Indonesia lagi gaduh sama berbagai hal. Asal mulanya memang dari para wakil rakyat yang bikin RUU nggak sesuai sama selera rakyat. DPR yang harusnya adalah Dewan Perwakilan Rakyat, kok malah kayak jadi Dewan Pengkhianat Rakyat.

Kegaduhan yang awalnya ditumpahkan di ranah dunia maya kemudian merembet ke dunia nyata. Aksi nyata di berbagai daerah pun pecah. Bahkan di Jakarta, aksi yang dimotori mahasiswa ini tak kunjung surut hingga malam, malah semangat perlawanan semakin membesar.

Nah, buat kamu yang juga ingin menyuarakan aspirasi dan turun ke jalan, berikut hal-hal yang wajib kamu persiapkan—biar tetap nyaman dan aman.

Perlengkapan Standar

Bawalah tisu untuk menyeka keringat, air mineral untuk menghalau haus, seplastik tahu Sumedang sebagai bekal jaga-jaga kalau-kalau lagi lapar. Ingat, aksi demo diikuti banyak orang, kalau bisa jangan merepotkan. Prepare yourself!

Perlengkapan Pendukung

Untuk mereka yang ingin ikut aksi tapi kulitnya nggak pengen kusam, beberapa produk kosmetik bisa dipakai sebagai penghalau panas. Paling penting pakailah sunblock. Ini bisa melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Jangan sampai demo malah jadi ngerusak dirimu sendiri.

Perlengkapan Penghalau Panas

Cuaca yang lagi panas-panasnya ini sudah pasti sangat menyiksa. Jangan lupa untuk menggunakan topi, payung, ataupun kardus biar bisa melindungi diri kalian dari teriknya matahari. Ini bukan guyonan. Sebaiknya bawa saja daripada kulitmu belang.

Perlengkapan Medis

Harapan dalam aksi damai adalah agar para wakil rakyat mau mendengarkan suaramu. Sudah pasti harapan baik dari yang didemo maupun pendemo adalah tidak adanya kerusuhan. Ini jelas karena kerusuhan amat merugikan, rek!

Tapi sebagai sarana berjaga-jaga, alangkah baiknya kamu membawa perlengkapan medis. Bisa obat merah, plester, atau hansaplast. Kalau membawa obat pusing kepala, sebaiknya juga jangan yang membuat ngantuk, ya.

So, untuk kawan-kawan yang turun ke jalan, tetap jaga ketertiban, ya. Budal moleh slamet, semesta merestui!