“Eh Dok, kalau saya mencukur bulu kemaluan, itu ada yang masuk-masuk ke, maaf ya, dalem lobangnya, itu gimana, Dok?” tanya Desta pada Dokter Boyke, ahli seksologi yang kebetulan punya satu segmen khusus di Tonight Show, acara talkshow yang memang dipandu Desta dan rekannya, Vincent.

Sontak saja pertanyaan taek itu meledak dan menjadi tawa. Di studio, Hesti Purwadinata dan Enzy Storia, dua sosok yang juga mengisi segmen acara ini, terbahak-bahak sampai menutupi jidat dengan tangannya. Saking begonya pertanyaan Desta.

Keseruan semacam ini terjadi hampir setiap hari. Saya tak tahu pasti pada hari apa dan pukul berapa Tonight Show tayang,  tapi setiap saya menyalakan televisi di malam hari, duo Vincent-Desta selalu nongol menemani saya—hingga diam-diam, ini jadi tayangan favorit saya.

Tonight Show—sekali lagi ini bukan endorsement atau puja-puji—yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta ini memanglah berbeda. Duo Vincent-Desta yang seingat saya pernah memandu acara di MTV, mengisi ruang-ruang kosong malam hari dengan acara so-called talkshow.

Bintang tamunya pun beragam. Mulai dari artis legend, ngehek (kamu pasti tahu semuanya lah), bintang papan tengah, sampai artis underground macam Seringai atau Deadsquad.

Tapi sesungguhnya, bintang utama acara ini adalah Vincent-Desta. Itulah sebabnya acara yang awalnya dipandu oleh Arie Untung—yang sekarang semakin tampak serius dan nggak asyik ini—jadi hidup dan meriah. Keputusan mengganti Arie Untung sangatlah tepat.

Lepas dari itu semua, jangan harap Tonight Show akan menyuguhkan bincang-bincang berkelas kayak Andy Noya atau Najwa Shihab. Vincent-Desta malah terkesan bodo amat dan telek ngengek. Tingkah keduanya sukar diduga, terutama saat kuis di mana mereka mengajak para penonton di studio untuk berpartisipasi.

Kehebohan, kalau bukan ketololan yang ditampilkan, kadang terlalu dark sekaligus slapstick, konyol sekaligus cerdas.

Kalau menonton acara komedi “Eh, penonton!” selalu norak dan mbelgedes, dan menonton stand up di televisi melulu garing, maka Tonight Show adalah perpaduan pas.

Tapi sayangnya, kemarin (31/10), beberapa punggawa acara ini mengunggah postingan di Instagram bahwa Tonight Show akan tayang untuk terakhir kalinya. Saya yang awalnya berniat nonton Konser Spesial Ari Lasso, akhirnya lebih memilih nonton acara favorit ini hingga akhir.

Beberapa kali dua orang ini macak sedih, bilang bahwa ini jadi yang terakhir. Saya yang hanya menonton TV di jam-jam malam demi Tonight Show dan acara bincang seksualitas pria mulai panik: Fuck ndelok opo aku mene!

Tapi oh tapi, ternyata ini hanya gimmick belaka. Vindes memanglah taik. Mereka bahkan sampai bela-belain memboyong set panggung sampai tulisan Tonight Show, lantas diikuti video haru biru.

Ndilalah besoknya saat saya melihat Instagram, jelaslah saya merasa dibodohi. Gimmick pamit yang membuat panik ini ternyata bukanlah akhir acara, melainkan hanya akan ganti konsep dan set panggung! Luar biasa brengseknya!

Jadi, wahai Vincent-Desta dan seluruh kru Tonight Show, please jangan ikut-ikutan latah pamitan ngehe kayak Ria Ricis. Untung belum saya jual TV-nya, padahal sempat kepikiran. Lah kalau kalian udah nggak ada, saya bisa cari hiburan nirdosa apalagi cok?