Adakah cara mengatasi munculnya jerawat dalam satu malam? Kalau jerawatmu udah sedemikian menyebalkannya—sampai menghalangimu ketemu jodoh—trik berikut wajib kamu coba? 

Jerawat memang menyebalkan, terlebih yang muncul di wajah. Rasanya sangat tidak enak. Asin agak amis nano-nano gimana gitu, entah pas dipandang atau pas lagi njebrot.

Kalau saja jerawatnya muncul di ketiak atau selangkangan, mungkin yang mengganggu hanya rasa perih dan ngilunya saja. Tapi kalau mucul di wajah, sudah pasti juga berefek pada rasa percaya diri.

Belum lagi ditambah warnanya yang mencolok, dengan teksturnya yang menonjol dan bekasnya membutuhkan waktu lama untuk dihilangkan. Dih, jijay!

Jerawat biasanya muncul benjolan yang disebabkan penyumbatan atau peradangan pada pori-pori pada kulit disertai nanah dan darah. Kalau diibaratkan dalam struktur keluarga, jerawat adalah adik dari bisul.

Jerawat bisa disebabkan infeksi karena bakteri propionibacterium acnes. Dipicu pola makan yang bar-bar, ketidakstabilan hormon, produksi minyak berlebih pada wajah, tangan kotor, tidak pernah cuci muka, cuci muka pakai air selokan, hati yang kotor, iri, dengki, dan lain sebagainya.

Bakteri ini bisa diatasi dengan antibiotik, seperti eritromisin, klindamisin, doksisiklin, dan minocycline.

Nah tapi, bagi kamu yang ingin sekali mencoba cara menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa sentuhan obat-obat kimia, kamu kayaknya bisa mencoba beberapa metode yang kami berikan di bawah ini.

Selain murah meriah, ini juga amat instan dan banyak berhasilnya~

Jeruk Nipis

Caranya: cukup gunakan satu buah jeruk nipis, teteskan ke spot jerawatmu yang sudah dibersihkan sebelumnya, kemudian biarkan sekitar 15 menit. Cara ini akan lebih manjur kalau dicampur sama garam, biar perih dan mantap-mantap rasanya.

Cara ini tidak cocok untuk kamu yang berkulit sensitif, namun sangat cocok buat kalian yang bermuka badak.

Bawang Putih

Dalam bawang putih terdapat senyawa thiacremonon sulfur dan allicin yang punya sifat antiseptik. Berfungsi menghilangkan berbagai macam bakteri penyebab jerawat pada wajah.

Caranya cukup mudah. Siapkan satu kilogram bawang putih, bersihkan, kemudian oleskan irisan bawang putih ke spot jerawatmu dan diamkan beberapa menit.

Keunggulan metode ini mungkin jauh lebih cepat dibandingkan yang lain. Tapi efek sampingnya bakal meninggalkan bekas jerawat yang menghitam plus bau bawang. Keuntungan lainnya: metode bawang ini dapat menghindarkanmu dari terkaman drakula dan vampir.

Belerang

Belerang atau sulfur juga bisa berkhasiat menghilangkan jerawat, bahkan sampai membakar pori-porimu.

Saya pribadi punya pengalaman mengenaskan bersama belerang, dan khasiatnya sangat terasa. Tak hanya jerawat saya yang hilang, pori-pori saya juga ikut hancur dan menciptakan spot item kayak tompel. Belerang bajingan. Cara ini sebaiknya jangan dicoba. Saya cuman nge-prank aja.

Metode Pisau

Metode di atas hanya membutuhkan oles-oles saja agar bisa mengusir jerawat dari wajah, tapi tidak untuk metode ini.

Untuk melakukan metode ini, potong jerawat menggunakan pisau atau silet. Siapkan sisi tajam pisau di atas jerawat, lalu tebaskan dengan kecepatan maksimal.

Syarat untuk melakukan metode ini hanyalah ketajaman pisau dan kemampuanmu yang presisi. Karena kalau tidak pas, bisa jadi semua bagian wajahmu yang kena bacok.

Bakar

Cara terakhir kalau cara-cara di atas tak bisa mengobati jerawat membandel adalah dibakar. Tapi, kalian juga harus hati-hati, karena kalau tidak, mukamu juga ikut terbakar.

Jerawat yang sudah membatu ditambah dengan radang yang sulit sekali kempes, akan sangat mudah dikeringkan dengan api. Cukup bermodalkan korek gas kalau jerawatnya kecil. Tapi kalau jerawatnya sudah sangat parah, bisa gunakan kompor gas dan ditambahkan minyak tanah sesuai dengan kebutuhan.

Tapi yang harus diingat, tiga tips terakhir ini khusus untuk Limbad kalau lagi bingung cara mengatasi jerawat. Jadi, jangan ditiru deh mending~