Bertahan hidup sebagai mahasiswa pas-pasan dengan sangu kiriman bulanan dari ortu yang, ya ampun, rada nggak masuk akal memang bikin nggigit jari. Apalagi saat ini, sosmed jadi lahan basah buat pamer. Bikin ada aja kepengenan. Belum lagi adanya penemuan mutakhir yang disebut dompet digital yang malah bikin kita tambah boros: tinggal klik doang udah bisa beli ini-itu.

Maka dari itu, kamu kudu menyiasati sangu bulanan nggak masuk akal ini pake cara yang masuk akal. Ini biar pemasukan nggak selalu kalah sama keinginan. Tapi ya gimana lagi, cuman kerja yang bisa ngehasilin duit. Bukan nyopet, ngiprit, mbabi—ayolah kalian mahasiswa masak mau serendah itu hiks.

Dilemanya adalah, kalian nggak mungkin dong maksain kerja di tengah waktu kuliah, bisa-bisa berabe dan keteteran. Tapi tau nggak, ada lho beberapa hobi yang bisa ngehasilin duit. Waktunya juga nyantai, tapi hasilnya beneran.

Tenang, iki guduk presentasi MLM, tapi bener-bener tips buat nambah penghasilanmu secara santuy. Udah fun, dapat cuan lagi, kan mayan..

Coba Bikin Konten Video

YouTuber mungkin terlalu ketinggian dan jadi poin yang bakalan kamu lewati. Sudah buanyak banget orang yang melabeli dirinya YouTuber—dan mungkin kamu ya eneg. Tapi tahukah kamu bahwa YouTube bisa jadi lahan basah. Nggak perlu jadi vlogger atau apalah, siapin konten yang bagus aja.

Content is a king, dan kamu cuman perlu nyari konten yang beda aja dari segalanya yang sudah beredar di YouTube. Enaknya lagi, video nggak cuman bisa ditaruh di YouTube doang! Kamu juga bisa naruh di website, asalkan hosting penyimpanannya gede.

Buka Online Shop

Ini salah satu cara yang kudu kamu coba. Peluang untuk dagang memang nggak pernah ada surutnya, asalkan kamu tahu apa kelebihan barang yang kamu jual dan sasaran pasar. Media sosial jelas kudu dimanfaatkan semaksimal mungkin buat jualan.

Tapi kalau mau lebih serius dan playing like a pro, online shop-mu wajib dilengkapi website. Selain memudahkan pelanggan, website juga menunjukkan kalau usahamu serius. Jangan lupa, selalu utamakan design web yang ringan, jangan abot-abot. Sebisa mungkin cari juga hosting yang super cepat!

Buat Kursus Online

Kamu punya kemampuan tinggi dalam suatu bidang tapi males ngajar langsung? Bikin kursus online aja! Kalau kamu pinter nulis, kamu bisa ngasih materi berlangganan. Pinter main drum, bisa ngasih video tutorial. Pinter masak, kamu bisa ngasih step-by-step les masak via online.

Nah, karena menyimpan banyak materi, hosting sebagai media penyimpanan juga harus lega. Aspek keamanan juga kudu kamu perhatikan karena siapa tahu materimu dibobol. Yang paling penting, peserta kelasmu nanti nggak ngedumel karena websitemu nge-lag!

Bikin Blog

Membangun kerajaan uang bermodalkan laptop dan koneksi internet juga bisa diawali dari bikin website. Ini bisa berbentuk blog pribadi, self branding, company profile, atau portofolio online. Zaman sudah digital banget, segalanya serba online. Website pribadi ini bisa membuka jalan rezekimu, lho!

Tapi tantangannya, website yang bagus kudu punya hosting yang mumpuni buat penyimpanan data digitalnya. Nah, salah satu jasa hosting Indonesia yang lagi digemari adalah Qwords. Selain punya kapasitas dan kecepatan tinggi, layanan CS yang full-time juga bakalan memudahkanmu membangun website.

Jadi, wahai kalian para mahasiswa, sudah siap merintis semua dan menambal saku yang bolong-bolong?