Sempak bisa dibilang adalah salah satu benda yang menemani umat manusia sejak lama. Menurut Alana Clifton-Cunningham, seorang pakar teknologi dan perkembangan tekstil pernah mengemukakan, manusia secara tidak sadar sudah memanfaatkan sempak jauh sebelum masehi.

John farndon dalam bukunya yang berjudul 1000 Fakta Sejarah Dunia menuliskan pada akhir masa Neolitik (sekitar 3100 SM) sampai runtuhnya Dinasti Ptolemeus dengan kematian Cleopatra VII pada 30 SM, fashion di Mesir kuno berkembang cukup pesat.

Perkembangan fashion di Mesir kuno memang berkembang cukup pesat waktu itu. Tapi masyarakat setempat tetap tak menghilangkan budaya Mesir. Pemakaian simbolik keagamaan  dan dewa-dewi Mesir tetap akrab dengan fashion orang-orang Mesir.

Pada periode kerajaan lama, busana yang digunakan rakyat biasa kebanyakan pakaian terusan yang disebut dengan kalasiris. Mode ikut berkembang seiring kerajaan lama menuju kerajaan Mesir baru, dengan tujuan menambah keindahan, kalasiris ditambahkan schenti di bagian selangkangan. Schenti adalah kain panjang yang dililitkan sedemikian rupa hingga menutupi area sensitif. Schenti inilah yang diperkirakan menjadi awal tombak perkembangan sejarah persempakan duniawi.

Seperti yang banyak digambarkan dalam hieroglif yang banyak ditemui di peninggalan Mesir Kuno, di masa itu, penduduk Mesir, terutama kaum perempuan kebanyakan menggunakan schenti.

Terlepas siapapun penemu sempak, mereka sungguh punya jasa besar atas penemuan revolusioner ini. Kita wajib bersyukur dan berterima kasih karena jasa besarnya ini.

Sempak menjadikan daerah segitiga bermuda kita aman dari kuman dan selalu nyaman. Luar biasa jenius!

Sayangnya, sempak tak bisa selamanya kita pakai. Seiring bertambahnya umur, ukuran lingkaran pinggang dan isi selangkangan juga semakin melar. Maka, kita juga harus mengganti sempak lama dengan yang baru agar tetap nyaman.

Efeknya, sempak lama bisa jadi akan terbuang. Padahal kita udah kadung sayang. Nah, kalau udah begitu, kamu nggak perlu pusing. Manfaatkan saja sempak bekas jadi hal-hal di bawah ini.

Toh, ini juga bisa jadi penghormatan akan banyaknya jasa-jasa yang sudah ia beri. Hihihi…

Sulap Jadi Lap

Yang paling mainstream sih ya jadiin sempak bekas sebagai lap! Sempak yang dijual biasanya terbuat dari kain yang lembut. Tujuannya sih agar tidak mudah mengiritasi kulit bagian selangkangan.

Menurut para ahli, kulit di bagian selangkangan ini jadi salah satu kulit yang mudah kena iritasi. Apalagi, sering terjadi gesekan di titik tersebut. Eh, gesekan? Uhuk…

Dengan menjadikan sempak bekasmu sebagai lap, kalian memperoleh kain dengan kualitas terbaik. Cocok untuk lap piring, lap mobil, hingga lap muka sebelum tidur.

Tapi sek, pastikan sebelum dimanfaatkan kembali, kalian wajib mencuci dan memastikan sempak bekasmu udah bebas bakteri, serta tak ada bekas bau amis. Yek!

Gulung Jadi Bola Kasti

Sempak bekas juga bisa kalian manfaatkan menjadi berbagai kreasi mainan unik. Salah satunya adalah bola kasti.

Untuk membuat bola kasti dari sempak, caranya cukup mudah. Alat yang dibutuhkan pun cuma sempak bekas dan karet gelang saja.

Pastikan terlebih dahulu kalian punya dua sempak bekas atau lebih, kemudian untel-untel jadi satu sampai membentuk bola kasti. Kemudian ikat sempak yang sudah membentuk bola tersebut dengan karet gelang.

Ta-daaa! Bola kasti sempak buat ngantemi raimu dewe telah siap!

Modif Jadi Furnitur

Jangan salah sangka, sempak bekas sekilas memang terlihat tak memiliki estetika seni. Tapi di tangan orang-orang kreatif, seonggok sempak bekas berbau bisa jadi benda bernilai seni tinggi.

Dengan memanfaatkan resin, kalian bisa memanfaatkan sempak jadi berbagai bentuk kerajinan yang nantinya punya nilai ekonomi pula. Bentuk saja jadi mukamu dewe buat diantemi dewe. Masok kan?

Rancang Jadi Boneka

Bukan, bukan bikin boneka sempak. Yang saya maksud di sini adalah, dengan modal sempak bekas, kalian bisa membuat kapas isi boneka.

Caranya, bisa dengan memotong kecil-kecil sempak menjadi kain perca, kemudian isikan potongan kain tersebut ke dalam bagian dalam tubuh boneka.

Ciamik kan!

Bikin Jadi Buff Multifungsi

Kalian pasti sudah nggak asing lagi kan sama yang namanya buff. Ini bukan buff Mobile Legend, Dota, ataupun LoL. Buff yang kita maksud tuh yang biasanya dipake sama tukang touring buat penutup mulut. Atau yang biasa dijadiin scarf sama pendaki gunung.

Karena ada tiga lubang di sempak, bukan berarti kalian kesulitan membuatnya serupa buff. Cukup buat bagian dalam sempak menjadi sisi yang nempel di muka depan, jadi bagian kolor sempak bisa diikat di sisi belakang kepala.

Mudah, bukan?

Jadi, jangan sekali-kali melupakan sejarah sempak!