Di dunia ini, yang pertama pasti jadi rebutan dan susah dilupakan. Gampangnya begini, nggak ada yang namanya kecap nomor dua. Semua pasti pengen diakui jadi yang pertama. Termasuk dalam hubungan asmara menye-menye yang juga mengenal term cinta pertama.

Opo seh cinta pertama iku? Jarene Mbak BCL, cinta pertama itu Sunny. Hehe, gak lucu ya? Bahno.

Setelah saya browsing, cinta pertama adalah cinta yang susah untuk dilupakan dari ingatan maupun kenangan manusia. Ini bisa banyak wujudnya. Mulai dari yang pertama kali nembak, pertama kali ngajak jalan, pertama kali bikin patah hati, dan pertama-pertama lainnya.

Inilah yang membuat cinta pertama seringkali jadi inspirasi lagu oleh sejumlah musisi. Dan ini semakin menambah daya magisnya, membuat para pasukan gagal move on meresapi lirik lagunya sambil nangis getih.

Sobat ambyar mana suaranya? 

Lalu, apa sih yang membuat seseorang bisa masuk kategori cinta pertama kita? Buat kalean yang bertanya-tanya, silakan bawa tisu, iling-iling kembali areknya, dan resapi tanda-tanda berikut.

Cinta Pertama Selalu Membuat Kita Grogi Pas Ketemu (Lagi)

Kapanpun dan di manapun, kamu pasti bakal grogi pas ketemu cinta pertamamu. Harusnya sih udah nggak ada rasa-rasa baper dalam diri. Namun, sekali lagi, kamu tetap gagal untuk berlagak keren atau setidaknya tegar saat ketemu.

Ingatan-ingatan manis dan nggateli seketika terputar kembali di otak kalian berdua (atau mungkin otakmu dewe). Kamu jadi nggak bisa bergerak, seperti kena Mugen Tsukuyomi, jurus ilusi paling mematikan di Naruto.

Dan demi menghindari kejadian memalukan ini, jangan pernah mau ikut reunian sekolah (seperti saya).

Cinta Pertama Paling Lama Diingat (dan Paling Lama Dilupakan)

Memang sih cinta pertama itu datangnya pasti duluan. Tapi nggak selalu gitu bosqu. Ada faktor lain yang bisa jadi ukuran doi bisa kita anggap cinta atau tidak. Salah satunya adalah areknya ini paling lama kita ingat dan paling lama kita lupakan.

Meski dia emang the first one, atau ya katakanlah pacar pertama, kalau kamu cuma sesekali ingat dan nggak begitu susah untuk move on dan cari gebetan baru, itu kayaknya nggak bisa dibilang cinta pertama. Cinta monyet aja tuh…

Cinta pertama itu ibarat paket komplit. Onok senenge, bosoke, sampek nggateline. Dan kesemuanya membuat perubahan besar di hidupmu. Isok sampek lali mangan bahkan nggak adus seminggu. Intinya, ketika kamu berhubungan dengan orang lain yang baru, bayangan doi bakal menghantui. Ini sebelum kamu nemu yang bener pas dan menjadi cinta sejatimu.

Jancuk aku mbrabak pas nulis iki!

Cinta Pertama yang Banyak Membuat Kita Ngelakuin Kekonyolan

Ada suatu ungkapan bahwa cinta bisa bikin manusia jadi bodoh. Rela melakukan apa saja demi doi, apapun, bahkan sampek hal-hal tolol. Nah, ini nih yang paling bikin kamu gagal move on pada cinta pertamamu. Lah gimana lagi, kamu udah habis-habisan sama si doi!

Kamu yang kaku atau nggak terbiasa ngelakuin hal romantis, tiba-tiba tergerak menciptakan gombalan atau bawa kado buat doi. Nggak peduli bawa boneka sebesar Ultraman dan diliatin orang. Atau sampai beliin pembalut untuk doi. Semuanya udah kamu lakuin. Eh bangke, ujung-ujungnya putus!

Aku banget dancok!

Cinta Pertama Always Jadi Penyesalan Terbesar dalam Hidup (Cug!)

Terakhir, yang paling sering dialami oleh orang yang belum lepas dari kutukan cinta pertama adalah penyesalan. Setelah putus, biasanya mereka yang masih punya perasaan sama mantan bakalan melakukan musahabah diri. Introspeksi terhadap apa yang udah diperbuat selama berhubungan dulu.

Kenapa kok hubunganku gagal terus njing!

Hal ini bakal lebih njelimet kalau doi ternyata cinta pertamamu. Penyesalanmu jadi teramat gede. Kamu jadi berandai-andai bila seumpama dulu nggak kakean polah (koyok aku), hubungan kalian pasti tidak akan berakhir.

Biasanya, penyesalan ini bakal sering kamu ingat dan sesali. Seperti—ehem—aku maneh, aku maneh!

Tapi saran yang rodok bijak dari saya sih, boleh saja kamu masih ingat cinta pertama. Wajar sih, doi emang yang paling berkesan. Tapi jangan sampek kamu terjebak masa lalu kemudian menutup hati bagi orang lain. Bisa jadi dialah cinta sejatimu!