagaimana tidak, kanal yang melakukan postingan ulang atas kontennya tidak memberikan kredit kepadanya. Mereka mengaku,  bahwa video yang mereka unggah hasil dari jerih payah mereka.

Ya, akun media sosial itu kemudian diketahui bernama Calon Sarjana. Kanal Youtube tersebut, memiliki 12 juta subscriber. Padahal, video yang mereka unggah sebenarnya hasil repost dari video JT.

Plagiarisme yang dilakukan bukan main. Calon Sarjana tidak hanya mengunggah konten yang sama seperti yang diunggah oleh JT. Mereka juga meletakkan thumbnail dan judul yang sama seperti yang diunggah JT. Tentunya setelah diubah ke bahasa Indonesia dan diberi sedikit bumbu emoticon. Pokoke podo plek.

JT yang hanya memiliki 459 ribu subscriber itu pun merasa geram. Dia merasa tidak diuntungkan atas kegiatan plagiarisme yang dilakukan oleh Calon Sarjana. Karena itulah, dia mulai angkat bicara. Baru-baru ini, JT bahkan kepikiran untuk menggugat apa yang dilakukan Calon Sarjana ini ke meja hijau.

Seperti yang dia sampaikan di cuitannya pada Kamis (7/11) waktu setempat, ”Kalau mereka mau mengambil jalur hukum terkait permasalahan ini, ya udah saya terima-terima saja. Mereka tidak berhutang apapun ke saya. Kemenangan yang sangat mudah,” cuitnya saat itu. Wes talah, kapok mu kapan lek wes ngene iki.

Siapa sih Calon Sarjana itu?

Setelah viral, banyak netizen yang mencoba menjadi detektif. Mereka menelusuri, siapa sih dalang di balik plagiarisme yang dilakukan oleh Calon Sarjana. Awalnya, tidak ada yang tahu siapa pengendali kanal Youtube tersebut. Mereka selalu bergerak secara anonim. Tidak ada satupun postingan yang merujuk kepada pemilik, pengunggah, atau siapa pun yang terkait dengan kanal Youtube ini.

Namun, bukan netizen namanya, jika tidak bisa lebih canggih dari detektif ternama. Mereka berhasil menemukan siapa saja dalang-dalang busuk yang bersembunyi di balik semua plagiarisme yang dilakukan oleh Calon Sarjana. Kanal Youtube ini, merupakan anak usaha dari sebuah media digital besar di Indonesia. INFIA namanya.

Perusahaan ini dimiliki oleh Richo Pramono. Nama INFIA sendiri mungkin sudah santer singgah di kuping kalian. Tapi, pada poin ini, kalian pasti sudah lupa, apa sih INFIA itu.

INFIA merupakan organisasi yang menaungi beberapa akun media sosial yang memiliki konten humor. Hampir persis seperti 9Gag. Infia memiliki beberapa cabang, yang bahkan tidak memperlihatkan bahwa mereka sebenarnya berada di bawah nama tersebut. Sebut saja, Tahilalats, Dagelan, Rahasia Gadis, dan INFIA News di Instagram. Akun-akun ini, merupakan besutan dari INFIA.

Gimana? Sudah dapat gambaran tentang seberaga besar plagiarisme yang mereka lakukan selama ini? Ya, bagi kita, dulu melihat Dagelan di Instagram merupakan sebuah hal yang lucu. Hingga akhirnya, kita menjadi lebih berkembang, dan mengikuti akun-akun lucu lainnya di Instagram.

Ya masiyo salah satu alasannya adalah agar kalian tidak melihat postingan mantan yang sedang bahagia dengan pacarnya yang baru, ya kan? Tapi, menghiasi lini masa dengan postingan lucu, terkadang juga bisa membuat kita lupa dari kepenatan pekerjaan atau pun tugas kuliah.

Lambat laun, kalian akan merasa bahwa beberapa postingan yang dilakukan Dagelan sebenarnya juga di-posting oleh akun lain. Terlepas siapa yang pertama kali membuat konten tersebut, Dagelan tidak pernah mencantumkan satupun sumber di postingannya.

Hal ini juga dirasakan oleh Ernest Prakasa. Dia angkat bicara setelah mengetahui kanal Youtube Calon Sarjana viral dii Twitter. Ernest menuliskan bagaimana dulu Dagelan tidak tahu malu, setelah memposting konten orang lain tanpa mencantumkan sumber.

Sampai saat ini, orang yang memiliki konten sendiri yang memergokinya. ”Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat,” tulisnya di akun Twitter pribadinya.

Budaya Masyarakat Indonesia dan Plagiarisme

Tapi, ngerasa nggak sih kalian, bahwa sebenarnya plagiarisme sudah menjadi budaya di industri kreatif tanah air? Entah karena enggan memeras otak untuk mendapatkan konten menarik, atau mungkin, karena ingin jalan cepat untuk mendapatkan follower dan subscriber jutaan tanpa usaha yang sangat keras.

Sinetron. Ini pasti akan muncul di kepala kalian, jika ada konten plagiarisme yang dibahas dan dipadukan dengan masyarakat Indonesia. Apapun yang sedang trending sudah pasti akan muncul di salah satu sinetron Indonesia. Bahkan meskipun itu tidak ada hubungannya dengan sinetron tersebut.

Film Joker contohnya. Karakter tersebut, memang sudah mulai dikenal sejak dulu. Bahkan sebelum tahun ‘90an. Namun, film yang diperankan oleh Joaquin Phoenix kemarin, cukup menggemparkan dunia. Salah satunya, juga masyarakat Indonesia.

Adapun salah satu sinetron yang menampilkan Verrel Bramasta dan Rezky Aditya, tau-tau dikaitkan. Potongan adegan di sinetron itu sempat viral di Twitter. Salah satunya, diunggah oleh Cenayang Film, salah satu akun yang sering me-review film-film ternama.

Dalam unggahan video berdurasi 27 detik itu, Rezky sedang terlibat pertikaian dengan Verrel. Pertarungan yang mengalahkan pertempuran antara Naruto dan Sasuke itu, dimenangkan oleh Rezky. Verrel mengalami cidera di bagian pundak. Masyio sakjane gak kenopo-kenopo, tapi Verrel kemudian harus mengalami operasi.

Adegan itu ditutup dengan adegan Rezky yang berpura-pura pincang, menaiki anak tangga di rumahnya menuju ke kamar. Setelah melakukan pertarungan dengan Verrel, dia merasa lelah.

Lucunya lagi, Rezky digambarkan mengenakan pakaian serba ungu, seperti yang dikenakan Joaquin ketika menjadi Joker. Tidak kalah heboh, wajahnya pun penuh cemong dengan riasan seperti Joker. Mungkin karena mengingat-ingat apa yang telah dia lakukan kepada Verrel. Rezky pun tersenyum. Seperti karakter Joker yang bahagia melihat korbannya menderita. Wes-wes gak mbois blasss!!