Semua ini dipicu saat saya membaca tweet dari akun @NgobrolSinema. Akun ini punya kecintaan tersendiri pada dunia sinema, dan secara khusus membahas semua serba-serbi film: dari tanggal tayang, new release, upcoming release, preview, sampai ulasan.

Ada banyak akun macam begini di dunia ini. @NgobrolSinema hanya katakanlah, peramai di samudra pembahasan sinema yang luas. Tapi tweetnya kali ini jelas melampaui semua bahasan generik tentang sinema yang bertebaran. @NgobrolSinema dengan berani membahas harga-harga bioskop se-Surabaya.

Kami mengerti maksudnya. Semua hanyalah perkara dompet belaka. Sebagus apapun film-film bioskop yang tayang bulan ini, kalau isi dompetmu sebiji zarrah ya buat apa. Joker, The Peanut Butter Falcon, Bebas, Perempuan Tanah Jahanam, Inem Pelayan Seksi, dan banyak lagi, jelas menanti untuk disimak di Bulan ini.

Mari kita perdalam tweet @NgobrolSinema yang merinci range harga-harga bioskop se-Surabaya. Semuanya dalam konteks weekdays, bukan weekend. Tentu semuanya paham dong kalau weekend harga pasti naik. Ini adalah harga patokannya.

Untuk range harga 30 ribuan di bioskop XXI, ada beberapa lokasi nonton yang bisa kamu pilih. Di tengah kota ada Ciputra World, Sutos, Tunjungan 3, dan Tunjungan. Agak jauh menuju barat, ada Pakuwon Trade Center (PTC) yang mematok harga serupa.

Sementara jaringan bioskop Cinemaxx, yang di Surabaya sejauh ini hanya bisa dijumpai di City of Tomorrow (Cito), harga mulai dari 30 ribuan untuk yang standar, sementara 40 ribu untuk premium.

Jaringan lain yang bisa kamu nikmati adalah CGV. Film-film yang nggak bisa kamu tonton di jaringan XXI, kadangkala bisa kamu tonton di sini. Di Surabaya, hanya ada dua CGV: di Marvell City dan BG Junction. Harganya paling murah 35 ribu.

Tapi tenang, kalau harga bioskop di atas terlalu mahal, mari mencari alternatif lain.

Di beberapa mall, ada bioskop jaringan XXI yang masih mematok tarif 25 ribuan. @NgobrolSinema sampai sok-sok kaget dalam tweetnya. Ya, benar, nonton cuman 25 ribuan!

Harga semurah ini bisa kamu jumpai di Delta Plaza, Lenmarc, Transmart Ngagel dan Transmart Rungkut. Kalau saya yang sehari-harinya berdomisili di Barat, tentu saja Lenmarc jadi pilihan utama. Selain karena dekat, kondisi mall yang sepi membuat saya yang kadang benci noise jadi nyaman.

Lenmarc adalah tempat nonton terbaik, bagi kantong-kantong cekak atau kamu yang sok ingin mentraktir gebetan nonton. Fasilitasnya juga nggak kayak mall yang ada di Jl. Pemuda (you know what lah). Mewah, harum, sepi. Poin plusnya: kursi dudukan tinggi.

Kurang apa lagi bagimu yang ingin duduk di bangku pojokan atas. Hmm..

***

Bioskop XXI harga 30 ribuan (weekdays):

– Ciputra World
– Sutos
– Tunjungan 3
– Tunjungan
– Pakuwon Trade Center (PTC)

Bioskop Cinemaxx 30-40 ribuan (weekdays):
– City of Tomorrow (Cito)

Bioskop CGV 35 ribuan (weekdays):
– Marvell City
– BG Junction

Bioskop XXI 25 ribuan (weekdays):
– Delta Plaza
– Lenmarc Mall
– Transmart Ngagel
– Transmart Rungkut