Halo rek! Selamat Imlekan yhaa buat kalian yang menjalankan. Mumpung masih suasana Imlek kayak gini, enaknya kita ngomongin soal kebudayaan Tionghoa. Biasanya sih, yang banyak muncul ya tentang peruntungan.

Karena kemarin-kemarin kita sudah bahas shio, mari sekarang kita bahas temen seper-untung-annya yaitu feng shui. Tentu saja yang kita bahas tetap dari sisi kengawuran saya.

Jadi buat kalian yang nyantol kesini karena mencari peruntungan serius, mohon ditanggapi dengan ngguya-ngguyu aja, ya. Hehe..

Oke kita mulai!

Dalam bahasa Mandarin, feng memiliki arti angin dan shui adalah air. Bisa dikatakan per-feng shui-an ini erat kaitannya dengan kondisi bangunan.

Tujuannya? Ya supaya membawa kebahagiaan dan kesuksesan buat pemiliknya. Duh aku kok rada mbelibet ya njelasinnya..

Feng shui itu ndak cuma buat mereka yang punya rumah dan punya usaha lho! Buat kalyan-kalyan nak kost yang mencari peruntungan supaya tidak misqueen terus seperi saya, ternyata ilmu per-feng shui-an ini juga bisa kalian terapkan di kamar kost kalian!

Konon katanya, menerapkan feng shui dalam kamar tidur dengan tepat, bisa menyokong kehidupan asmara juga lhoo. Sangat pas buat kalian pasukan jomblo saya supaya bisa menjaga aliran chi—yang menangkal tiap energi negatif yang berusaha masuk ke kamar dan kehidupan.

Sudah jomblo, lalu tidak hoki, ‘kan sedih sekali. Jadi, nih beberapa cara mengatur kamar menurut feng shui versi DNK.id.

1. Hindari Penempatan Cermin Yang Menghadap Ranjang, atau Satu Set Cermin pada Pintu Kloset

Menurut feng shui, kamu harus menghindari cermin dalam kamar, apalagi kalo sekamar sama pasangan. Ini karena cermin bisa memberi ruang bagi ketidaksetiaan. Cermin juga terlalu energik untuk sebuah ruang yang tenang seperti kamar tidur.

Tapi iya juga sih, kalian bisa bayangin gak kalo kalian naruh cermin pas di depan tempat tidur kalian? Begitu bangun tidur, langsung melihat penampakan makhluk tidak astral tapi menyeramkan—padahal itu adalah diri kalian sendiri yang sedang elek-eleknya pas baru bangun.

Bakal sport jantung tiap hari sih, kecuali kalian adalah miss world yang syudah cantik sejak tangi turu. Hilih.

2. Jangan Menempatkan Ranjang dalam Sorotan Cahaya Langsung

Dalam feng shui, sorotan cahaya dapat menyebabkan perasaan tertekan dan itu mengganggu tidur kalian. Jika tidak ada jalan lain, tutup cahaya dengan kain atau gantung dua suling bambu di sumber cahaya dengan posisi lubang tiup menghadap bawah.

Cara ini akan menghalangi sejumlah energi yang tidak diinginkan untuk datang dari atas. Intinya adalah jangan sampai kalian merasa terancam saat tidur. Cara lebih mudahnya ya kalian bobok gelap-gelapan aja, rek.

‘Kan lumayan to, menghemat token listrik kosan. Biar nggak keseringan bunyi tit-tit-tit. Ganggu penghuni kosan lain aja karena saldo listrik kalian sering sekarat.

3. Jangan Ada Air Mancur atau Perabotan Berbau Air

Jangan meletakkan akuarium dalam kamar! Hal ini dapat mengundang kemungkinan terjadinya kerugian finansial atau kemalingan. Untuk mendapatkan feng shui terbaik, biarkan akuarium atau lukisan air di luar kamar.

Kalo buat anak kost kayak kita nih, ya nyempit-nyempitin kamar rweeek. Belum kalau kalian adalah manusia semester akhir yang kamarnnya penuh dengan buku dan kertas revisian.

Pencilakan dikit bisa kesenggol itu akuarium. Korbannya? Ya revisian yang kalian yang dikerjain tujuh hari tujuh malam itu ketumpahan. ‘Kan nggateli..

4. Biarkan Tanaman dan Bunga Tetap di Luar Kamar Tidur

Tanaman dianggap memiliki terlalu banyak Yang, dan dapat menciptakan terlalu banyak energi dan kegiatan. Ini membuat kamu tidak dapat beristirahat. Masih inget pelajaran IPA tentang fotosintesis?  

Tanaman ini berfotosisntesis waktu siang hari untuk menghasilkan oksigen. Nah, pas malam hari, mereka nggak bisa menghasilkan oksigen karena gak bisa berfotosintesis.

Jadi kamu masih mau naruh tanaman di kamar dan rebutan oksigen sama mereka pas malem-malem? Cukup pacar dan gebetan kalian aja yang direbut, guys. Oksigen kalian jangan!

5. Jangan Sampai Area Sekitar Ranjang Berantakan dan Jangan Geser Sisi Ranjang Menempel ke Tembok.

Di feng shui, kalo ranjang nempel ke tembok, Chi tidak dapat beredar dan memungkinkan munculnya gangguan dalam kehidupan intim kalian. Jika ranjang menempel ke tembok, salah satu orang akan tidur di bagian dalam, secara harfiah “terperangkap” dalam hubungan.

Kalau kalian pecinta kebebasan, mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa kalian sial dan mendapatkan pasangan posesif. Cuuss geser kasur kalian biar nggak mepet tembok.

6. Singkirkan Televisi.

Katanya sih, televisi menciptakan medan magnetik tidak sehat yang dapat mengganggu tidur, menimbulkan ketegangan dalam hubungan dengan pasangan, atau mengundang pihak ketiga masuk.

Selain itu yaaa, bayangin aja betapa menyebalkannya si doi yang tengah malem nonton film tereak-tereak pas kamu lagi molor. Duh ganggu banget.

Juga ada satu alasan penting! Naruh TV di kamar rek itu mahal! Biaya listriknya lumayan lho! Mending buat beli bakso di abang-abang yang lewat kalo hujan.

Nah jadi gimana? Sudah siap ngubah tatanan kamar kalian? Yaaa siapa tau aja kan dengan kalian ngubah tatanan kamar kalian bisa lebih hoki dan kebanjiran cuan—bukan hanya revisian. Hehe..