Dari Persilangan, Petani Blitar Hasilkan Alpukat Aligator Berbuah Jumbo

 Dari Persilangan, Petani Blitar Hasilkan Alpukat Aligator Berbuah Jumbo

Buah alpukat yang diberi nama aligator ini memiliki ukuran sebesar kepala anak kecil. (foto Kompas)

Dua orang petani di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sukses membudidayakan alpukat aligator yang memiliki ukuran jumbo, bahkan buahnya hingga sebesar kepala anak.

Jumlah buah yang banyak serta tingginya harga jual membuat para petani memperoleh keuntungan hingga puluhan juta rupiah dalam sekali panen.

Buah alpukat biasanya hanya berukuran sekitar 12 cm, namun di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar terdapat alpukat dengan ukuran yang super besar. Buah alpukat yang diberi nama aligator ini memiliki ukuran sebesar kepala anak kecil.

Buah alpukat aligator ini merupakan hasil budidaya 2 petani, yakni Nur Riyono dan Iskandar sejak tahun 2016 lalu.  2 petani itu berinisiatif untuk menciptakan buah alpukat dengan varietas unggul dan memiliki harga jual tinggi.

Buah alpukat aligator ini merupakan persilangan antara alpukat lokal dengan alpukat markus. Selain ukuran buahnya yang besar, masa panen alpukat aligator juga lebih cepat, yakni 2 tahun.

Daging buah alpukat aligator ini juga lebih tebal serta rasanya sedikit manis. Hal itulah yang membuat harga buah alpukat aligator di tingkat petani mencapai 35 ribu rupiah per kilogram.  Satu pohon alpukat aligator mampu menghasilkan 80 hingga 100 buah dengan berat rata-rata 2 kilogram.

Kini dalam sekali panen, Nur Riyono dan Iskandar mampu memperoleh penghasilan puluhan juta rupiah dari 200 tanaman alpukat miliknya.

Perawatan pohon alpukat aligator ini juga sangat mudah, yakni cukup dengan memberikan pupuk kandang setiap 3 bulan sekali.  Selain itu, kelembapan tanah juga harus dijaga dengan cara melakukan penyiraman setiap 3 hari sekali.

Kini Nur Riyono dan Iskandar tengah mengajak sejumlah petani di pesisir Blitar untuk menanam pohon alpukat.  Selain mampu meningkatkan perekonomian warga, dengan penanaman itu dapat mengurangi lahan kritis di Blitar Selatan.

Berkat kesuksesan itu, kini banyak petani yang belajar proses penanam dan perawatan pohon alpukat aligator di ladang Nur Riyanto dan Iskandar.  Selain itu, ke 2 petani tersebut berharap apa yang mereka kerjakan ini dapat menginspirasi anak muda untuk bekerja di dunia pertanian.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *