Ngomongin soal mimpi, kita emang nggak bisa lepas dari Inception, salah satu masterpiece garapan Christopher Nolan yang masih dibicarakan orang sampai sekarang saking apike. Inception sudah jadi semacam pembuktian adanya fenomena lucid dream atau sadar di tengah bermimpi.

Malah, dalam kasus lucid dream, seseorang bisa memiliki lapisan mimpi layaknya sebuah kue tart. Isok dimaem lak an ngimpine? Yo nggak ndeng, maksute tumpuk-tumpuk ngono lho.

Banyak sekali penelitian soal fenomena lucid dream yang ditandai adanya campur tangan si pemimpi dalam mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Mimpi sadar dapat muncul ketika si pemimpi menyadari sedang bermimpi.

Nah, kasus seperti ini pernah saya alami. Saya sadar bahwa tengah bermimpi. Saat itu saya mencoba berbicara, namun tak ada suara yang keluar dari mulut. Ini membuat saya takut pada awalnya, namun segera ingat bahwa tadi saya tertidur. Otomatis, saya langsung sadar tengah berada dalam mimpi.

Sek sek, iki aku sekeren Inception ta mek tindihen se?

Setelah mengalami itu, saya pengen dong bisa ngatur mimpi hehe. Faktanya, lucid dream memang bisa bisa dilatih seperti halnya dalam Inception. Caranya, dengan menanamkan kesadaran pada otak bahwa kamu bisa mengalaminya lantas percaya bahwa kamu punya kendali besar untuk mengontrol mimpi.

Pengalaman bermimpi memang mengilhami banyak sekali film untuk dijadikan pijakan cerita. Yang paling membekas bagi saya adalah jurus epik milik Kaguya Ootsuki, Mugen Tsukuyomi. Ini buat yang tahu aja ya, maklum ane wibu.

Jadi, para korban yang terjebak dalam jurus ini dapat mewujudkan impiannya yang tak bisa diwujudkan di dunia nyata. Namun, mereka tak sadar bahwa sedang bermimpi, padahal jelas sekali kalau ada celah untuk mengetahuinya.

Tak hanya Inception, saya pun mencoba jurus dari Jepang ini, tapi memang nggak bisa serta-merta, sih. Kudu dipelajari dulu.

Intinya, lucid dream bisa terjadi bila kamu dalam kondisi rileksasi tidur sangat tinggi atau sedang dalam pengaruh hipnotis. Penyebab lain bisa juga saat mengonsumsi miras kemudian mabuk sampai menggunakan narkotika.

Namun, ada efek buruk dari mimpi sadar, yakni kamu jadi kecapean setelah tidur. Sebab, meski badan beristirahat, hal ini tidak sejalan dengan pikiran yang masih terus bekerja dan berkonsentrasi.

Mimpi sadar memang punya manfaat yang banyak sih, di antaranya sebagai cara untuk menemukan penyebab stress dan depresi. Selain itu, mimpi buruk bakal bisa kamu hindari karena kontrol penuh atas mimpi. Kamu merancang sendiri bagaimana dan mimpi seperti apa yang ingin muncul.

Ya memang sih cuman mimpi, tapi di dunia yang lagi busuk kayak gini, apalagi sih yang lebih indah selain bisa mengontrol mimpi—atau bahkan menciptakan mimpi sendiri? Mimpiku bersama areknya yang kini sudah kawin dengan kakak tingkatku sendiri contohnya..