Ada nggak sih di antara kamu, wahai para cowok, yang masih berpendapat kalau skincare cuman buat cewek aja? Hilih, pendapat ini wes nggak zaman, Bro!

Skincare bisa dibilang perawatan diri yang fungsinya untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Ini beda lho sama make up yang fungsinya emang untuk mempercantik penampilan wajah dan tubuh secara umum.

Zaman sekarang memang kudu pinter-pinter merawat diri, men! Apapun jenis kelaminmu. Asal kalian tahu, sejak dulu, mbah-mbah kita juga sudah terbiasa merawat diri. Konon, Ken Dedes, salah satu ratu tersohor di Pulau Jawa, sangat rajin dan tekun dalam merawat tubuh. Ini membuat kecantikannya begitu icikiwir.

Lagian, merawat diri itu termasuk bagian dari self-love. Emangnya kamu mau, pas tua kulitmu bersisik, pecah-pecah, mudah terkelupas, dan bahkan kena penyakit berbahaya seperti kanker kulit? Wong Indonesia khususon Suroboyo iki puanase nggak nyante.

Maka dari itu, ayo dong, hilangkan mindset bahwa skincare itu sesuatu yang “hanya dibutuhkan perempuan.” Pffft, cupu!

Menurut penelitian, kulit pria memang lebih tebal 20% dibanding dengan kulit perempuan. Ini membuat kulit pria cenderung tak memiliki sensitivitas, sehingga kulit mereka cenderung lebih mbadak terhadap berbagai bahan aktif.

Di sisi lain, cowok punya kelenjar minyak yang cenderung lebih aktif dibanding perempuan. Jadi, masalah kulit seperti jerawat justru lebih sering terjadi pada pria. Alasan inilah yang membuat kita perlu menjaga dan merawat kulit. Nek ketok ngganteng lak awak dewe sing seneng se.

Sebetulnya, sudah banyak beauty blogger yang menyebutkan skincare cowok dan cewek punya bahan yang nggak jauh beda. Itu cuma bahasa pemasaran aja, Rek. Aslinya, nggak masalah kalau cowok-cowok pakai skincare yang biasa dipakai juga sama cewek. Malah kadang lebih murah harga skincare cewek pula.

Tapi opo ae se sakjane produk skincare sing layak dicoba gawe awak dewe?

Sabun Wajah

Cowok itu biasanya lebih sering beraktivitas di luar ruangan dibanding cewek. Yo motoran lah, nglayap lah, bal-balan lah, opo layangan sore-sore ngono iku. Dengan kondisi begitu, jelas saja kulit menghasilkan minyak berlebih yang keluar bersama keringat.

Masalahnya, jalanan itu penuh debu dan asap kendaraan yang sehitam dosa. Yek!

Iki nggarai awak dewe wajib cuci muka sesampainya di rumah. Sabun muka untuk pria biasanya selalu punya varian untuk kulit muka lembap dan berminyak. Fungsinya sih sama, mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada wajah dengan baik.

Salah satu produk yang bisa menjadi rekomendasi adalah Hada Labo Tamagohada Mild Peeling AHA+BHA Face Wash. Produk ini mampu mengeksfoliasi kulit, yakni… wes tah googling’o dewe pengertiane. Soal harga, produk ini dipatok nggak terlalu mahal, cuman Rp34.500,- saja.

Produk lain yang juga direkomendasikan adalah Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam. Pembersih dengan nilai pH 5,5 ini mampu menstabilkan kulit wajah. Juga mengandung montaline C40 sebagai antibakteri. Harganya berkisar Rp145.000,-.

Produk-produk itu bisa dibeli di drugstore. Bukan apotek, rek, itu istilah buat waralaba toko yang menjual berbagai macam produk skincare, kosmetik, dan suplemen. Biasanya sih ada di mall-mall. Sebagian malah ada yang dijual di minimarket juga.

Kalau nggak mau repot, kalian bisa juga ke warung terdekat buat beli produk lain. Seperti Nivea MEN Whitening Oil Control Cooling MUD. Kayanya kalo yang satu ini nggak perlu dijelasin pasti udah sering liat iklannya di tivi deh. Tapi jangan salah, sabun muka yang satu ini memang sudah punya tempat tersendiri bagi para pria. Harganya sedengan aja, kisaran Rp25.000,-

Face Toner

Setelah sabun cuci muka, face toner jadi salah satu skincare yang sebaiknya digunakan rutin buat kalian yang sering menghabiskan waktu di jalan. Fungsinya buat mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit wajah tetap lembap. Kotoran pada wajah juga akan lebih terangkat sempurna.

Beberapa produk face toner yang bisa kamu pakai adalah COSRX Centella Water-Alcohol Free Toner. Kandungan ekstrak daun Centella Asiatica-nya memang didesain khusus untuk menenangkan kulit yang stres dan iritasi. Produk ini juga dapat mengembalikan kelembapan kulit.

Selain itu, produk bebas alkohol dan surfaktan ini juga mengandung allantoin yang punya banyak manfaat, salah satunya menyembuhkan dan memperbaiki kulit rusak. Produk ini dihargai sekitar Rp145.000,-

Kemahalan? Tenang, kalian bisa pakai produk lain. Ada Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion yang membantu mengontrol sebum di daerah T-Zone dan mencegah jerawat. Meski masih mengandung alkohol, tingkat iritasinya sangat rendah karena kandungan di dalamnya sudah disesuaikan dengan pH kulit.

Harganya aman kok, sekitar Rp34.000,- aja.

Pelembap

Jika kalian punya kulit kering, sangat disarankan memakai moisturizer atau pelembap agar kandungan air dalam kulitmu terjaga dengan baik. Moisturizer juga bisa mengontrol kadar minyak berlebih.

Produk yang bisa jadi pilihan di antaranya OXY Acne Control Moisturizer SPF15 PA+. Diperkaya dengan ekstrak apel, chamomile, dan lidah buaya. Cocok untuk kulit berjerawat, serta efektif menjaga kulit tetap lembut dan lembap, juga bisa melindungimu dari paparan sinar ultraviolet berkat kandungan SPF15/PA+ di dalamnya. Iki penting banget gawe tabir surya. Harganya ada di kisaran Rp72.000,-

Selanjutnya, ada Acnes Oil Control and Whitening Cream. Selain mengatasi masalah jerawat, produk ini juga bisa memberikan kelembapan tinggi dan melindungi kulit agar jerawat tidak muncul. Penggunaan kombinasi ekstrak tanaman ini efektif mengurangi sebum berlebih, juga mencerahkan warna kulit. Cocok digunakan untuk kulit berminyak dan kalian yang pengen ngilangin bekas jerawat.

Serum

Serum punya bentuk yang mirip dengan pelembap, namun cairannya terasa lebih ringan. Selain itu, partikel dalam serum lebih kecil dari produk perawatan kulit lainnya, sehingga dia bisa lebih cepat meresap ke dalam kulit.

Oh ya, kalian bisa menggunakan serum dan moisturizer secara bersamaan. Namun pastikan agar kamu menggunakan serum lebih dulu, baru disusul moisturizer. Prinsipnya, mulailah dari produk yang paling encer, baru diakhiri dengan produk yang paling padat atau creamy.

Serum yang recommended adalah L’Oreal Paris Revitalift Filler Serum. Produk ini berbentuk gel dengan kandungan HA (Hyaluronic Acid) yang berperan penting menjaga kelembapan kulit. HA merupakan salah satu kandungan yang jarang menyebabkan alergi atau efek samping. Harganya agak mayan sih, sekitar Rp150.000,-, tapi hasilnya cespleng!

Innisfree Green Tea Seed Serum juga wajib banget kalian cobain. Terbuat dari biji teh hijau yang mengandung 16 jenis asam amino, produk ini mampu memberikan kelembapan maksimal pada kulit. Dengan tekstur sangat cair dan warna transparan, serum ini cepat meresap pada kulit. Harganya rodok abot cuk, sekitar Rp209.000,-

Sunblock

Sunblock juga jadi salah satu skincare yang wajib digunakan kalau kalian beraktivitas di daerah terik. Berguna menghalau sinar ultraviolet yang berpotensi merusak kulit, bahkan menyebabkan kanker kulit.

Sunblock biasanya memiliki ukuran SPF (Sun Protection Factor), yang jadi indikator pertahanan pada kulit.

Selain SPF, ada juga indikator lain yang disebut PA. Ini merupakan tingkat perlindungan terhadap sinar ultraviolet A (UVA). Semakin banyak tanda “+” , semakin bagus pula perlindungan pada kulit. Kalian bisa pakai Bioré UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++. Walah iki plusnya kok akeh tenan, rek! Koyok pijet ae!

Dalam produk ini, ada kandungan HA, royal jelly, dan ekstrak citrus buat menjaga kelembapan kulit. Produk ini nggak lengket, nggak mengilat, dan aromanya pun nggak menyengat. Rasanya beda tipis sama air wudhu dan nggak membekas. Produk ini dijual mulai harga Rp120.000,- aja.

Selain itu, Erha21 Perfect Shield UVA + UVB Sunscreen Gel SPF 3- PA++ juga oke banget. Di produk ini, ada kandungan Vitamin E dan Pro Vitamin B5 yang bisa membantu menenangkan kulit kita yang lagi iritasi. Harganya pun masih cukup terjangkau, sekitar Rp70.000,- sampai Rp80.000,-

Gimana, masih malu-malu mau pakai skincare?