Setelah resmi dirilis di China dan India sejak April lalu, akhirnya Xiaomi membawa Redmi 8 dan Redmi 8A masuk ke Indonesia. Kedua ponsel ini telah diluncurkan di Indonesia Rabu (4/12).

Kedua ponsel anyar asal pabrikan China ini menawarkan keunggulan pada sektor baterai dan desain. Serupa dengan pendahulunya, Redmi 7, Redmi 8 dari bahan plastik mengkilap.

Meski terbuat dari plastik, jangan remehkan Redmi 8 karena ia dirancang agar terlihat seperti kaca premium. Meskipun secara pribadi saya kurang suka sama desainnya yang melip-melip, Xiaomi sebagai salah satu raksasa ponsel pintar dunia telah berusaha mengupayakan salah satu desain terbaik di segmen ini.

Redmi 8

 

Xiaomi yang sebelumnya dikabarkan akan menggunakan Aura Smoke (desain pada Redmi 7) sebagai desain di Redmi 8, nyatanya Xiaomi ternyata berubah pikiran dengan membuat desain baru yang mereka namai Aura Mirror. Xiaomi mengklaim Aura Mirror sebagai desain baru yang lebih atraktif.

Xiaomi menawarkan Redmi 8 dalam tiga pilihan warna, yakni Onix Black, Sapphire Blue dan Ruby Red. Pada Redmi 8A memiliki opsi warna Midnight Black, Ocean Blue dan Sunset Red. Meski dibuat mewah layaknya serupa sepatu kaca milik Cinderella, Redmi 8 tetap nyaman digenggam.

Mengutip GSMArena, dua seri ini memiliki layar 6,2 inci yang dengan rasio aspek 19:9 dan resolusi HD+. Serupa dengan ponsel-ponsel baru pabrikan lain, bagian depan Redmi 8 series dilengkapi dengan bezel yang minimalis. Ponsel baru ini juga memiliki tampilan berponi (Dot Notch). Redmi 8 series juga dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5.

Redmi 8a, tanpa fitur sidik jari

Keduanya memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dan untuk mendukung baterai bongsor tersebut, kedua produk ini telah dibekali USB Type-C serta fitur fast charging 18 W. Baterai yang ada pada kedua ponsel ini konon memiliki fitur AI (Artificial Intelgence) yang membuatnya mampu mengoptimalkan kinerja dari baterai.

Xiaomi juga tetap tak melupakan para penggemar gaming dengan menyematkan dapur pacu yang mumpuni. Kedua ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan GPU Adreno 505. Pada Redmi 8 juga dilengkapi dengan RAM 3G/32GB dan RAM 4GB/64GB dan untuk Redmi 8A tersedia opsi RAM 2G/32GB, RAM 3G/32GB dan RAM 4GB/64GB. Dapur penyimpanan keduanya masih bisa ditingkatkan dengan tambahan slot microSD hingga 512Gb.

Xiaomi tetap tak melupakan sisi fotografi dalam sematan produknya, Redmi 8 memiliki dua kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 12 MP dan lensa depth sensor 2 MP. Redmi 8A hanya memiliki satu kamera belakang beresolusi 12 MP. Adapun kamera selfie keduanya menggunakan kamera beresolusi 8 MP.

Redmi 8 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian punggung, sayangnya tak seperti saudara kembarnya, Redmi 8A tidak dilengkapi dengan fitur ini.

Untuk masalah harga, Redmi 8 4/64 dijual dengan kisaran 1,9 juta dan varian 3/32 diberi harga 1,7jutaan. Untuk Redmi 8A dibanderol dengan kisaran harga Rp1,4 juta untuk spesifikasi 2GB/32GB.

Mengenai tanggal kapan kamu bisa beli hape ini di pasaran, CNN Indonesia menyebutkan ponsel mulai tersedia di pasaran mulai 12 Desember, tapi saat saya cek di toko online yang tersedia di Shopee, Blibli, dan Tokopedia, sudah banyak yang menjualnya dengan harga yang tak jauh beda.

Jadi, siap menyambut tahun baru dengan hape baru?