Kita semua tahu bahwa ada janji yang lebih buram dibanding janji manis para mantan dan pejabat yang lagi kampanye: Janji listrik nyala dari PLN dan air lancar dari PAM.

Hambok berapa kalipun ada yang namanya pemadaman bergilir, mawesti janjine murup maneh iku mbleset. Kalo masih siang sih lumayan, tapi kalau pas malam hari dengan berbagai tanggungan tugas yang butuh listrik (ngetik ta, ndelok film ta, nyetriko ta…) mati lampu itu mbencekno pol pek! Opo maneh hape durung dicas. Aduuuh!

Kayak kemarin ini pas Jakarta mati lampu, janjinya sebelum jam 12 malam aliran listrik akan kembali. Ternyata eh ternyata, ada yang sampai jam 2 pagi baru nyala, tapi aliran air masih ambyar.

Yang bikin tambah sambat, padamnya listrik di area Jawa Tengah dan Jawa Barat termasuk DKI Jakarta itu dibarengi dengan ngadatnya sinyal internet. Hadeeeh, udah sumuk, peteng, gak iso ngetwit pisan! Jembats!

Lhah drama kemarin itu ternyata ya nggak cuma selesai dalam semalam, Rek. Pagi ini tadi, listrik mati lagi, dan warga Twitter rame-rame bikin hestek #matilampulagi.

Dan sungguh warga Indonesia ini sejatinya memang luar bisa imajinatif dan kreatif. Buktinya, kurang dari 12 jam saja berbagai meme dan spekulasi-spekulasi bermunculan soal apa persisnya yang menyebabkan listrik padam.

Gilak, kata siapa orang Indonesia kurang nutrisi euy? Ini pinter-pinternya udah pada cocok dijadiin penasihatnya Elon Musk, sampe nggak heran deh kalo besok-besok ada segerombolan orang Indonesia yang masuk tim khusus penancap bendera Indonesia di Asgard.

Dalam Al-Quran juga ada firman yang berbunyi, “…sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang berakal.” (QS Al-Baqarah 164)

Makanya kita sudah harus waspada dengan apa yang terjadi di sekitar kita ini, Rek! Ayo gunakan akal kalian untuk menerjemahkan tanda-tanda!

Sekongkol Antara PLN dan Kemkominfo

Pasca Pemilu lalu, Kementerian Kominfo sempat memutuskan memblokir beberapa akses media sosial dalam rangka mencegah penyebaran hoaks. Waktu itu, netizen dibikin kesulitan update status apalagi posting selfie terbaru.

Mereka sambat dan menyalahkan keputusan Kominfo yang dinilai gegabah. “Saya nggak bagiin hoaks kok! Kemenangan calon saya itu fakta yang disembunyikan pihak lawan!” Ya kira-kira begitulah pembelaan para penyebar hoaks kala itu.

Kali ini, mungkin karena udah sumpek sama hobi ngehoaks yang nggak rampung-rampung, Kominfo diam-diam sepakat dengan PLN buat bikin listrik down, termasuk yang dipakai oleh para provider pemasok sinyal internet.

Alhasil, orang-orang yang baterai ponselnya kurang dari 50% plus gagal terus mencari sinyal internet, terpaksa berhemat dan mengalihkan perhatian ke hal-hal penting lainnya.

Pertempuran Antara Sea Monsters

Kalian udah pernah nonton film kaiju alias konco-koncone Godzilla kan? Tau apa aja yang terjadi ketika mereka bertarung kan?

Yep, tsunamigempa, disertai rusaknya fasilitas publik di dekat area pertempuran. Nah, itu persisnya yang terjadi dalam beberapa hari terakhir kan, Rek! Gempa yang terjadi di Banten dengan potensi tsunami (ya walaupun ternyata nggak jadi ada tsunami) yang disusul dengan matinya aliran listrik.

Ini pasti ulah bangsa-bangsa kaiju yang ingin merbeut kekuasaan atas dunia manusia! Tsunami kemarin mungkin sudah berhasil dicegah oleh Ultraman, tapi ya namanya alien baik kan ada aja kekurangannya ya to. Dan itu mungkin sebabnya kenapa masih ada “sisa-sisa kerusakan” berupa mati listrik.

Gundala Kehabisan Energi

Dalam rangka kembalinya Gundala, kita perlu mempertimbangkan bahwa anak angkat pemilik kerajaan petir tersebut mungkin bisa kelelahan, kelaparan, atau kehausan. Dua yang terakhir kayaknya nggak mungkin sih, soalnya Indonesia kan banyak badhogan. Tongkat ditanam aja bisa jadi kolam susu.

Yang palng mungkin terjadi ya si Gundala ini kekurangan daya. Mungkin dialah yang menyelamatkan kita dari bahaya tsunami efek nggeblaknya kaiju di Laut Selatan. Gundala mungkin kayak Ultraman yang kalau kecapekan kudu ngisi batre biar nggak bunyi tuling-tuling-tuling…

Masalahnya, Indonesia lagi nggak musim hujan, mamen. Onoe langit bolong long kering kerontang. Demi alasan keselamatan, Gundala terpaksa ngambil jatah listrik setengah pulau Jawa yang emang paling benderang kalau dilihat dari citra satelit, beda jawuh wuh wuh dari pulau-pulau lain di Indonesia.

Aktivis Lingkungan Memberikan Efek Jera

Gara-gara tiap diajakin Earth Hour nggak mau nurut, aktivis-aktivis lingkungan mungkin akhirnya kemangkelen, apalagi grafik polusi udara di Jakarta udah jadi yang terburuk. Akhirnya, mereka mencoba memberikan efek jera pada masyarakat dengan cara memadamkan listrik.

Daripada ngasih tau lewat omongan yang masuk kuping kiri lewat kuping kanan melulu, mending suruh aja mereka ngerasain langsung apa dampaknya ketika mesin-mesin penyebab global warming berhenti bekerja.

Dan betul saja, setelah nggak pakai listrik selama hampir 12 jam, kondisi udara Jakarta membaik dong. Orang-orang yang akhirnya bisa update status juga malah pamer refleksi diri setelah semalaman hidup tanpa listrik. Ya milky way yang tipis-tipis terlihat, ya hubungan dengan keluarga yang membaik, ya kenalan sama tetangga sebelah yang aduhai…

Ternyata gitu ya rasanya jadi orang kampung kalau-kalau nanti ibu kota negara jadi pindah. Wkwk

Si Komo Melakukan Epic Come Back

Masih ingat lagu anak-anak tentang Si Komo kan? Iya, monster komodo yang suka bikin macet kalau dia lewat nggak pakai kulo nuwun itu.

Setelah sekian dekade, dia mungkin bosen kehilangan exposure, dan akhirnya memutuskan untuk kembali. Kali ini, dia nggak cuma bikin macet, tapi ya bikin mati listrik sekalian. Lha wong nanggung kok. Macet doang mah udah biasa di jalanan Jakarta kan. Nggak cetar gitu efeknya.

Akhirnya ya gitu deh, dia berimprovisasi ngebikin listrik padam belasan jam biar penduduk Jawa paham rasanya jadi orang Kalimantan, orang Maluku, orang Papua… Keadilan untuk semua, gitchu.

Zombie Apocalypse

Nek iki wes tiada lain dan tiada bukan, Rek. Mungkin sudah tiba masanya era Walking Dead terjadi di dunia nyata. Lha sebelum ada mereka aja orang Indonesia udah kenal yang namanya Pocong! Iku lak mayat bangkit dari kubur versi real se cuk!

Bedone, nek iki mungkin poconge wes tambah pinter, wes ngerti carane menakut-nakuti manusia iku gak atek cara konservatif maneh, tapi yo iku maeng, pedoten ae akses internete. Soalnya manusia modern sekarang napasnya bukan pake oksigen, tapi pake sinyal wifi.

Kalau betul Pocong Apocalypse ini yang sedang melanda kita, ndang cepakno peralatan perangmu cuk! Fight the dead, fear the living!