Tahukah kamu bahwa Akademi Southampton punya peran besar di balik penganugerahan pemain terbaik versi Ballon d’Or? Deretan lulusan klub ini nyatanya sudah menyumbang banyak pemain moncer, yang memang pantas jadi yang terbaik.

Penganugerahan pemain terbaik versi Ballon d’Or memang sudah diumumkan. Pemain asal Argentina dan Barcelona, Lionel Messi, mengklaim penghargaan Ballon d’Or untuk keenam kalinya, Senin (2/12) lalu.

Penghargaan ini adalah kali keenam bagi pemain 32 tahun tersebut. Messi mengalahkan Virgil van Dijk yang berada di urutan kedua, dan seteru abadinya, Cristiano Ronaldo di urutan ketiga.

Nah, ada tiga alumnus Southampton FC yang masuk 20 besar nominasi pemain terbaik sejagat versi Ballon d’Or ini. Selain Virgil van Dijk, ada juga Sadio Mane di urutan keempat dan Dusan Tadic di urutan ke-20.

Semoncer apakah sih mereka? Berikut pembahasannya.

Virgil van Dijk

Peraih Player of the Year Liga Inggris tahun 2019 ini merupakan mantan pemain Southampton. Van Dijk membela The Saint (julukan Southampton) selama tiga musim, sebelum akhirnya diboyong The Kop dengan banderol sekitar 1,1 triliun rupiah.

Selama berseragam Southampton, van Dijk mencatatkan 80 pertandingan dan tujuh gol. Ia juga mengantarkan Southampton tampil ke Europa League di musim 2016–2017, meskipun akhirnya tak lolos babak grup.

Musim tersebut bisa dibilang musim terbaik van Dijk bersama Southampton. The Saint berada di urutan keenam di akhir klasemen, dua strip di atas Liverpool yang berada di urutan ketujuh.

Sadio Mane

Dua musim terakhir ini bisa dibilang adalah musimnya Mane unjuk gigi. Musim lalu, Mane menahbiskan diri sebagai top scorer bersama dengan kompatriotnya di Liverpool, Mo Salah dan Pierre-Emerick Aubameyang. Di musim ini, Mane setidaknya sudah mencetak sembilan gol dari 16 pertandingan bersama Liverpool.

Mane pernah jadi salah satu pemain kunci Southampton semenjak diboyong dari Red Bull Salzburg, September 2014. Saat itu, Mane sempat mencatatkan rekor hat-trick tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris. Tiga gol beruntun hanya dalam 2 menit 56 detik saat melawan Aston Villa.

Sementara di musim 2014-2015, Mane menyelesaikan musim dengan 10 gol dari 32 penampilan di semua kompetisi. Mane  pun akhirnya diboyong Liverpool Juni 2016, dan tampaknya semakin berjaya di Anfield.

Dusan Tadic

Tadic menjadi pemain pertama yang dibeli manajer baru Southampton, Ronald Koeman pada kampanye Liga Inggris musim 2014–2015. Tadic yang menandatangani kontrak empat tahun, mencetak gol pertamanya saat penalti melawan Arsenal dengan skor akhir 2-1.

Setelah itu, Tadic diboyong Ajax Amsterdam dari Southampton dengan harga yang cukup mahal untuk pesepakbola yang sudah berkepala tiga.

Di musim tersebut, bersama de Godenzonen (julukan Ajax), Tadic membawa Ajax meraih juara liga dan KNVB Cup, serta menghantarkannya ke semifinal Liga Champions. Sudah memainkan 56 laga bersama Ajax, Tadic menunjukkan tajinya dengan mencatatkan 38 gol.

Lantas, di musim-musim selanjutnya, siapa lagi nih mantan jagoan Southampton yang bakal masuk nominasi Ballon d’Or? Harapannya sih doi bisa nyalip Si Messi ya…