Tabir gelap soal misteri penyerangan air keras Novel Baswedan, penyidik KPK tampaknya mulai menemukan titik terang. IndonesiaLeaks yang berkolaborasi dengan media-media terhormat seperti Tirto dan Tempo, akhirnya menampilkan liputan in-depth get-getan—disertai video—yang rasanya kayak wow banget.

IndonesianLeaks menyorot soal Buku Merah. Ini bukan bukunya Mao Zedong, bukan juga buku tabungan SD yang merah mangkak. Tapi ini disinyalir adalah bukti yang sengaja dihilangkan pihak Tim Pencari Fakta Gabungan (TPGF) yang menangani kasus penyiraman air keras Novel.

Yang jelas, keberanian IndonesiaLeaks patut diacungi jempol. Rakyat yang sudah lama dibikin bingung dengan kasusnya Bung Novel kayak langsung tercerahkan gitu.

Woho, ada apa nih, oalah dadakno ngunu ta hmm.

Skenarionya mungkin kamu sudah paham ya. Kok bisa, kenapa oknum polisi sampai tega merusak buku merah itu? Ada apakah gerangan?

Diduga, nama Jenderal Tito Karnavian Kapolri masuk dalam buku merah yang berisi nama-nama penerima uang kasus korupsi. IndonesiaLeaks yang bergerak kesana-kemari nggak ero wedi sudah berusaha mengonfirmasi ke Pak Tito sendiri, cuman belum ada jawaban telak.

Tapi toh ada juga temuan CCTV di Ruang Kolaborasi Gedung KPK, yang memperlihatkan beberapa oknum polisi merusak buku merah itu. Bukti buku merah pun kececeran, hilang, lenyap, disobek, sampai ditipe-x.

Polisi yang merusak itu kena sanksi sih, dengan dipecat jadi penyidik dan mbalik dinas polisi lagi. Tapi mereka langsung dapat promosi cuy! Ada yang sampek jadi Kapolres segala (di videonya, ada wawancara dengan Si Kapolres yang kayak jutek banget gitu haduh ngeri).

Satu hal yang pasti, tabir pertama buku merah sudah terbuka. Beranikah kita membuka lagi halaman-halaman buku merah selanjutnya? Kasus besar ini jelas nggak hanya tugas IndonesiaLeaks. Kita perlu mendukung penuh penuntasan kasus ini.

Biar hukum tegak, biar Novel mendapat keadilan, biar koruptor yang nyamar jadi penguasa bisa lekas ketahuan! Ingat, serapat-rapatnya kalian menyimpan bangkai, pasti akan tercium busuknya!