“Blog yang bagus adalah blog yang ada isinya.” Itu sih peribahasa lama. “Blog yang bagus adalah blog yang dimulai.” Itu malah lebih lama lagi.

Sekarang ini yang dicari orang bukan hanya sekadar blog baru yang sekadar berisi—njir bayangin ada berapa juta orang di luar sana yang udah bikin ginian—tapi orang cenderung berburu blog yang niche, unik, kredibel, dan berkualitas.

Content is a king! Inget, sebagus apapun tampilan blogmu kalau isinya jelek ya jelek aja. Kalau cuman apa adanya aja deh, orang ya maleslah buat baca. Bagus pun bukan jaminan kalau nggak punya ciri khas.

Jadi kalau kamu pengen bikin blog, jangan asal bikin. Percuma, nyumpek-nyumpeki dunia maya ae pek. Kalau kamu adalah raja konten atau katakanlah, orang yang rajin nulis, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat blog yang kamu banget; sesuai dengan image kamu, berisi tentang hal-hal yang kamu sudah kuasai, dan nantinya konten akan otomatis memenuhi standar kualitas.

Simpel kan sebenernya?

Blogmu nggak hanya berisi sampah, tapi juga bisa bersaing dengan banyaknya blog serupa. Semua orang memang bisa sih bikin blog, tapi nggak semua bisa mempercantiknya. Nah, ini kesempatan buatmu yang pengen terjun ke dunia blogging. Mempercantik blog nantinya jadi keharusan!

Sesudah menentukan tema blog yang kamu banget dan sesuai dengan tujuanmu, mari kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Sebenarnya mudah sih. Kamu bisa pakai platform blog gratisan buat memulai. Tapi kamu mau blogmu fiturnya terbatas? Kenapa nggak sekalian beli domain dan hosting aja. Biar dot com, biar keren, biar kayak blog professional gitu.

Domain dan hosting juga nggak sampai mahal banget. Lagian ini juga nggak bakalan mengecewakanmu, lho. Bahkan buatmu yang masih awam sekalipun. Ada banyak fitur yang bisa kamu nikmati, nggak kayak blog gratisan yang terbatas banget.

Kamu kudu nentuin nih bakalan beli hosting dan domain di mana. Tentu kamu harus pilih yang benar-benar bonafid. Di Indonesia ada banyak kok penyedia jasa beli domain dan hosting berkualitas. Salah satunya adalah Qwords.

Qwords udah menyediakan banyak fitur sih. Termasuk kamu yang kebetulan pakai WordPress dan pengen memaksimalkan hostingnya. Apalagi sih memang yang dicari selain unlimited hosting dengan performa tinggi?

Sesudah urusan itu kelar, kamu hanya perlu mikirin nama domain sih. Kalau bisa pakai namamu aja untuk blog pribadi, atau nama produk kalau blogmu bakalan fokus jualan.

Intinya, persetan deh sama Shakespeare yang mempopulerkan ungkapan “apalah arti sebuah nama.” Pilihan nama jelas adalah bentuk branding awal yang melekat di benak pembaca blogmu. Nggak mungkin dong kamu bikin blog soal horor tapi namanya ceria, bikin blog fiksi tapi namanya kaku, bikin blog bucin tapi namanya serem.

Selanjutnya, kamu tinggal ikutin deh panduan dari platform hosting dan domain yang kamu pilih, untuk  bisa segera posting di blog.

Mudah kan bikinnya? Selebihnya cuman urusan teknis aja sih. Pasti nanti juga bakalan paham dewe. Dijamin deh kalau kamu rutin ngeblog, kamu bisa punya basis pembaca sendiri. Kamu nggak perlulah pusing-pusing nyari duit juga, toh ada AdSense yang bisa kamu pasang dan terus muter buat nambah pundi rupiah.

Tapi yang paling penting, kamu kudu pastiin dulu buat beli domain dan hosting yang keren, baru deh langkah selanjutnya bisa lebih gampang.

So, happy blogging!