575 Anggota DPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik di Kompleks MPR/DPR Senayan hari ini (1/10). Agung Hatta Ali, Ketua MA, ikut ambil peran dalam pelantikan ini—ditemani para tokoh agama dengan kitab sucinya masing-masing.

Suasana hening terjadi sebelum Hatta membimbing anggota DPR mengucap sumpah.

“Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing,” ujar Hatta.

“Bersedia,” jawab mereka kompak—sekompak saat para fraksi menyetujui RUU KPK, RUU RKUHP, dan RUU kontroversial lain.

Sumpah selanjutnya dibacakan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, dst., dst.,”

Ya, pokok, poin, dan isinya nggak jauh beda kayak sumpah pelantikan DPR RI periode 2014-2019 lalu. Keheningan dan kesediaan mengikuti sumpahnya pun hampir mirip. Harusnya sih ini momen buat optimis, tapi berkaca dari pengalaman—sesuai peribahasa di buku tulis Sidu, “Experience Is The Best Teacher”—kita kayaknya nggak perlu terlalu berharap.

Ya emang mau gimana lagi. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencatat, sekitar 56 persen dari 575 anggota dewan terpilih periode 2019-2024 adalah petahana. Mbok! Artinya, anggota dewan periode 2014-2019 yang mbikin awakdewe demo berhari-hari lalu masih mendominasi kursi parlemen.

Mereka pun tetap akan bekerja buat menyelesaikan RUU warisan anggota dewan sebelumnya. Jangan lupa sob, masih ada RKUHP, RUU PKS, dan RUU Minerba kontroversial yang perlu diberesin. Kayaknya nih kalau DPR periode ini nggak beres-beres juga, lagu Iwan Fals soal turun-ke-jalan-robohkan-setan-yang-berdiri-menantang bakalan mewujud lagi.

Oiya, Iwan kan juga pernah mbikin lagu yang bilang DPR kayak paduan suara atau anak TK gitu ya.  Jadi klop deh pemicu kita demo, ada soundtrack yang bisa jadi alasan.

Hadirnya beberapa nama pesohor yang di periode ini jadi anggota DPR juga nggak bikin rakyat terhibur. Tambah pesimis seng iyo. Mulai dari Krisdayanti, Mulan Jameela, sampai Rano Karno. Hoam..

Krisdayanti lak penyanyi lawas seng mbiyen bojone Anang iku seh? Mulan bukane penyanyi dangdut seng tau nyanyi tentang makhluk Tuhan paling seksi—yang cringe itu? Sementara Rano Karno lak koncone Mandra narik oplet?

Apapun itu pandangan dan persepsimu tentang para pesohor tadi di dunia hiburan, segera buang jauh-jauh karena toh, mereka udah jadi wakil kita, wakil rakyat di DPR. Bah masio lagumu nggak enak lho bodo amat, penting kerjomu saiki bener. Ngewakili arek-arek, berpihak nang arek-arek, nggak malah isoke mek dipaido arek-arek.

Ini juga berlaku buat anggota DPR lainnya. Mboh yaopo dapuranmu, awakdewe nggak peduli. Intine mek siji: isok nggak kebijakanmu nggawe awakdewe sejahtera. Lek nggak isok, ojok salahno awakdewe lek akhire mati rasa dan nggak respect maneh.

DPR periode 2019-2024, monggo buktikan kinerjamu. Bukan Hakim MK yang melantikmu, bukan pula kitab suci, tapi—ehem—rakyat!