DNK

Serba-serbi Outfit Jumatan

Serba-serbi Outfit Jumatan

Kembali lagi di Jumat barokah. Buat para cowok, ayo engkok podo jumatan! Buat cewek-cewek, elengno iku lanangane budal nang masjid. Kalo perlu, dandanin doi, beliin Axe, lap kuncungnya pakai Tanco. Yang lebih penting, suruh doi mandi (besar) terlebih dahulu.

Sunnah yang tumpah ruah di malam Jumat kemarin harus dibasuh dong sisa-sisanya. Keramas!

Setelah melakukan itu semua, kamu arek-arek lanang, jangan lupa pilih outfit yang bagusanlah buat jumatan. Sebenarnya nggak ada patokan pasti, kebanyakan umat Muslim pasti pakainya baju koko—atau sebutan lawasnya, baju Ustad Jeffry.

Nggak masalah yang penting bersih, higienis, dan belum dipakai aktivitas yang memicu kecut keringat. Ojok nggawe klambi jersey seng wingenane mari digawe futsalan, Ndan! Lak yo apek se.

Sebenarnya tulisan ini nggak punya tendensi buat menyarankan atau merekomendasikan outfit buatmu yang akan Jumatan. Cuman receh aja, mengamati dan kemudian membahas outfit apa saja yang sering dipakai para cowok jelang Jumatan.

Pastinya, outfit ini tergantung kondisi, situasi, dan mungkin jati diri. Santai saja, derajat manusia sama kok di mata Allah SWT. Jadi nggak perlu punya pakaian bagus, necis, atau yang harganya selangit. Cukup bersih dan sopan ae lho yo ngganteng.

Langsung saja berikut pembahasannya, spesial dari saya, yang sudah bolong jumatan dua kali—tapi nanti siang pasti jumatan kok biar nggak sampai dipastikan masuk neraka.


Outfit Standar (Baju Koko, Songkok Nasional, Sarung/Celana Kain, Sandal Swallow)

Ini jadi pakaian standar cowok-cowok buat berangkat jumatan. Mandi, ambil dari lemari, pakai Gatsby, budal masjid. Biasanya sih yang pakai ginian adalah cowok yang punya patokan bahwa jumatan yang afdol ya harus pakai pakaian yang terbaik.

Ketemu Pak Lurah ae batikan, mosok ketemu Gusti Alloh compang-camping? Maka dari itu, biasanya mereka pakai baju koko yang nggak harus baru. Bekas baju hari raya kemarin juga nggak apa-apa. Tinggal setrika, dan pilih sarung Wadimor, Atlas, atau Gajah Duduk.

Sarung kadang disabuki ben nggak melorot. Sandal dijenengi ben nggak ilang.


Outfit Kelas Menengah Pekerja (Seragam, Batikan, Hem, Celana Kain, Sandal Jepit Inventaris Kantor)

Hawa-hawa kesuksesan sangat terasa dari outfit para karyawan ini. Belum bubaran kantor—masih siang ding—tapi rehat dulu lah buat Jumatan. Maka dari itu, outfit-nya pun nggak jauh beda dari seragam kerja. Batikan dan celana kainan. Seperti biasanya saja.

Bedanya, mereka kompak memakai sandal—setelah berjibaku dan berebutan karena itu sandal inventaris kantor. Kalaupun ada yang memakai pantofel, itu berarti apes aja nggak kebagian sandal.


Outfit Agak Turkish (Jubah, Zirah, Kopyah Khas Timur Tengah)

Karena Islam berasal dari kawasan Timur Tengah, maka gaya busana yang dipakai pun kadang mengikuti kebudayaan sana. Kadangkala bajunya zirah, panjang—nggak perlu sarungan—dengan kopyah yang punya bentuk agak unik.

Saya bukan pengamat fashion. Saya juga bukan Ivan Gunawan. Jadi daripada salah ngomong, bagian Timur Tengah ini cukup sampai sini saja, ya.


Outfit Urban (Kaus, Peci Abang Maiyahan, Sarung, Sandal Jepit)

Sangat sering dijumpai. Di masjid-masjid, para pemuda banyak yang lebih memilih berpakaian simpel: cukup kaus kasih sarung. Dengan atau tanpa peci, yang penting berangkat jumatan tepat waktu. Kaus yang dipakai sering kali tergantung pemahaman si pemakai akan fashion serta di mana lokasi masjid.

Untuk yang rada elit, kaus Uniqlo atau Supreme dibuat jumatan mah hal biasa. Untuk anak-anak yang masih belum move on dari tren emo, Crooz atau Sunday Sunday bisalah. Tapi untuk wong nggak gablek duit macam saya, bodo amat. Pakai kaus hasil buruan TP Pagi yo budal.


Outfit Salah Kostum (Kaus Metal, Jins Pensil Robek-robek, Rantai Menggantung)

Nah ini. Mungkin idiom rock never die amat dipegang teguh ya sama mas-mas ini. Kemanapun, rock! Ckckck! Perkara kaus metal sih sebenarnya nggak masalah, asal kaus yang dipakai bukan berasal dari aliran pornogrind, atau black metal yang terlalu puritan gitu. Ehem.

Susah bacanya. Gambar kuburan tok sisan.

Nah, kalau celana pensil, kuatirnya itu nggak bisa mbasuh kaki pas wudhu dengan maksimal. Rantai apalagi. Bahaya! Bayangin ente mau sujud dadakno rantaimu kecantol tiang masjid atau kotak amal, lak yo buyar!


Outfit Gering (Jaketan Brukut, Sarungan, Kaus Kaki)

Lek gering istirahat sek ae bos nang omah, duh kah! Nanti lek nggeblak nang masjid lak yo repot wong-wong. Liyane sholat lah kok ente jempalikan, Masbro..