Mimpi seringkali jadi pertanda atau firasat apa yang akan terjadi. Mimpi juga seringkali jadi mekanisme tubuh untuk bilang kalau kamu sedang dalam kondisi kurang fit.

Nah, hampir semua orang pernah bermimpi. Namun yang paling membekas di ingatan adalah mimpi buruk. Adegan-adegan film horor pun juga turut memperkuat kengerian bad dream sebagai momok yang mengerikan.

Padahal yo nggak usah mikir elek atau paranoid, mungkin aja mimpi itu nggak berarti apa-apa. Itu juga bukan sinyal kalau kamarmu berhantu. Hihihi..

Sensasi setelah mengalami mimpi buruk sih biasanya memang napas jadi tak teratur, keringat dingin keluar, sampai ngos-ngosan. Soalnya yang diserang pikiran dan perasaanmu. Badan sih nggak bergerak, tapi otak masih bisa merespon dan menggerakkan alam bawah sadar.

Kalau kamu ngendas dan males mimpi buruk, hindari faktor berikut ini biar tidurmu lebih nyenyak dan asooy gebooy!

Kurang Tidur

Bagi kamu yang hard worker, turu adalah sebuah kenikmatan mahal. Tidur malam sesudah ngelembur tugas kerjoan sing bejibun memang maknyos. Kamu tidur sampai beberapa jam. Paginya wis masuk maneh. Ngunu terus sampek Indonesia juara Piala Dunia.

Nah, perubahan jadwal tidur ini menyebabkan insomnia dan meningkatkan risiko munculnya mimpi nggak enak. Ini karena kondisi tubuh yang kelelahan, ditambah pikiran seng akeh. Hmm ancene..

Trauma

Pengalaman buruk seperti dikejar anjing atau melihat penampakan, bisa memicu trauma. Bukan hanya trauma seperti kecelakaan, cedera, atau pelecehan seksual. Mimpi buruk juga seringkali muncul pada penderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Jadi, sebelum tidur, usahakan jernihkan dulu pikiran dari hal-hal negatif. Basuh muka, cuci kaki, sikat gigi, col..

Anxiety

Ngendas karena problema kehidupan, cicilan utang yang nggak kebayar, sampai risiko mau diputus pacar sebab belum juga sukses dan yang lainnya. Hmm. Faktor tersebut memicu gejala stres dan cemas berlebihan sampek koyok wong linglung.

Hal nggateli ini karena sering dipikirkan sampek akhirnya terbawa mimpi. Harusnya yo nggak usah dipikir. Cari solusi ae. Curhat ke temen atau ahlinya.

Konsumsi Hal Serem

Mimpi buruk juga bisa muncul karena adanya sugesti yang disampaikan otak setelah pengalaman membaca buku atau menonton film seram, sehingga membawanya ke alam tidur.

Jangan sampek kamu membayangkan ada hantu di dalam kaca atau suara-suara aneh dari dalam kamar mandi padahal iku adekmu lagi nyanyi. Ancen se suarane nggak enak. Nggerebeki!

Konsumsi Alkohol atau Penggunaan Narkoba

Wong teler memang nggak isok berpikiran waras. Dunianya berputar-putar, ambyar. Matanya bisa melihat hal aneh, bisa tertawa sendiri, dan sedikit histeris. Pengaruh kimia telah membuat saraf pikiran sedikit putus dan menampilkan proyeksi menakutkan. Dan melihat setan atau penampakan mahluk astral. Jadi, nggak heran kalau mereka suka meracau sendiri.

Untuk arti mimpi lain, sebaiknya kamu membeli primbon atau bertanya orang pintar. Saya sih belum tertarik mencobanya. Tapi intinya, jangan lupa baca doa sebelum tidur. Ingat, Tuhan tidak pernah tidur dan selalu menjagamu!