DNK Editor’s Pick Artikel
#Surabaya #pengamen #Bungurasih #belanja #noshoppingchallenge #sale #Yowes Ben #Bayu Skak #Dolly #Gang Dolly Surabaya #Sidoarjo #Shopping #onlineshop #ekonomidigital #BayuSkak #YowisBen #FilmYowisBen #Malang #Film #Avengers #WiroSableng #BomSurabaya #SuroboyoWani #TerorisSurabaya #PilgubJatim #GusIpul #PakdeKarwo #Khofifah #EmilDardak #MinumanOplosan #RoyalWedding #RondoRoyal #Sepanjang #BomSurabaya #Surabaya #KampusRadikal #Teroris #Terorisme # #DNKSinema #Lamongan #Asmara #Assly #Badboy #CowokBadboy #BumiManusia #Pram #Dilan #Minke #Ramadhan #KartuLebaran #PilgubJatim #Jatim #JawaTimur #MbakPuti #JalanSunda #PramoedyaAnantaToer #Annelies #AyatayatCinta #Shin #BarberShop #KembangJepun #HUTSurabaya #Buduran #Kemacetan #Asshly #X60Jaran #MusikSurabaya #PialaDunia #SepakBola #PrediksiPialaDunia #pilkada #Nyangkruk #TandakBedhes #ViaVallen #MarkoSimic #VyanisTy #D #Miras #MinumanKeras #Alkohol #WayangPotehi #Film #JurassicWorld #Asmara #Musik #Dandelion #WidjiThukul #Bacalah #ResensiBuku #BambangNurdiansyah #Pelukis #PialaDunia2018 #Santet #KamisKlenik #Lebaran #IdulFitri2018 #Idulfitri #Gresik #Costwolds #Persebaya #Argentina #AngelVera #satebabi #kuliner #kulinersurabaya #EduardoGaleano #Weton #Zodiak #JudiBola #KulariKePantai #Beskop #MotoGP #JorgeLorenzo #MarcMarquez #Balapan #Liverpool #ValentinoRossi #LionelMessi #KamisSinema #Hereditary #AntMan #TikTok #SitiBadriah #Uruguay #LDR #Relationship #Pino #StreetArt #BidikMisi #Mahasiswa #Rossi #Belgia #Prancis #ngopi #kopi #Papua #Diskusi #PembubaranDiskusi #Arapaima #Brantas #BodyguardUgalugalan #Syahrini #CristianoRonaldo #Klenik #Kesurupan #Inggris #DaniPedrosa #BunuhDiri #Twitter #Pelet #Dukun #MovieMarathon #ArioBayu #22Menit #BuffaloBoys #LaluZohri #musikindie #Perempuan #Pilpres #Jokowi #Prabowo #Parkir #TukangParkir #Jambret #HananAttaki #Ustadz #PakWi #Perpustakaan #Buku #MedokanAyu #Hantu #Ampel #IslamNusantara #Politik #GusDUr #SamierInferno #Inferno178 #MissionImpossible #Pacaran #Novel #ManchesterUnited #PaulPogba #Artis #Pileg #RXKing #ArekMotor #Motor #Karma #RoyKiyoshi #ArthurIrawan #HantuSurabaya #TrioHantu #Medaeng #Rutan #SiDoel #FolkMusicFestival #EKTP #ReviewGadget #Xiaomi #FolkMusicFestival #FMF #Ganja #Receh #Gigolo #MarufAmin #Pilpres2019 #JenderalKardus #TimnasU16 #SebelumIblisMenjemput #LunaMaya #CutTari #JalanPatua #MahfudMD #JokiUnas #SBMPTN #SNMPTN #Pendidikan #LigaInggris #MoSalah #PialaAFF #Ubaya #Kampus #Dosen #Liberalisme #NU #Nahdliyin #BintangKejora #TheDarkestMinds #InstalasiBambu #AniesBaswedan #Cadar #Radikalisme #Probolinggo #CB #HondaCB #MirasOplosan #Unesa #Ketintang #Toa #Meiliana #PelecehanSeksual #UUITE #Woodplane #BuRisma #PilwaliSurabaya #Ponsel #Gadget #Narkoba #Mile22 #IkoUwais #MarkWahlberg #SmasaSurabaya #2019GantiPresiden #JoseMourinho #Soundrenaline #AsianGames #KorupsiMalang #KPop #Dytanuruliza #Dollar #Rupiah #Ekonomi #Islam #SmadaSurabaya #Indonesiaraya #merahputih #tionghoa #budaya #tionghoasurabaya #GedungSetan #GedungSetanSurabaya #SejarahSurabaya #PorosCiganjur #Ciganjur #Hecht #DekMus #Trenggalek #bonek #PSTira #Ahok #JombloNusantara #Jomblo #AhokNikah #ligaindonesia #SmalaSurabaya #DPRDMalang #Korupsi #KPK #Madura #Suramadu #DragRace #DragRaceSurabaya #THR #Pariwisata #Walikotarisma #PemkotSby #Djanur #balbalan #BrainDamage #SandiagaUno #Bussuroboyo #Jomblocarijodoh #CrazyRichAsian #CrazyRichSurabayan #Wine #Oplosan #Anindya #Aktivisperempuan #LBH #demonstran #Polri #IramaBudaya #Ludruk #pijatplus #Pitradbumamik #Prostitusiterselubung #ndramus #Korea #Makeup #Tilang #Delivery #Bebascalo #Pengadilan #Polisilalulintas #Dangdut #Pantura #Emo #Buruh #Kapital #Kapitalisme #AADC #DIANSASTRO #NICOSAPUTRA #ARUNADANLIDAHNYA #Metal #Brotherground #Persija #Persib #Haringga #PKI #1965 #SRukiah #Sastra #G30S #Lekra #kantoran #bosnyebelin #Apaurusananda #kerja #Suporter #Hooligan #LigaPrimer #WestHam #Bonekmania #AremaFC #Aremania #Jamaahmaiyah #CakNun #Silampukau #Chelsea #SodiqMonata #MonataMania #Dangdutkoplo #BintangPantura #OMSera #AnakKos #PrayforPalu #GempadanTsunami #Basarnas #WargaSurabaya #OrangHilang #Palu #Donggala #GempaBumi #GempaPalu #Bukanazab #TuhanMahaPengasih #AzabNgawur #SutradaraNgalay #Sinetronreceh #Mbujukan #Azabkubur #Tobat #SutradaraAlay #BeritaHoax #RatnaSarumpaet #OperasiPlastik #PenganiayaanPalsu #CintaKampus #DuniaMahasiswa #Jombloakut #CariGebetan #Hoax #BigBadWolf #KaconkMania #LAMania #KampusSurabaya #OrkesMelayu #BiduanCantik #SheilaOn7 #Literasi #Bobotoh #PSSI #PTLIB #HoaxGempa #EmakEmakRempong #GossipLambeTurah #BroadcastMedsos #MMA #KhabibNurmagomedov #IslamNotTerorris #MuhammadAli #JualBeliBayi #HoaxInfoGempa #InstagramMedsos #PolrestabesSurabaya #BukuSurabaya #SavePedestria #BalihoCaleg #MilihSiapa #Pileg2019 #PocophoneF1 #RhomaIrama #SynchronizeFest #Swinger #RengMedureh #PoldaJatim #GakMashokPakEko #BiduanImut #SNC #JyloManise #Dirareru #Mural #MuralSurabaya #PersebayaDay #BorneoFC #Liga1 #FirstMan #BBM #KenaikanBBM #Arema #NasidaRia #SupermanIsDad #SupermanIsDead #KitaPersebaya #BajulIjo #GreenForce #BTS #KhoirulHuda #Obituari #Persela #EkonomiIslam #Sosialisme #DjadjangNurdjaman #LaguAnak #DatoSriTahir #GedungDPR #Penembakan #TOEFL #TabloidBola #Risma #TriRismaharini #DavidDaSilva #cerita dewasa #bokep #RobertinoPugliara #Tapol #PulauBuru #sundaymarket #fashion #ChristabelAnnora #barasuara #penunggang badai #taifun #hari santri #kyai NU #taaruf #taaruf online #islam #Halal #Haram #HariSantri #Santri #MaduraUnited #ahmad dhani #pilpres 2019 #dewa 19 #gp anshor #hti #nu #jombang #BakarBendera #HTI #Banser #GPAnsor #iPhone #Handphone #iPhoneBekas #cpns 2018 #pns #seks #cak nun #maiyah #padhangmbulan #bangbangwetan #OsvaldoHaay #NellaKharisma #Banaspati #DNKHalloween #CeritaHantu #YennyWahid #banser #lion air #netizen #jt610 #Persipura #indigo #halloween #PDKT #SPBU #museum santet #horror #Pocong #Misteri #MahasiswaSurabaya #slank #magnumotion #slankers #bimbim #onani #kiai kanjeng #Minimarket #Indomaret #Alfamart #BhomeianRhapsody #Queen #PialaAFF2018 #BimaSakti #Timnas #UmarHaen #hujan #bmkg #indomie #mantan #musik #buku #rokok #kretek #televisi #sinetron #Dangdu #BohemanRhapsody #HabibRizieqShihab #FrontPembelaIslam #FPI #BenderaTauhid #hohohihe #Cuaca #CuacaSurabaya #hari pahlawan #CerbungLastri #surabaya membara #insiden viaduk jl. pahlawan #HariPahlawan #SurabayaMembara #Cebong #Kampret #HanumDanRangga #ayah #hari ayah #fathers day #JRX #Jerinx #taufik monyong #StanLee #Marvel #punk #phone sex #chat sex #Gosip #Ngerumpi #wali #religi #MbakLastri #MisteriMbakLastri #KisahMisteri #pasar gembong #supreme #dickies #efek rumah kaca #desember #hujan jangan marah #PHP #banjir #tri rismaharini #dosen cabul #Agama #212 #vicky prasetyo #angel lelga #trending #expo #esek esek #MallSurabaya #mbah bungkul #walisongo #LaskarJokoTingkir #sampah #lingkungan #Pisuhan #EdyRahmayadi #seringai #seperti api #Muhammadiyah #AmienRais #PAN #ride #diiv #shoegaze #bali #BhayangkaraFC #spongebob squarepants #stephen hillenburg #nickelodeon #remotivi #tirto.id #mawa kresna #SpongeBob #Polisi #fraud #hijrah #museum #wr supratman #pohon tabebuya #jepang #hiv #homoseksual #aids #KartuNikah #Pesawat #Traveling #legen #tuak #difabel #forrest gump #cukrik #arak #Smartwatch #captain marvel #brie larson #fangirl #oppa #pasar senter #pasar maling #TitaOnTheRoad #DriverCewek #NH Dini #natal #ralph breaks the internet #disney #masjid rahmat #sunan ampel #militer #orde baru #sawunggaling #camer #hari anti korupsi #amp #separatisme #munir #di udara #bin #muchdi pr #LBH Surabaya #HAM #LGBT #Waduk Sepat #dwpx #dwp #ismaya #playboy #blackpink #shopee #Reuni212
Komik Liputan Video

Tita On The Road: Menelusuri Jejak Kakek Moyang Ibu Bule di Madura (1)

Bagikan

(Sepenggal cerita yang terlambat aku ceritakan)

Sebagai satu-satunya driver wanita pada sefruit perusahaan rental yang (ndak) begitu termashoor di Semarang, rupanya kepopyuleran rupa saya ini telah terendhus oleh seorang berbentuk mas-mas yang berprofesi sebagai pemandu wisata di pulau Lombok.

Kok bisa?

Begini ceritanya...

Suatu hari telpon saya mendadak berisik yang mana biasanya telpon saya ini cuma dibrisikin oleh SMS-SMS maha tak penting semacam “Anda gampang lelah, letih, lesu, loyo? Kami punya solusinya! Panggil tukang pijat dan minta ia memijat Anda! Jenius bukan?”

Qamu tau wedhus? *Cuma nanya. Gosah dijawab.

Lanjut.

Telepon gemrisik yang tadinya saya lihatin belaka karena hanya menampilkan sederetan nomor yang tida ada cakep-cakepnya blas itu, akhirnya saya jawab jua. Tentu sajha dengan suara yang saya setel semerdu mungkin.

Siapa tahu si penelpon adalah cem-ceman saya yang diem-diem ganti nomor kan ya.

Iya.

"Dengan mbak Tita ini ya? Oh bener. Saya Jupri, mbak. Tour guide dari Lombok. Saya tau mbak Tita dari FB kawan saya. Gini mbak, saya ada tamu wanita dari Belanda yang ingin pergi ke Madura. Tapi nanti jemput dia di bandara Juanda, Sidoarjo. Mbak Tita bisa antar ngga?"

Sekejap saya terplenggong. Mbatin. Iya saya ini tempe tapi saya tahu kalo bandara Juanda itu di Sidoarjo, mas. Hanya karena dekat dengan Surabaya, maka rangorang suka sesukanya bilang kalo Juanda itu di Surabaya. Gmz aqutu.

Eh wait... ini tadi beneran masnya bilang ada tamu dari Lombok mau ke Madura dan meminta saya yang tinggal di Jawa bagian tengah-pinggirnya dikit, untuk menjemputnya di bandara Juanda lalu mengantarnya ke Madura?

MADURA!

Sefruit pulau yang menjejakkan kaki di pinggirannya saja, saya beloman pernah. Tapi, saya tak hendak menggugurkan imej driver cewe keren yang selama ini telah melekat erat di diri saya.

“Serius mas? Saya tinggal di Semarang lho. Akan mahal nanti biaya operasionalnya...”

"Serius, Mbak. Berapa aja akan dibayarnya kok. Jangan cemas. Tamunya sendiri yang minta sopirnya wanita dan saya nggak nemu di Surabaya. Kauwlah satu-satunya, mbak... Mengertila..."

Haesssssss

“Ohh gitu... Bentar saya hitungkan ya mas...”

Perbincangan berakhir setelah mas Jupri mengucap kalimat penutup, "Ya mbak. Saya tunggu..."

Lalu saya dengan cekatan menghitung binal (biaya operasional) selama 3 hari 2 malam sesuai permintaan tamu. Entah ya jika ada sesuatu yang berbau-bau duit gitu kok sayanya moro-moro jadi rajin, cerdas, dan sigap dalam bertindak.

Pantaslah jika saya ini banyak dikagumi... oleh diri saya sendiri.

Well... dari hasil quick count tadi, terbit nominal binal sekian njuta dan saya sunggu tercengang, sauwdaraqu. Kek pas pertama kali ketemu qamu dan mendapati kenyataan bahwa kegantenganmu ndak sama kayak di foto profil FB-mu. Ekspektasi indah yang qu bangun sendiri selama ini, runtuh sudah. Qamu jahap, Rudolpo...

~Wuuuu makanetalaah, Niing... ojok gampang percoyo koen karo foto. Percoyo iku marang Gusti Alloh.

Oke. Dilanjut ga nih ceritanya?

Iya dong...

Bhaique.

Lalu saya nelpon balik Mas Jupri dong dan dengan santun qu berkata kepadanya, “Mas, tolong telpon saya yha...”

(Jauh di kedalaman hati, qu berkata: pulsa saya nipis soalnya...hehe)

Dann... setela saya nyepik Mas Jupri tentang binalnya, Mas Jupri and the guest setuju dengan hitungan binal saya. Ga pake nawar pulak! Wistimewah, Gan!

Mas Jupri Cuma minta diisikan pulsa Rp 50.000 sebagai ganti biaya nelpon saya. Qu mencoba untuk senantiasa gapapa ~

Selanjutnya...

Hari dan tanggal penjemputan dicetuskan melalui pesan Whatsapp. Suda terbayang di sudut pikir bahwa saya akan mengunjungi sebuah daerah yang beloman perna saya kunjungi. It’s gonna be so wow! I think.

"Nama tamunya Lisa Van Leeuwen ya, Mba."

Yha mz... kan qu ingat chelaloe di dalam qalbu.

Saya baru sadar kalo saya lupa membawa kertas bertuliskan nama tamu! Saya juga ga dapat kiriman gambar Lisa.

***

Hari 1

Berkendara seorang diri menempuh jarak 264 km (ngliat angkanya di Google map hehe) dari Semarang pada malam hari karena harus tiba esok pagi di Juanda, bukan hal yang spesial buat saya sebab yang spesial itu yang ada telurnya.

Jadi ya perjalanan ini biasa saja. Hawong jarak ke hatimu yang tak terjangkau jika diukur menggunakan skala kilometer saja dengan mudah saya arungi kok. Ya kan?

Iya.

Sekarep mbak. Bebas mbak bebassss.

Ketika matahari mulai menampakkan diri, saya singgah ke sebuah rumah makan yang cukup besar di kota Tuban. Bukan untuk (nggaya) makan di sana lalu makanannya saya foto dulu trus saya aplod di medsos disertai kepsyen yang menya-menye. Bukan.

Saya ke sana untuk beli air mineral sebotol kecil lalu numpang mandi. Hehe. Saya sudah bawa bekal berupa obat maag soalnya. Hehehe ngga gitu lebay juga seh...

Etapi saya beneran bawa bekal yang mempunyai masa berlaku lumayan panjang loh. Yaqni 2 hari.

Apa bekalnya?

It’s called Arem-Arem. Do you know what Arem-Arem is? No? Ah your play less far. Mainmu kurang jauh, sauwdaraqu. Nantilah kapan-kapan saya ceritakan bagian ini.

Lanjut.

Setelah mandi dan makan di dalam mobil di parkiran rumah makan yang cukup luas jika sekedar untuk menampung cinta kita, saya melanjutkan perjalanan.

Ga pake leyeh-leyeh dulu. Sama sekali tida, Rudolpo. Sebab leyeh-leyeh hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin leyeh-leyeh saja.

Sekitar pukul 9 pagi, saya tiba di bandara Juanda. Info estimasi waktu pesawat mendarat dari Mas Jupri kemarin adalah 45 menit lagi. Lumayan. Bisa mengeluk boyok sebentar sambil nggedabrus di FB. Byuhh...enake rekk...

Dan cling! 40 menit kemudian, saya sudah berada di ruang tunggu kedatangan. Ajaib bukan?

Baru saja saya hendak melangkahkan kaki menuju ke kounter es teh yang berada tak jauh dari ruang kedatangan krena air mineral habis dan tenggorokan saya semacam berteriak minta dibazahi, terdengar suara notifikasi yang tak begitu merdu dari mbak-mbak petugas bandara.

Ia memberitai bahwa pesawat dari Lombok sudah mendarat. Okefain. Saya duduk lagi.

Dan heyyy, saya baru sadar kalo saya lupa membawa kertas bertuliskan nama tamu! Saya juga ga dapat kiriman gambar Lisa.

Begitu juga sebaliknya, saya ga mengirimkan gambar wajah saya yang ayu menik-menik kemampleng ini ke Mas Jupri selaku makelar.

(((makelar)))

Tapi ya saya ga cemas. Ga bingung. Saya baru akan bingung kalo seharian gada notifikasi pesan dari kamu di layar hape saya, boy.

Well... pada keadaan begini, yang bisa saya lakukan hanya bolak balik merapal mantra: Sing penting yaqin! Sing penting yaqin! Pasti dimudahkan! Pasti ketemu!

Saya sengaja berdiri ketika menanti kedatangan Lisa. Sambil jelalatan memeriksa bule yang sliweran satu persatu.

Sampai pada suwatu menit ketika mata saya bersirobok dengan mata seorang perempuan berambut pirang. And somehow, kami sama-sama tersenyum. Lalu saya reflek membentuk bibir saya agar menjadi kalimat tanya: Lisa?

Ia berada di kisaran 500 m di depan saya sedang memeriksa bagasi dan kami dipisahkan oleh dinding kaca. Percuma juga jika saya bersuara. Dia ga akan mendengar.

Daann ketika melihat gerak bibir saya, dia mengangguk dan dia mengisyaratkan agar saya sabar menanti.

A miracle has just happened, sauwdaraqu.

Tak lama kemudian, ia berjalan menghampiri saya. Dari kejauhan, dia melempar senyum lebar kepada saya. Saya menangkapnya dengan baik lalu memberinya serangan balik berupa senyum yang tak kalah lebar.

Kami seperti sepasang kawan lama yang sudah pernah bertemu sebelumnya. Menyenangkan meski tida mengenyangkan.

So...we leave now, Lisa?

Yes. We go now.

Di dalam mobil,

"Saya diminta mamah dan nenek saya mencari jejak kakek moyang kami, Tita. Tempat tinggal kami dulu, beserta makam kakek & ayah. Pokokmen jejak masa lalu gitu rojer ganti."

“Maduranya di bagian manakah, Lisa?”

Sebab yang saya tau hanya Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Itupun hasil dari gugling.

"Nama kotanya Sumenep. Tapi mamah dan nenek lupa nama daerah tempat tinggalnya. Petunjuknya hanya satu: dekat pasar. Can you take me there?"

Seketika sayanya terjegagik. Petunjuk darinya hanya satu: dekat pasar. Pasar!

P.a.s.a.r.

Saya mringis tapi ya tep kudu terlihat optimis sembari berdoa Semoga di Sumenep hanya ada satu pasar.

Okesip mantap, gan.

I will do my best, neng Lisa. Don’t worry... Sini sayang dulu...”

Wq~

And The Petualangan starts here....

(Agar semata terkesan misterius, maka kisah selanjutnya akan saya kasihkan nanti, pada hari Senin).

Stechun ya sauwdaraqu senananina dan seuwuwuuww...

Bhayyy

*dadah-dadah