Entah kalangan wibu, otaku, atau bahkan anak jejepangan bau bawang, semuanya pasti menyukai anime. Genre yang disuka pun bermacam-macam. Mulai dari harem, comedy, romance, seinen, shojo ai, yuri, thriller, horor, hentai, dan bwanyak lagi.

Nah, berbicara soal genre horor, banyak anime horor yang punya alur cerita bagus, lengkap, dan karakter “tidak biasa.” Anime horor juga tak jarang menampilkan adegan-adegan bar-bar hingga mematikan salah satu tokoh kunci. Epic lah pokoknya!

Kalau di manga, tentu udah banyak rekomendasi mangaka-mangaka masterclass yang karya horornya bener-bener icikiwir. Mulai dari Junji Ito-sensei, Usamaru Furaya, Suehiro Maruyo, dan banyak lainnya.

Kalau anime horor, emang lebih yahud kalo digarap dengan grafis dan alur cerita yang mantul. Pokoknya, rugi deh kalo dilewatkan. Bahkan untuk kalian yang bukan pecinta genre horor, patut kalian coba tonton anime horor. Karena jelas, ini emang beda sama film horor.

Hanya saja, memilih anime horor terbaik memang cukup sulit. Alasannya jelas, meski dilabeli horor, belum tentu anime-anime ini punya kualitas yang icikiwir. Dan, buat temen-temen wibu bawang alias otaku anyaran atau orang yang baru memulai melangkah menuju perduniawian anime, berikut kami kasih rekomendasi anime horor jempolan buat kalian!

Yami Shibai

Kalau kalian penyuka kisah-kisah urban legend Jepang, kalian pasti cocok dengan anime yang satu ini. Disutradarai Tomoya Takashima, anime ini tidak punya plot yang jelas. Dalam setiap episodenya, selalu saja punya kisah horor, pengaturan, dan karakter yang berbeda.  Inilah yang justru membuat anime ini benar-benar menarik.

Siapa pun yang menonton serial ini mungkin akan mengingat episode-episode yang hanya didasarkan pada atmosfer dan adegan-adegan menyeramkan dalam setiap ceritanya. Anime yang tayang perdana 2013 lalu ini sudah memiliki tujuh season hingga saat ini. Gas lah maraton!

Serial Experiments

Anime yang satu ini bisa dibilang cukup lawas karena tayang perdana pada Juli 1998. Meski begitu, alur cerita yang ditampilkan dalam anime ini amat berbeda bila dibandingkan dengan anime bergenre sama.

Disutradarai Ryutaro Nakamura dan ditulis oleh Chiaki J. Konaka. Ditambah desain karakter oleh Yoshitoshi Abe dan diproduksi oleh Triangle Staff, karya ini adalah upaya berani untuk menyatukan berbagai konsep yang sebenarnya bersebarangan dalam satu film.

Hanya dalam tiga belas episode yang berdurasi 20 menit, kisah Lain Iwakura, sang protagonis muda, akan terurai dalam sebuah perjalanan kompleks yang terjadi di dunia modern. Semuanya menampilkan kemajuan teknologi yang begitu memanjakan, membuat candu, dan sebuah masa depan yang serupa dengan apa yang kita jalani saat ini.

Horor yang ditampilkan dalam anime ini seakan bisa membaca masa depan, masa yang saat ini kita jalani sehari-hari. Kalian yang sudah menonton anime ini, pasti pernah merasa triggered!

Corpse Party

Kalau dibandingkan dengan dua anime sebelumnya, Corpse Party bisa dibilang lebih ke horor tipe gore. Banyak menayangkan adegan-adegan bunuh-bunuhan dengan gamblang. Ada tangan tercabut, kepala putus, titit tertarik, dan bahkan tubuh manusia yang hancur berdarah-darah. Semuanya ditampilkan dengan jelas. Tanpa sensor!

Serial anime yang rilis 2013 lalu ini disutradarai oleh Akira Iwanaga dan ditulis oleh Shoichi Sato, dengan pengerjaan animasi oleh studio Asread. Sementara untuk desain karakternya ada Seiki Tanaka.

Corpse Party menceritakan sebuah kasus pembunuhan berantai yang terjadi di SD Tenjin. Setelah kejadian itu, tanpa kejelasan lanjutan kasus, sekolah ditutup kemudian digusur.

Beberapa tahun pun berlalu, di tempat yang sama, diadakanlah proyek untuk membuat sebuah sekolah baru yang dinamai Akademi Kisaragi. Di suatu malam, sekelompok siswa-siswi iseng melakukan permainan sachiko di gedung sekolah.

Tiba-tiba bangunan bergetar dan… Eh, nonton sendiri aja deh, entar kebanyakan spoiler. Wehehehe!

Another

Saat pertama kali saya nonton anime ini, bau-baunya kayak horor-romantis. Ternyata dugaan ini salah besar setelah ada adegan salah satu tokoh yang matanya tertusuk ujung payung hingga menembus tulang tengkorak belakangnya.

Wow! Langsung aja saya cocok! Ceritanya emang bener-bener sulit ditebak!

Another menceritakan sebuah kutukan yang ada di SMP Yomiyama sejak 26 tahun lalu. Ini semenjak salah satu siswinya mati dengan cara yang tidak lazim.

Anime ini diangkat dari novel karya Yukito Ayatsuji dengan judul yang sama. Diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Tsutomu Mizushima, anime ini mengudara dua belas episode di tahun 2012 lalu.

Selain anime di atas, sebenarnya masih banyak anime lain yang cerita horornya tak kalah seru. Nantikan saja ya di rekomendasi kami selanjutnya. Icihuy!