Untuk beberapa generasi, gasing bukanlah mainan yang asing. Sebuah jenis mainan rakyat yang sangat populer di beberapa daerah Nusantara pada masanya ini mengutamakan kecepatan dan ketahanan putaran yang sebenarnya sudah ada sejak zaman baheula.

Kebanyakan terbuat dari kayu, tapi ada juga yang dari bambu. Kayu dibentuk sedemikian rupa menyerupai lingkaran dengan salah sisi bawah mengerucut. Bagian ujung bawahnya diberi paku. Fungsi paku adalah sebagai pusat rotasi ketika gasing berputar. Ujung yang runcing dari paku menjamin ketahanan putaran manjadi lebih lama.

Selain kayu, ada juga gasing yang dibuat dari bambu. Uniknya, gasing jenis ini bisa mengeluarkan suara mendengung ketika berputar.

Seiring perkembangan jaman, gasing pun mengalami banyak perubahan. Modifikasi bahan dan cara memainkannya pun mengalami banyak penyesuaian. Meskipun demikian, inti permainannya ya sama saja, menguji kekuatan dan kecepatan putaran gasing.

Salah satu bentuk modernisasi gasing yang dikenal kalangan milenial adalah beyblade. Beyblade ini sebenarnya judul serial manga yang kemudian diadaptasi menjadi anime, bahkan diproduksi pula di dunia nyata yang kemudian digilai oleh para penggemarnya.

Cerita Beyblade berkisah tentang petualangan anak-anak yang bertarung menggunakan gasing-gasing canggih berkekuatan khusus. Tokoh utama serial ini adalah seorang anak kelas VIII bernama Kinomiya dan teman-temannya, Kai Hiwatari, Ray Kon, dan Max Tate.

Dikisahkan dalam anime tersebut, Beyblade merupakan gasing berisi roh-roh ajaib yang dapat menghancurkan dunia. Meski begitu, Beyblade dapat digunakan oleh anak-anak manusia. Seluruh dunia memperlakukan permainan Beyblade sebagai olahraga internasional, dengan tiket yang selalu terjual habis menjadi tuan rumah pertempuran antara para pemain terbaik.

Mengulas kembali salah satu seri anime paling unik di tahun 2000-an, berikut adalah lima hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Beyblade!

1. Cameo Rasputin

Tak hanya dalam film, beberapa anime pun sering kali menampilkan cameo beberapa orang (dari dunia nyata), sebuah sosok yang dianggap mempengaruhi sejarah besar dalam alur ceritanya. Dalam anime, sosok-sosok tersebut dimunculkan tak hanya dengan kemampuan yang overpower tapi juga dikaitkan dengan hal gaib yang berkaitan dengan sejarah.

Dalam anime Beyblade (versi Jepang) terdapat episode yang mengaitkan penciptaan Black Dranzer (salah satu karakter roh) dengan tokoh sejarah nyata. Menurut Volkov (salah satu karakter pemain Beyblade) , Black Dranzer diciptakan oleh Rasputin.

Dia menggunakan kekuatan alkimia dan pengetahuannya tentang okultisme untuk menciptakan Beyblade. Buat kalian yang belum tahu Rasputin, coba googling dulu ajalah jan males.

2. Beyblade Punya Penggemar Setia

Banyak anime lain yang terus laku di pasaran bahkan ketika anime tersebut sudah turun panggung. Contohnya, game Pokémon yang terus dikembangkan hingga beberapa versi dan diadaptasi ke anime serta serial live action. Sedangkan Yu-Gi-Oh! menjadi salah satu game yang cukup banyak diminati di Steam.

Sayangnya, pasar Beyblade kini sudah mengalami penurunan. Meskipun begitu, faktanya masih banyak fans setia permainan ini sampai sekarang. Beyblade juga masih memiliki turnamen piala dunianya sendiri dengan nama International Blader Cup.

3. Prediksi Kemunculan Trump

Dalam episode Beyblade yang berjudul “Blading With The Stars”, Tim Bladebreakers diminta untuk berpartisipasi dalam pertandingan amal. Max dari Bladebreaker, Emily dari All-Starz, dan Mario dari Spintensity bergabung bersama untuk berhadapan melawan tim yang terdiri dari para selebritas.

Uniknya, dalam versi Jepang, McSneeze adalah presiden Amerika yang menjadi anggota terakhir tim selebritas. Sedangkan dalam versi Amerika, McSneeze diubah menjadi seorang wali kota. Alasan perubahan ini tidak diketahui, tetapi ada kemungkinan bahwa para creator merasa bahwa kehadiran Presiden mungkin membuat pertunjukan itu terlalu tidak realistis.

Uniknya lagi, desain karakter McSneeze di kala itu sangat mirip dengan presiden Amerika saat ini, Donald Trump. Bau-bau konspirasi, yes?