DNK Editor’s Pick Artikel
#Surabaya #pengamen #Bungurasih #belanja #noshoppingchallenge #sale #Yowes Ben #Bayu Skak #Dolly #Gang Dolly Surabaya #Sidoarjo #Shopping #onlineshop #ekonomidigital #BayuSkak #YowisBen #FilmYowisBen #Malang #Film #Avengers #WiroSableng #BomSurabaya #SuroboyoWani #TerorisSurabaya #PilgubJatim #GusIpul #PakdeKarwo #Khofifah #EmilDardak #MinumanOplosan #RoyalWedding #RondoRoyal #Sepanjang #BomSurabaya #Surabaya #KampusRadikal #Teroris #Terorisme # #DNKSinema #Lamongan #Asmara #Assly #Badboy #CowokBadboy #BumiManusia #Pram #Dilan #Minke #Ramadhan #KartuLebaran #PilgubJatim #Jatim #JawaTimur #MbakPuti #JalanSunda #PramoedyaAnantaToer #Annelies #AyatayatCinta #Shin #BarberShop #KembangJepun #HUTSurabaya #Buduran #Kemacetan #Asshly #X60Jaran #MusikSurabaya #PialaDunia #SepakBola #PrediksiPialaDunia #pilkada #Nyangkruk #TandakBedhes #ViaVallen #MarkoSimic #VyanisTy #D #Miras #MinumanKeras #Alkohol #WayangPotehi #Film #JurassicWorld #Asmara #Musik #Dandelion #WidjiThukul #Bacalah #ResensiBuku #BambangNurdiansyah #Pelukis #PialaDunia2018 #Santet #KamisKlenik #Lebaran #IdulFitri2018 #Idulfitri #Gresik #Costwolds #Persebaya #Argentina #AngelVera #satebabi #kuliner #kulinersurabaya #EduardoGaleano #Weton #Zodiak #JudiBola #KulariKePantai #Beskop #MotoGP #JorgeLorenzo #MarcMarquez #Balapan #Liverpool #ValentinoRossi #LionelMessi #KamisSinema #Hereditary #AntMan #TikTok #SitiBadriah #Uruguay #LDR #Relationship #Pino #StreetArt #BidikMisi #Mahasiswa #Rossi #Belgia #Prancis #ngopi #kopi #Papua #Diskusi #PembubaranDiskusi #Arapaima #Brantas #BodyguardUgalugalan #Syahrini #CristianoRonaldo #Klenik #Kesurupan #Inggris #DaniPedrosa #BunuhDiri #Twitter #Pelet #Dukun #MovieMarathon #ArioBayu #22Menit #BuffaloBoys #LaluZohri #musikindie #Perempuan #Pilpres #Jokowi #Prabowo #Parkir #TukangParkir #Jambret #HananAttaki #Ustadz #PakWi #Perpustakaan #Buku #MedokanAyu #Hantu #Ampel #IslamNusantara #Politik #GusDUr #SamierInferno #Inferno178 #MissionImpossible #Pacaran #Novel #ManchesterUnited #PaulPogba #Artis #Pileg #RXKing #ArekMotor #Motor #Karma #RoyKiyoshi #ArthurIrawan #HantuSurabaya #TrioHantu #Medaeng #Rutan #SiDoel #FolkMusicFestival #EKTP #ReviewGadget #Xiaomi #FolkMusicFestival #FMF #Ganja #Receh #Gigolo #MarufAmin #Pilpres2019 #JenderalKardus #TimnasU16 #SebelumIblisMenjemput #LunaMaya #CutTari #JalanPatua #MahfudMD #JokiUnas #SBMPTN #SNMPTN #Pendidikan #LigaInggris #MoSalah #PialaAFF #Ubaya #Kampus #Dosen #Liberalisme #NU #Nahdliyin #BintangKejora #TheDarkestMinds #InstalasiBambu #AniesBaswedan #Cadar #Radikalisme #Probolinggo #CB #HondaCB #MirasOplosan #Unesa #Ketintang #Toa #Meiliana #PelecehanSeksual #UUITE #Woodplane #BuRisma #PilwaliSurabaya #Ponsel #Gadget #Narkoba #Mile22 #IkoUwais #MarkWahlberg #SmasaSurabaya #2019GantiPresiden #JoseMourinho #Soundrenaline #AsianGames #KorupsiMalang #KPop #Dytanuruliza #Dollar #Rupiah #Ekonomi #Islam #SmadaSurabaya #Indonesiaraya #merahputih #tionghoa #budaya #tionghoasurabaya #GedungSetan #GedungSetanSurabaya #SejarahSurabaya #PorosCiganjur #Ciganjur #Hecht #DekMus #Trenggalek #bonek #PSTira #Ahok #JombloNusantara #Jomblo #AhokNikah #ligaindonesia #SmalaSurabaya #DPRDMalang #Korupsi #KPK #Madura #Suramadu #DragRace #DragRaceSurabaya #THR #Pariwisata #Walikotarisma #PemkotSby #Djanur #balbalan #BrainDamage #SandiagaUno #Bussuroboyo #Jomblocarijodoh #CrazyRichAsian #CrazyRichSurabayan #Wine #Oplosan #Anindya #Aktivisperempuan #LBH #demonstran #Polri #IramaBudaya #Ludruk #pijatplus #Pitradbumamik #Prostitusiterselubung #ndramus #Korea #Makeup #Tilang #Delivery #Bebascalo #Pengadilan #Polisilalulintas #Dangdut #Pantura #Emo #Buruh #Kapital #Kapitalisme #AADC #DIANSASTRO #NICOSAPUTRA #ARUNADANLIDAHNYA #Metal #Brotherground #Persija #Persib #Haringga #PKI #1965 #SRukiah #Sastra #G30S #Lekra #kantoran #bosnyebelin #Apaurusananda #kerja #Suporter #Hooligan #LigaPrimer #WestHam #Bonekmania #AremaFC #Aremania #Jamaahmaiyah #CakNun #Silampukau #Chelsea #SodiqMonata #MonataMania #Dangdutkoplo #BintangPantura #OMSera #AnakKos #PrayforPalu #GempadanTsunami #Basarnas #WargaSurabaya #OrangHilang #Palu #Donggala #GempaBumi #GempaPalu #Bukanazab #TuhanMahaPengasih #AzabNgawur #SutradaraNgalay #Sinetronreceh #Mbujukan #Azabkubur #Tobat #SutradaraAlay #BeritaHoax #RatnaSarumpaet #OperasiPlastik #PenganiayaanPalsu #CintaKampus #DuniaMahasiswa #Jombloakut #CariGebetan #Hoax #BigBadWolf #KaconkMania #LAMania #KampusSurabaya #OrkesMelayu #BiduanCantik #SheilaOn7 #Literasi #Bobotoh #PSSI #PTLIB #HoaxGempa #EmakEmakRempong #GossipLambeTurah #BroadcastMedsos #MMA #KhabibNurmagomedov #IslamNotTerorris #MuhammadAli #JualBeliBayi #HoaxInfoGempa #InstagramMedsos #PolrestabesSurabaya #BukuSurabaya #SavePedestria #BalihoCaleg #MilihSiapa #Pileg2019 #PocophoneF1 #RhomaIrama #SynchronizeFest #Swinger #RengMedureh #PoldaJatim #GakMashokPakEko #BiduanImut #SNC #JyloManise #Dirareru #Mural #MuralSurabaya #PersebayaDay #BorneoFC #Liga1 #FirstMan #BBM #KenaikanBBM #Arema #NasidaRia #SupermanIsDad #SupermanIsDead #KitaPersebaya #BajulIjo #GreenForce #BTS #KhoirulHuda #Obituari #Persela #EkonomiIslam #Sosialisme #DjadjangNurdjaman #LaguAnak #DatoSriTahir #GedungDPR #Penembakan #TOEFL #TabloidBola #Risma #TriRismaharini #DavidDaSilva #cerita dewasa #bokep #RobertinoPugliara #Tapol #PulauBuru #sundaymarket #fashion #ChristabelAnnora #barasuara #penunggang badai #taifun #hari santri #kyai NU #taaruf #taaruf online #islam #Halal #Haram #HariSantri #Santri #MaduraUnited #ahmad dhani #pilpres 2019 #dewa 19 #gp anshor #hti #nu #jombang #BakarBendera #HTI #Banser #GPAnsor #iPhone #Handphone #iPhoneBekas #cpns 2018 #pns #seks #cak nun #maiyah #padhangmbulan #bangbangwetan #OsvaldoHaay #NellaKharisma #Banaspati #DNKHalloween #CeritaHantu #YennyWahid #banser #lion air #netizen #jt610 #Persipura #indigo #halloween #PDKT #SPBU #museum santet #horror #Pocong #Misteri #MahasiswaSurabaya #slank #magnumotion #slankers #bimbim #onani #kiai kanjeng #Minimarket #Indomaret #Alfamart #BhomeianRhapsody #Queen #PialaAFF2018 #BimaSakti #Timnas #UmarHaen #hujan #bmkg #indomie #mantan #musik #buku #rokok #kretek #televisi #sinetron #Dangdu #BohemanRhapsody #HabibRizieqShihab #FrontPembelaIslam #FPI #BenderaTauhid #hohohihe #Cuaca #CuacaSurabaya #hari pahlawan #CerbungLastri #surabaya membara #insiden viaduk jl. pahlawan #HariPahlawan #SurabayaMembara #Cebong #Kampret #HanumDanRangga #ayah #hari ayah #fathers day #JRX #Jerinx #taufik monyong #StanLee #Marvel #punk #phone sex #chat sex #Gosip #Ngerumpi #wali #religi #MbakLastri #MisteriMbakLastri #KisahMisteri #pasar gembong #supreme #dickies #efek rumah kaca #desember #hujan jangan marah #PHP #banjir #tri rismaharini #dosen cabul #Agama #212 #vicky prasetyo #angel lelga #trending #expo #esek esek #MallSurabaya #mbah bungkul #walisongo #LaskarJokoTingkir #sampah #lingkungan #Pisuhan #EdyRahmayadi #seringai #seperti api #Muhammadiyah #AmienRais #PAN #ride #diiv #shoegaze #bali #BhayangkaraFC #spongebob squarepants #stephen hillenburg #nickelodeon #remotivi #tirto.id #mawa kresna #SpongeBob #Polisi #fraud #hijrah #museum #wr supratman #pohon tabebuya #jepang #hiv #homoseksual #aids #KartuNikah #Pesawat #Traveling #legen #tuak #difabel #forrest gump #cukrik #arak #Smartwatch #captain marvel #brie larson #fangirl #oppa #pasar senter #pasar maling #TitaOnTheRoad #DriverCewek #NH Dini #natal #ralph breaks the internet #disney #masjid rahmat #sunan ampel #militer #orde baru #sawunggaling #camer #hari anti korupsi #amp #separatisme #munir #di udara #bin #muchdi pr #LBH Surabaya #HAM #LGBT #Waduk Sepat #dwpx #dwp #ismaya #playboy #blackpink #shopee #Reuni212 #BlackPink #violence dance #hardcore #moshpit #toleransi #bakso
Komik Liputan Video

Dari Buku Nikah Muncul Kartu Nikah, Yang Harus Kamu Hadapi di Era Susah Pasangan

Bagikan

Pak Lukman Hakim Saifudin, yang biasanya cuma sibuk setahun sekali pas musim haji, kini juga harus sibuk mencerahkan khalayak ramai tentang rencana peluncuran kartu nikah.

Menurut blio, kartu itu nantinya tidak menggantikan buku nikah, tetapi memudahkan masyarakat jika suatu saat memerlukan data-data kependudukan dan status perkawinannya.

Latar belakang ide kartu nikah tidak nongol dari hasil tirakat pati geni, melainkan dari keresahan blio terhadap angka kekerasan rumah tangga dan perceraian yang semakin tinggi.

Begitulah yang dituturkan Pak Lukman Sardi, eh Lukman Hakim Saifudin.

Pokoknya wik wik wik ah ahh sekali raison d’etre kartu nikah itu. Ya walopun sebenernya di KTP elektronik udah ada juga data-data kependudukan, lengkap dengan status perkawinan.

Lagi pula, saya juga berpikir keras untuk mengorelasikan tingginya tingkat kekerasan rumah tangga dan tingkat perceraian dengan perlunya kartu nikah.

Coba bayangin deh. Pas kalian lagi berantem sama suami atau istri, masa iya sih bisa langsung batal tengkar setelah nunjukin kartu nikah?

Nunjukin kartu ATM rasa sayang atau kartu kredit yang limitnya ditambah kayaknya lebih manjur dan efeknya langsung instan kayak mi.

Tapi, lain daripada itu, sejenak kita menahan diri dulu dari buaian nafsu nyinyir yang menggelora. Kali ini saya nggak minat babar blas untuk mbahas pro-kontra kartu nikah.

Saya cuma mau mengajak buibu, bapak-bapak, kakak-kakak, dan adek-adek sekalian untuk berandai-andai. Jika nanti ada kartu nikah, potensi perubahan apa saja yang terjadi pada kehidupan sehari-hari kita?

1. Dompet Makin Tebal dan Itu Bukan karena Uang

Dompet itu krusial. Hampir semua hal penting dalam hidup kita simpan di dalam dompet. Mulai KTP, SIM, duit, kartu ATM, kartu BPJS, foto istri atau suami, foto mantan, bon-bon utang yang berharap terlupakan, foto mantan lagi, kartu member Arcade, foto mantan lagi. Semuanya kita sisipkan di dompet.

Gak peduli dompetnya jadi nggedibel njebobok gak jelas karena banyaknya manuskrip peradaban Homo sapiens yang ingin kita jejalkan.

Sekrusial itu peran dompet dalam hidup kita, sampai-sampai kesetiaan seseorang bisa dilihat dari tingkat kedekilan dompetnya.

Jika orang tersebut sering gonta-ganti dompet, disinyalir dia tipe orang yang nggak setia. Sebaliknya, orang yang dompetnya dekil banget diduga kuat sebagai tipe setia.

Yang jelas, apa pun isinya, entah duit apa tempe kartu-kartu ATM, efek nggak bawa dompet itu bisa bikin kita gundah gulana.

Sekarang coba periksa dompet masing-masing, trus ukur ketebalannya. Kalo udah mlethet-mlethet kayak bisul mau pecah, artinya kalian harus menyiapkan anggaran tambahan untuk menyambut calon anggota baru di sela-sela dompet: kartu nikah.

2. Makin Mudah Merundung Jomblo

Belum ada kartu nikah aja barisan jomblo udah di-bully ngalor-ngidul, apalagi nanti kalo kartu nikah launching. Dipastikan gerombolan yang sudah menikah makin gegap gempita nge-bully kalian.

Kebayang kan, kalian lagi nongkrong sambil nyeruput kopi. Trus tiba-tiba seseorang yang kurang peka membawa topik obrolan, “Eh, kartu nikah kalian udah jadi, belum?”

Kalo udah begitu, tidak ada pilihan lain. Kuatkan jiwamu, qonaah-kan hatimu, mblo!

Periode paling ngenes tentu saja menyambut Idul Fitri nanti. Gantung saya di pohon kecambah kalo meme-meme “kapan nikah” dengan semua variannya nggak bertebaran.

Oleh karena itu, sejenak kita lupakan status Cebong-Kampret. Harap jomblo-jomblo se-Nusantara bersatu bikin petisi untuk Pak Lukman agar blio juga menerbitkan kartu jomblo. Siapa tau tiba-tiba diperlukan data-data kependudukan dan status kejombloannya.

3. Jaminan buat Ngebon Warung Bertambah

Buat kaum proletar berpenghasilan sepuluh koma macem kita-kita ini, yang tiap tanggal 10 udah koma, kemampuan ekting cum keahlian negosiasi menjadi krusial.

Soft skill spesifik seperti ekting memelas sekaligus tetap menyiratkan optimisme bahwa bulan depan akan dilunasi itu nggak segampang nyebarin berita hoax.

Butuh status mentalitas yang diakui, tak sekadar disamakan. Kadang-kadang, mau tak mau KTP dan SIM terpaksa jadi collateral.

Di situlah letak opportunity yang bisa dimanfaatkan. Jika amunisi sudah habis, dalam arti KTP dan SIM tidak di tangan karena jadi jaminan utang, kartu nikah bisa memberi hembusan angin segar to..

Demikian yang dapat saya sampaikan. Tak lupa saya mengajak sidang pembaca untuk berdoa: semoga sodara-sodara sebangsa yang masih jomblo segera dipertemukan dengan jodohnya. Sebab, rezeki dan jodoh sudah diatur di Lauhul Mahfudz. Tugas kita hanya menjemputnya. 

Gusti ora sare. Awakmu ae sing keturon!