DNK

Tebak-tebak Isi Khong Guan: Rengginang Opo Keripik Gedang?

Tebak-tebak Isi Khong Guan: Rengginang Opo Keripik Gedang?

Hari Raya jadi waktu yang paling pas untuk berkumpul bersama keluarga besar, yang mungkin kalau pas hari-hari biasa jarang ketok. Momen kumpul rame-rame ini biasanya terjadi kalau kamu masih punya simbah—atau siapapun yang dituakan di keluarga—nongkrong di sana sambil mencicipi sajian lontong kupat dan menghabiskan isi toples castengel.

Nah, biasanya akan ada suasana garing saat bahan obrolan mulai habis. Kamu sudah ditanya-tanya kapan nikah sebanyak 3000 kali, sudah diingatkan untuk segera punya belahan jiwa yang bikin sreg sebanyak 3000 kali juga—I love you, 3000—dan keluargamu sudah kehabisan bahan untuk membullymu.

Nah, sekarang gantian ngerjain balik. Tak apa, momentum Idul Fitri adalah saat di mana manusia tunduk  pada sifat pemaaf—jadi kayaknya bakalan fun kalau kamu melakukan sedikit prank yang hanya bisa dilakukan saat Hari Raya.

Nggak usah tiru-tiru Atta Halilintar atau Baim Wong, tujuan prank kita kali ini bukan untuk goblok-goblokan demi adsense. Just for fun.

Prank Kaleng Monde

Monde adalah biskuit super ekslusif yang mungkin hanya bisa kamu nikmati saat Lebaran tiba. Tapi beda ceritanya kalau dadakno yang dipakai hanyalah kaleng wadah lebarnya itu, dan isinya diganti bermacam-macam persediaan keripik. Bisa keripik gadung, telo, atau sejenis kacang kapri.

Nah, kamu bisa mengerjai salah seorang saudaramu yang kayaknya sudah bener-bener keterlaluan menertawakan kejombloanmu. Tipu-tipu saja, bilang kalau Monde ini isinya bener-bener yahud. Jangan salah, sodaramu nggak bakal marah kok, malah bisa saja ngunyah apa yang ada di dalamnya.

Prank Khong Guan

Terkutuklah Khong Guan yang berisi keripik gedang atau rengginang—sampai banyak dipakai meme yang ajaibnya munculnya selalu setahun sekali. Mungkin sodaramu banyak yang tahu soal ini, tapi kalau kamu prank, keyakinannya bakalan memudar.

Sekali lagi, kamu cuman butuh memelajari sedikit psikologi manusia, dan mulai memutar ingatan soal cara terbaik membohongi mantanmu zaman dulu. Niscaya mereka akan percaya begitu saja. Dan setelah dibuka, ndilalah isine sesuai ekspekstasi: rengginang teko beras garing.

Prank Nggateli Rodok Kurang Ajar Menipu Orang Tua

Om dan tantemu, atau mungkin kakak-kakakmu pastilah sekarang jauh lebih tua darimu dan punya kesibukan beragam. Alhasil saat ketemu, mereka pun pastinya jadi agak sedikit tulalit gimana gitu. Tipu saja. Saat salaman, kamu bisa menyorongkan tanganmu biar dicium—layaknya kamulah simbahnya.

Nah, mungkin kamu akan dikosek sebagai bentuk pembalasan kekurangajaran. Tapi bodo amat, kan cuman bercanda. Lagian itu kalau mereka sadar, kalau mereka nggak ngeh, bisa saja tanganmu dicium beneran dan suasana langsung jadi kocak. Senangnya guyonan keluarga.

Prank Angpao

Kamu yang mungkin sudah bekerja atau nyambi-nyambi deh katakanlah, yo kudu berbagi sedikit rejeki sama anak-anak kecil, minimal adik-adikmu atau anak-anake sodaramu. Nah, nggak hanya memberi angpao pada mereka, kamu juga bisa menipu ebes emesnya dengan memberi mereka angpao juga—wadahe tok tapi ganok isine.

Mungkin kamu bakalan digemplang sandal. Tapi nggak apa-apa, atas nama guyonan dan seru-seruan, enjoy aja lagi. Ini mungkin sekaligus sindiran pada mereka: mentang-mentang aku wes gede lur nggak dikeki angpao. Hufet.

Prank Pamerin Foto Calon

Di zaman medsos yang menggila macam begini, ada banyak akun perempuan/laki-laki cakep yang kelihatannya soleh dan solehah bertebaran tanpa digembok. Kalau kamu ditanya calonmu mana, kamu bisalah pamerin foto-foto mereka.

Keluargamu pun bakalan memuji kamu hebat, luar biasa, penerus generasi, pinter milih calon, bla-bla-bla. Ealah dadakno prank. Tapi prank ini bisa bikin sedih lur ati-ati. Bisa-bisa kamu dianggap halusinasi dan malah dianggap jomblonya kebangeten sampek pamer calon fiktif.