Kalian semua pasti pernah ngerasain punya mantan nggatheli kan? Itu lho, model mantan yang ngecemes ngetek nggoleki ngga mari-mari pas dia tau kalo kita lagi deket sama orang lain.

Padahal kemarin-kemarin pas kita masih ngarep dan berusaha buat bisa balikan, dianya sok jual mahal. Emoh-emoh kayak udah ngga bakal mau ama kita lagi.

Dari segala macam lanangan yang mangkelno, yang kayak gini jelas paling ngguapleki. Kok ya kayak nggak rela liat kita (pura-pura) bahagia. Usaha move on yang dirancang sedemikian rupa selama ini, setelah sakit hati abis dilepeh dan dibuang sama dia, langsung runtuh dalam hitungan detik ketika dia mendadak nge-chat “Hai, lagi apa? Aku kangen.”

Kalo sampai itu terjadi, WASPADALAH! Jangan sampai terjebak. Jangan langsung terbuai dengan kata kangen yang disampaikan. Itu semua jebakan. Lebih baik tarik napas dalam-dalam dan hapus chat itu. GAK USAH DIBUKA!

Kalo sampai dibuka, pasti godaan untuk membalas chat tersebut jauh lebih ganas. Besar kemungkinan akan terjadi pemberontakan oleh jempol dan hati yang tidak menggubris perintah otak untuk bersikap bodo amat.

Ketika makar yang dilakukan jempol dan hati beneran terlaksana, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, dia ngilang lagi. Itu tandanya dia ngirim chat cuma buat cek ombak. Pengen tau kamu masih peduli apa nggak. Kalo kamu cuekin, mungkin dia bakal makin militan dan nyariin. Tapi karena kamu bales, jadi ya udah. Mission accomplished.

Nah, yang bahaya justru kemungkinan kedua. Ketika dia membalas chat kamu dengan mengajukan pertanyaan andalan, “Mama sehat?”

Layaknya pertandingan badminton, belum sempat membangun pertahanan agar usaha move on tidak goyah, menyusul smash tajam berupa pernyataan paling template tapi juga paling mashook. “Mamaku nyariin kamu nih.”

Daaaan poin! Runtuh sudah semua tembok pertahanan, sodara-sodara! Atlet kita gagal menangkis balik serangan dan sukses terjerembab dalam harapan fana mas mantan. Pertandingan tarik-ulur harapan tersebut akhirnya dimenangkan mas mantan dengan mudah tanpa adanya perlawanan sedikitpun.

Atas kemenangan itu, mas mantan tentu akan menagih hadiahnya berupa Jaman: Jatah Mantan. Waktu dan tempat dipersilakan bagi kedua belah pihak untuk menentukan yang sekiranya paling sesuai.

Terus abis dapet jatah, mantan gimana? Ya jelas nggak balikan lah. Abis dapet jatah ya BHAY. Emangnya mas mantan peduli kalo kamu jadi kintilan dan ngejer-ngejer dia lagi? Ya peduli sih, soalnya dia jadi risih dan bakal nyari cara buat ngehindari kamu. Ntar aja nanggepinnya kalo lagi pengen.

Makanya, kalo ada mantan nyariin itu cuekin aja. Kecuali kamu sudah beneran move on dan dia ngajak makan di tempat yang mahal dan enak. Kalo kaya gitu sih gak masalah buat mengiyakan ajakannya. Tapi pas dateng jangan lupa pake kaos bertulisankan I’m here for the food.

Jadi kalo sampe dia minta jatah mantan, kamu tinggal tunjuk kaos sambil mlengos.