Bukan Bu Susi Pudjiastuti namanya kalo nggak bikin netizen bangga. Kabar paling baru menyebut, Menteri Kelautan dan Perikanan andalan Jokowi ini menantang Bos Facebook, Mark Zuckerberg untuk lomba paddle atau mendayung.

Tantangan ini diungkapkan Susi melalui komentar di postingan Instagram. Dalam postingan akun @zuck tersebut, terlihat Zuckerberg sedang mendayung di atas paddle dengan menuliskan “Tahoe Sunset” di Danau Tahoe—yang merupakan salah satu destinasi wisata di Pegunungan Sierra Nevada.

Nggak tanggung-tanggung, Bu Susi meminta Bos Facebook menghadiahkan sahamnya jika Bu Susi berhasil memenangkan challenge ini.

Bu Susi ini pancen menteri idola saya, dan nggak cuma itu, beliau nampaknya juga salah satu menteri di kabinet kerja yang memiliki fans garis keras terbanyak. Dan sebagian dari fans tersebut, berasal dari usia muda.

Beberapa waktu lalu, Bu Susi juga ditahbiskan sebagai menteri dengan follower Twitter dan Instagram paling banyak dibanding menteri yang lain di kabinet Jokowi.

“I love paddling too. Would love to challange you paddle race and win 10 % of facebook. So i can sell it and use the money to buy few big patrol vessel,” komentar Susi, yang kalau diterjemahkan via Google Translate:

Saya suka mendayung juga. Akan senang untuk menantang Anda balap dayung dan memenangkan 10% saham dari Facebook. Jadi saya bisa menjualnya dan menggunakan uang itu untuk membeli beberapa kapal patroli besar.”

Komentar itu jelas memancing banyak netizen Indonesia yang dikenal suka ikut campur dan julid. Eh maaf, maksud saya, juga ada komen yang mendukung Bu Susi untuk bertanding melawan Bro Zuck dalam pertandingan balap paddle persahabatan—jangan lupa, dengan hadiah 10% saham Facebook.

Jangan salah gaes. 10% itu nampak kecil banget memang. Tapi dalam konteks saham Facebook, 10% sahamnya ini bisa dibuat membeli berton-ton barang yang kamu pengen.

Kenapa Bu Susi nggak minta kapal pesiar yang gede aja—atau minta helikopter. Jangan salah dulu cok, sekali lagi jangan nganggap remeh 10% saham Facebook. Karena, meskipun cuma 10%, saham tersebut bernilai kurang lebih sekitar 6,3 milyar dollar Amerika.

Dilansir dari Bussinessinsider, valuasi Facebook awal 2019 ini sekitar 63,2 milyar dollar Amerika. Jika dirupiahkan, maka 10% saham Facebook kira-kira sekitar 81 trilliun rupiah (dengan nilai 1 dollar Amerika = Rp13.954).

Iki duit lho bro, duit tenanan. Ojok dibayangno, kon nggak bakal nduwe juga, karena kon iku sobat kere. Hehe..

Dengan uang sebanyak itu, jangankan beli kapal patroli, Bu Susi bahkan bisa membeli kapal induk Charles de Gaule buatan Perancis, yang juga merupakan kapal induk yang banyak disegani militer dunia.

Kita sebagai warga Indonesia yang baik dan suka menabung, wajib ikut mendoakan agar Zuck menanggapi tantangan Bu Susi secara positif. Karena tentu saja, ini bisa membentuk kerjasama baik antar dua tokoh tersebut.

Karena selain kapal, uang sak ndayak itu juga bisa beli benda-benda dan badogan-badogan berikut ini.

Puluhan Ribu Taman di Surabaya

Salah satu ikon baru Kota Surabaya adalah Patung Suro Boyo di deket Pantai Kenjeran setinggi 25 meter. Pembangunan Patung Suroboyo terbesar beserta tamannya ini kurang lebih menelan biaya sebesar 1 milyar rupiah.

Dengan uang hasil penjualan 10% saham Facebook, Bu Risma dan Pemkot bisalah membangun total 88 ribu taman di Surabaya. Swangar njeng!

Jutaan Ikan Cupang Diwan

Ikan cupang mulai tenar ketika Diwan, YouTuber yang suka bikin video sambil ngising, mengupload dirinya sambil beli ikan cupang. Meskipun sebelum ditenarkan Diwan, cupang memang sudah punya fans tersendiri.

Ikan cupang termahal saat ini ada diharga 20 jutaan yang berasal dari Thailand. Dengan uang 81 trilyun rupiah, kamu bisa dapet 4,4 juta ikan cupang faaaak! Diwan mah cemen!

Krupuk Upil Sampek Kamu Tenggelam

Di pasaran saat ini, seplastik krupuk upil dihargai 10 ribu rupiah. Dengan uang 81 trilliun rupiah, kalian bisa membeli krupuk upil sampai 8,8 milyar plastik!

Bayangkan, kon kabeh bisa menenggelamkan Suroboyo dengan krupuk upil! Membuat warga surabaya tak lagi kelaparan. Sudah puas ngemil keropok!

Penyetan Mak Yeye Sak Mbledosmu

Dengan membawa uang 81 trilyun rupiah, kalian bisa membeli kira-kira 4,4 milyar piring porsi di Warung Penyetan Mak Yeye. Satu porsi nasi Mak Yeye dengan lauk endok dadar dan iwak pe cuman seharaga 20 ribu rupiah. 10% saham Facebook kira-kira bisa mentraktir orang-orang sekitaran Gerbang Kertosusilo sak warege!

Ngamar Sak Ledehmu

Untuk kalian yang suka jalan-jalan di Dolly—atau ya you know what I mean—dan ingin kembali nostalgia untuk ngamar lagi, jangan sedih. Di beberapa lokasi yang saya rahasiakan, masih ada beberapa penginepan dengan harga murah, sekitar 100 ribu rupiah. Ini nginep aja lho ya, nggak termasuk yang lain-lain.

Dengan membawa uang 81 trilyun, kamu bisa menginap selama 800 juta hari. Nginepe sampek kamarane bubar dan digerebek! What the…