Kamis (26/9) mungkin jadi hari terpanas sepanjang tahun ini. DNK.id, aliansi mahasiswa, rakyat, dan banyak elemen masyarakat ikut turun ke jalan, berkumpul dari Tugu Pahlawan menuju Gedung DPRD Jatim di Jl. Indrapura. Semuanya kompak memprotes RUU kontroversial yang dibikin DPR RI.

RUU memang sudah ditunda pembahasannya—tapi toh belum dibatalkan. Maka dari itu, aksi bertajuk #SurabayaMenggugat ini digelar habis-habisan. Ada kurang lebih 12 ribu massa yang memadati Gedung DPRD, tumplek blek menyuarakan suara.

Panasnya aksi kemarin bisa kamu lihat lagi di akun Twitter @DNK_id, yang kebetulan ikut dalam barisan, merangsek, menembus keriuhan, hingga bisa masuk dalam barikade dan merekam banyak momen mencekam.

Sementara awak redaksi yang lain, dengan menenteng kamera, memotret banyak hal unik nan menggigit, termasuk poster-poster aksi yang dibawa arek-arek dengan bangga. Bukan Suroboyo namanya kalau nggak blak-blakan, termasuk saat demonstrasi kemarin.

Nah, berikut kumpulan poster nyelekit nan menggigit yang berhasil dijepret Dilan, fotografer andalan kami, dan Mufa Rizal, punggawa redaksi yang kebetulan motret pakai Xiaomi Redmi-nya.

Kopi koyoke wes nggak mempan mbukak matane wong DPR. Ngunu ta lur?
Aduh sini, mba. Tak puk-puk~
(((Mbokep))). Njir!
Dikocok opone iki?
Kepanjangan ‘P’ itu udah bukan ‘Perwakilan’ lagi kayaknya.
Seng jenenge Pak Trisno iku endi se?
Lha emange onok seng dibucini, mz? Wkwk!
Yha aku paham perasaanmu, bos.