Pergantian tahun dari 2018 menuju 2019 tidak hanya sekedar berganti angka saja. Uakeh perkembangan teknologi yang bisa dibilang, ‘lompatan menuju masa depan yang lebih cepat’. Salah satunya: teknologi 5G.

Sejumlah perusahaan provider dan teknologi sampai saat ini masih terus melakukan pengembangan. Tujuannya: biar bisa menerapkan jaringan yang diprediksi punya kecepatan 10 kali lipat dari 4G ini.

Jadi saat 5G sudah siap dan beredar luas, penggunaannya tidak hanya bisa memakainya di smartphone saja, tapi juga pada benda elektronik lainnya. Potensi 5G yang sangat wow—bisa  mencapai kecepatan 10 GB per detik ini—mendukung banyak teknologi baru yang bisa  jadi akan sangat memudahkanmu.

Jadi buat kamu yang masih dikit-dikit rewel dikit-dikit sambat dikit-dikit mbribik, selow aja. 5G kemungkinan besar adalah solusinya.

Mobil Terbang

Sek onok seng ngerti film Back to the Future II? Nah, mobil mabur dengan teknologi terkini 5G yang mirip kayak di film itu, kabarnya sih sudah siap rilis tahun ini.

Dilansir Syracuse, Uber bahkan sudah mempersiapkan taksi terbang Nexus, dengan kemampuan lepas landas vertikal dan listrik pendaratan hybrid-electric. Mobil canggih ini punya kapasitas hingga lima orang dan menggunakan enam baling-baling.

Mantap, gan. Kalau ente-ente sudah lesu darah saat lewat Mayjend Sungkono atau Ahmad Yani yang macetnya kayak nggatel di jam-jam pulang kerja, tinggal order saja taksi terbang super canggih ini.

Mobil Berjalan

Kalau kamu wedi mabur pakai mobil terbang, gimana kalau naik mobil berjalan? Bener cuk, iki mobil mlaku. Sek, sek. Jancok, mlaku yaopo seh? Bukannya semua mobil memang jalan ya kalau di-gas?

Ndilalah asu, mobil in ancen nduwe sikil, cok. Mlaku secara harfiah.

Dilansir dari CNET, Hyundai—produsen otomotif kenamaan—sudah memamerkan mobil Elevate Walk yang berkaki ini. Mobil ini dirancang khusus, menawarkan lebih banyak mobilitas dan beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan.

Meski hanya punya kaki tanpa roda, Elevate Walk Car ini bisa melaju hingga 100km/jam. Tak hanya mampu berjalan, ia juga dapat memanjat dinding , melompat dengan jarak empat meter dan melakukan berbagai manuver yang tak bisa dilakukan mobil beroda.

Mantap, nih. Perjalanan dari Manukan ke Perak nantinya mek tinggal mlangkah tok.

Toilet Ngomong

Apa yang bikin kau malas nyiram toilet pas abis ambrol? Ya, benar! Menekan tombol flush buat nyiramnya itu lho cuk, kudu mutar-muter badan—dan ini yang membuatmu mau nggak mau mencium dan merasakan atau bahkan melihat telekmu dewe.

But thanks computer! Sekarang nggak perlu muter-muter badan untuk memencet tombol flush. Tinggal ngomong aja bray! Kohler—entah perusahaan teknologi yang bagaimana itu—baru-baru ini memamerkan produk bernama Numi 2.0 dengan fasilitas Intelligent Toilet.

Si Numi ini bisa berbicara dengan si pengising, memutar musik,  membacakan berita, memanaskan kursi, menyiram, bahkan menaikkan atau menurunkan tutupnya toilet. Kamu hanya tinggal mbengok, atau merintah pakai aplikasi yang ada di smartphone.

Ide nama aplikasinya: shit machine controller.

Smart Fishing

Kamu senang pergi memancing tapi tidak tahu lokasi mana saja yang terdapat banyak ikan besar? Alat ini akan membantumu menemukan ikan sesuai dengan bobot yang kamu inginkan.

Cyberfishing Smart Rod Sensor, lewat jaringan hotspotnya, mampu membantumu menetukan lokasi yang mujur. Mancing wes ora perlu muter-muter nggak genah, tinggal golek peyek buat umpan tok lur!

Sikat Gigi Pintar

Ingin menyikat gigi lebih cepat? Produk yang akan segera hadir bernama Y-Brush ini, mengklaim bisa membersihkan gigi hanya dalam 10 detik—sama halnya dengan menyikat gigi standar selama dua menit.

Dikembangkan perusahaan Fasteesh di Perancis, pada dasarnya terdiri Y-Brush terdiri dari penampan yang sesuai dengan bentuk mulut yang (tentu saja), harus diisi dengan pasta gigi lebih dulu.

Sikat gigi ini punya fitur sistem sikat yang mampu bergetar secara dinamis di dalam mulut, sehingga bisa membersihkan lebih maksimal. Jadi tak perlu gerakkan tanganmu, cukup letakkan di permukaan gigi dan ia akan mengosrek semua bagian mulutmu itu.

Psst.. jangan dipakai buat aneh-aneh lho. Ehem.. 

Self-Cleaning Litter Box

Alat ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi memelihara kucing di rumah, namun malas membersihkan kototran di bak pasirnya. Kemproh jancok!

Lebih baik, pakai bak kotoran kucing pintar yang akan segera dirilis PurrSong ini. Secara otomatis, bak ini akan membersihkan dirinya sendiri dan mengisi ulang pasir poop kucing.

Untuk satu kucing, Kamu hanya perlu mengosongkannya atau mengisinya sendiri setiap 2-3 minggu sekali. Widih, pas buanget lah untuk pencinta kucing.

Sebagai penutup, saya jamin benda-benda di atas bukan fantasi liar. Benar-benar real dan memang tahun ini sudah dipamerkan dalam pameran teknologi di Texas sana. Namun tampaknya, kita warga Indonesia harus lebiha sabar. Sabar banget malah.

Wong jaringan 4G ae jek kembang-kempis dan belum merata, mau gopoh-gopoh 5G. Tunggu sajalah, ya kira-kira sampai tahun 2024. Atau 2030? Hmm, yaweslah santai saja pokoknya. See you in the future!