Berbeda dengan James Bond, cara menyusup ke kondangan random demi mendapat makan prasmanan gratis sepuasnya ini nggak ada keren-kerennya. Kalau ketahuan malah bisa memperburuk imejmu yang memang udah nggilani dari sononya.

Memang, hanya bermodal amplop kosong, nama palsu, dan muka sok kenal pada kedua mempelai, kamu sudah bisa menyelinap begitu mudah—untuk selanjutnya menghabiskan tiga piring nasi goreng, dua mangkok zuppa soup, dan berteguk-teguk es buah naga.

Tapi tentu, segalanya tak semudah itu, fuckin’ fergoso. Kamu tetap harus memperhatikan hal-hal berikut demi menunjang aksi hampir kriminal ini. Saya mewawancarai beberapa oknum yang doyan melakukan aksi ilegal ini, lantas memadunya dengan pengalaman saya sendiri.

Hasilnya adalah, trik, atau bahkan bisa dibilang super trik, untuk menyusup, menyelinap ke kondangan, dan bisa makan gretong, sepuas-puasnya, sewareg-waregnya. Trik ini bisa ditiru untuk kalian, para penghuni tetap kos-kosan yang kere, ataukah manusia nggak modal yang pengen makan rada proper tanpa perlu ribet di ongkos.

Pelajari Siapa yang Nikah

Poin ini amatlah penting. Kamu nggak mungkin datang tanpa preparation. Dengan mempelajari siapa yang bakal nikah, kamu bisa memprediksi siapa aja yang bakalan datang, harus memakai outfit apa, dan apa yang perlu dibawa. Kalau benar-benar nggak ngeh, lebih baik mampir warteg, mbadog di sana saja.

Terima Tamu Bisa Jadi Bumerang, Siapkan Plan B

Kadangkala para hadirin diharuskan membawa surat undangan. Kalau sudah begini, tak usah dipaksa. Batalkan saja. Makanlah Indomie dobel saja. Selalu siapkan plan B kalau-kalau terjadi hal di luar dugaan di gate terima tamu. Plan B di sini adalah biar kamu nggak malu saat ternyata gagal masuk ke kondangan. Bilang saja: “salah lokasi, nih, sorry.”

Jangan Sembarangan Ngamplop dan Ngasih Nama Palsu

Senada dengan poin pertama, kamu perlu memperhitungkan amplop dan nama palsu yang akan ditulis di daftar terima tamu. Kalau manten agak berkelas, kasih dia amplop yang rada mahal dan pakai nama yang kebarat-baratan. Bukan mental inlander, tapi, ya bagaimana lagi demi makan gratis. Dan ingat, kamu jangan pernah terlihat kebingungan saat ngisi daftar nama. Siapkan sedari dini.

Nggak Usah Sekali-kali Nongol di Hadapan Manten

Karena ini adalah penyusupan, anggap saja kamu nggak kenal dan nggak tahu dengan kedua mempelai. Jadi jangan ambil risiko dengan nongol di hadapan mereka. Hindari salaman, langsung saja merapat ke tungku tahu campur. Ingat, para pengantin selalu memperhatikan siapa saja yang datang. Kalau ada orang aneh kayak kamu nampak di mata mereka, siap-siap saja disuntek kuah rawon.

Don’t Be Stupid! Jangan Datang Bergerombol

Bagi anak kos, solidaritas adalah nomor wahid. Tapi lupakan filosofi ini kalau ingin makan gretongan di kondangan. Selain bisa menimbulkan kecurigaan, biasanya petingkah orang yang bergerombol cenderung freak dan lost control. Masuk sendiri-sendiri saja, nggak perlu terlihat saling kenal. Solidaritas bisa dibentu kembali setelah perut kenyang.

Rileks and Be Cool

Biasa saja meskipun kamu merasa berdosa. Jangan pernah pasang raut muka was-was atau gopoh karepe dewe. Ingat, di hadapanmu sekarang adalah makanan yang bukan hakmu. Kamu bisa saja salah tingkah kalau nggak biasa berbuat ilegal. Maka dari itu, kontrol dirimu. Nggak bakal ada yang tahu kalau kamu tetap be cool. Rileks saja. Alon-alon asal nasi goreng kakap asap manis empat porsi.

Demikianlah cara menyusup ke kondangan random. Saya nggak bertanggung jawab kalau kamu terpergok dan diantemi bingkisan.