DNK

4 Ciri Orang yang Memelihara Tuyul

4 Ciri Orang yang Memelihara Tuyul

Meski zaman sudah modern dan banyak yang tidak percaya terhadap sesuatu yang berbau mistis dan gaib, akibat tingginya tingkat kesulitan dan tekanan ekonomi yang kian menjadi, tidak sedikit orang yang malah kepingin mendapatkan kekayaan secara instan dengan cara mencari pesugihan.

Salah satu pesugihan yang sampai sekarang masih cukup diminati oleh beberapa kalangan pencari pesugihan adalah memelihara tuyul. Pesugihan jenis ini diminati karena resiko yang harus diambil oleh sang pemilik tidak sebesar pesugihan jenis lain seperti babi ngepet, misalnya.

Pada pesugihan babi ngepet, si pemilik pesugihan harus mewujud babi jadi-jadian untuk menguras harta calon korbannya. Tapi ini butuh kerjasama dengan orang lain yang bertugas menjaga lilin selama ia berubah. Lilin itu akan jadi penanda apakah dia dalam bahaya atau tidak.

Pesugihan tuyul tidak serumit itu. Pelaku pesugihan hanya tinggal menunggu setoran dari tuyul peliharaannya. Meski tidak mungkin bisa dibuktikan secara ilmiah, ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh pemilik pesugihan tuyul. Ini ciri-cirinya:

1. Semakin Rajin Bekerja

Bila Anda membayangkan pemelihara tuyul adalah orang yang malas kerja, maka itu salah besar. Biasanya, orang yang memelihara tuyul justru akan memiliki semangat kerja yang ekstra. Tenaga mereka saat bekerja juga terlihat lebih besar, seolah tidak memiliki rasa lelah meski sudah seharian penuh berkegiatan.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Selain karena ingin menutupi perbuatannya, kemudahan mendapat uang dalam jumlah yang lebih besar juga justru menjadi motivasi bagi mereka untuk semakin giat bekerja.  

Easy money feels good, Beibih

2. Tidak Suka Menyapa Orang Lain

Pelaku pesugihan tuyul umumnya adalah sosok yang "mbenguh", alias tidak suka bertegur sapa bila bertemu dengan orang lain. Apabila Anda memiliki kenalan yang dulunya grapyak tetapi tiba-tiba plengas-plengos setelah dia mengalami perubahan dalam segi materi, bisa jadi kenalan Anda itu memelihara tuyul.

Nek gak yo ancene sombong ae cuk.

3. Bila Berjalan Mbanda Tangan

Kata simbah saya, cara berjalan orang yang memelihara tuyul juga berbeda dari orang biasa. Jika orang biasa berjalan dengan posisi tangan selalu berada di samping pahanya, maka orang yang memelihara tuyul punya cara tersendiri.

Orang-orang dengan peliharaan tuyul biasanya menyilangkan tangan di bagian belakang punggung ketika berjalan, seperti orang yang sedang istirahat di tempat dalam baris berbaris. Istilahnya dalam bahasa Jawa, "mbanda tangan". Ini tentu bukan cara berjalan yang lazim dilakukan kalau tidak ada ‘apa-apanya’.

Konon cara berjalan ini dilakukan karena yang bersangkutan sedang nggendong tuyul yang menjadi peliharaannya.

4. Memiliki Belahan Dada yang Rendah

Menurut kepercayaan sebagian besar masyarakat di daerah saya, orang yang punya pesugihan tuyul ini juga umumnya mereka yang telah berkeluarga. Hal ini dikarenakan ada jenis ritual tertentu yang mengharuskan pelaku pesugihan ini sepasang suami istri.

Adapun maksud dari ritual itu agar sepasang suami-istri tadi sepakat dalam menentukan siapa yang dijadikan tumbal atas pesugihannya itu. Biasanya tumbal diambil dari keluarga terdekat pelaku. Kalau bukan anak pertama, anak bungsu, kerabat, dan terkadang salah satu dari pasangan tadi.

Apabila sudah ditentukan siapa yang akan ditumbalkan, ada ritual lanjutan yang juga harus dilakukan oleh pasangan tersebut, yaitu sang istri wajib menyusui tuyul yang dipeliharanya. Karena kapan waktu si tuyul ini minta susu tidak bisa diterka, biasanya sang istri membiarkan kancing bajunya terbuka.

Bila sewaktu-waktu si tuyul minta disusui, ia bisa langsung ngenyot dan tidak perlu membuka baju "ibu" barunya. Saat menyusui, si "ibu" akan duduk dalam posisi seperti sedang menyusui bayi manusia. Karena yang dihisap bukanlah air susu ibu, melainkan "sari-sari hayati", biasanya istri dari pelaku pesugihan tuyul ini akan nampak kering dan kehilangan cahaya hidupnya.

Itu juga yang menjadikan istri dari pelaku pesugihan tuyul bisa lebih cepat meninggal dunia.

Nah, dari sini bisa ketahui bahwa seorang jomblo tidak mungkin sanggup melakukan pesugihan jenis ini. Lha ya siapa coba yang bisa dijadikan ibu susu buat tuyulnya.