Jumlah Pasien Positif Covid-19 Jatim Terus Bertambah: Ini Jejak Sumber Penularannya

 Jumlah Pasien Positif Covid-19 Jatim Terus Bertambah: Ini Jejak Sumber Penularannya

Kasus virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur terus bertambah hingga masuk dalam lima besar di Indonesia. Jumlah kasus positif Covid-19 Jatim menempati urutan ke-4 setelah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Sedang jejak sumber penularan virus corona berasal dari luar negeri dan provinsi lain di Pulau Jawa.

Berdasar data yang dirilis Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, hingga 30 Maret 2020 jumlah komulatif kasus Covid-19 di Jawa Timur mencapai 91 setelah ada tambahan 1  kasus baru positif Covid-19 dari Situbondo.  Sedang jumlah komulatif pasien sembuh sebanyak 16 orang (ada 3 pasien baru sembuh) dan jumlah komulatif pasien meninggal sebanyak 8 orang setelah ada tambahan 1 pasien meinggal dari Pamekasan..

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jumlah pasien dalam Pengawasan (PDP) ada 336 orang dan Orang dalam Pantauan (ODP) 5.812. “Dari data yang kita lihat bersama, alhamdulillah hari ini ada berita gembira, ada sembuh 3 orang. Terkonfirmasi sudah pulang ke rumah, mereka keluar dari RS Soetomo. Kami berterima kasih kepada tenaga medis di RSUD Dr Soetomo,” jelas Khofifah Indar Parawansa.

Berdasarkan data penyebaran covid – 19 di Jatim, pasien positif 91 orang di Jatim itu terdiri dari 41 dari Surabaya, sembilan dari Malang Raya, satu dari Kota Batu, sembilan dari Magetan, 10 dari Sidoarjo, dua dari Kabupaten Kediri, satu dari Kota Kediri, dua dari Gresik, satu dari Kabupaten Blitar, satu dari Kota Blitar, tiga dari Lumajang, dua Jember, lima dari Situbondo, satu dari Banyuwangi, satu dari Pamekasan, satu dari Tulungagung dan satu Jombang.

Data lengkap delapan pasien yang meninggal berasal dari Malang (1  orang), Surabaya (2  orang) ,  Sidoarjo (1  orang), Gresik (1  orang), Kediri (1  orang), Magetan (1  orang) dan  Pamekasan (1  orang).

Sedangkan 16 orang sudah terkonfirmasi negatif. Artinya, mereka sudah sembuh. Yakni, tiga dari RSU Saiful Anwar Malang dan 13 dari Surabaya (RSUD dr Soetomo Surabaya dan RSUA Surabaya).

Untuk melacak sumber penularan virus corona yang diderita warga Jawa Timur dapat dilihat dalam peta sebaran Covid-19 yang dipublikasikan Pemprov Jawa Timur dalam situs http://infocovid19.jatimprov.go.id. Ada beberapa kluster peluran yang terlihat dalam peta sebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Berikut rincian kluster penularan virus corona di Jawa Timur:

Kluster Penularan dari Luar Negeri

 

Kluster penularan dari luar negeri
Kluster penularan dari luar negeri

Kluster Penularan dari Provinsi Lain di Pulau Jawa

Kluster penularan dari provinsi lain di Pulau Jawa
Kluster penularan dari provinsi lain di Pulau Jawa
Kluster penularan dari provinsi lain di Pulau Jawa
Kluster penularan dari provinsi lain di Pulau Jawa

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *