Final badminton nomor beregu putra lanjutan SEA Games 2019 berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, pada Rabu, 4 Desember 2019. Pertandingan dihentikan hanya sampai di partai keempat, dengan Indonesia mengakhiri perlawanan Malaysia dengan keunggulan 3-1 dan memastikan diri menambah pundi-pundi emas untuk Indonesia. Berikut hasil pertandingan per partai:

Partai Pertama: Indonesia Menang

Pada partai pertama, Jonatan Christie membuka keunggulan Indonesia dengan meraih kemenangan mudah atas Lee Zii Jia. Jonatan Cristie menang mudah dalam dua set langsung dengan skor: 21-19 dan 21-17.

Pemain yang akrab disapa Jojo itu mengaku cukup yakin bisa memenangkan pertandingan karena ia mempunyai catatan positif melawan Lee Zii Jia. Memang, Jonatan selalu menang dalam empat kali pertemuan sebelum ini.

“Saya memang sudah tahu permainan dia. Bersyukur bisa membuka kemenangan dan mudah-mudahan diteruskan oleh teman-teman,” kata dia seusai pertandingan, seperti dilansir dari Tempo.

Partai Kedua: Malaysia Samakan Kedudukan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menambah kemenangan untuk Indonesia setelah dikalahkan pasangan Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik dengan skor 17-21, 13-21. Hasil ini membuat tim Malaysia mengimbangi Indonesia dengan skor 1-1.

Partai Ketiga: Indonesia Menang

Melalui perjuangan selama tiga game, Anthony Sinisuka Ginting menyudahi perlawanan Soong Joo Ven dengan 13-21, 21-15, dan 21-18.

Perlawanan pebulu tangkis peringkat 62 dunia ini cukup menyulitkan Ginting. Beberapa kali ia bahkan memaksa Ginting bermain reli panjang.

Partai Keempat: Indonesia Emas

Wahyu Nayaka/Ade Yusuf mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-16, 21-19. Skor akhir menjadi 3-1. Indonsia memastikan diri meraih emas.

Partai kelima tidak dimainkan karena Indonesia sudah menang 3-1. Dengan kemenangan ini, Indonesia yang berada di posisi 4 menempel ketat Malaysia di posisi 3. Saat ini perolehan medali Indonesia yaitu 14 emas, 22 perak, dan 27 perunggu.