Timnas U-23 Indonesia akan melawan Laos di partai pamungkas Grup B cabor sepakbola SEA Games 2019 pada Kamis, 5 Desember besok. Jadwal Timnas Indonesia U-23 lawan Laos ini memang lagi ditunggu-tunggu. Kedua jagoan Asia Tenggara ini akan saling tendang di Stadion City of Imus Grandstand, bebarengan dengan duel Vietnam lawan Thailand.

Dilansir Kompas, untuk bisa memastikan diri lolos ke semifinal, Indonesia wajib menang melawan Laos.  Hanya dengan selisih dua gol saja sudah cukup untuk lolos, nggak perlu akeh-akeh. Hasil laga Vietnam vs Thailand juga nggak ngaruh.

Tapi Laos juga bukan tim menye. Ingatlah baik-baik di SEA Games 2009, saat Laos berhasil mempecundangi Indonesia dengan hasil 2-0. Laos bukan temannya ketumbar, jahe, atau lengkuas. Ini adalah negara dengan timnas yang juga terobsesi berjaya di SEA Games 2019.

Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 juga layak diperhitungkan. Bagaimana tidak, sebelum jadwal Timnas Indonesia U-23 lawan Laos, Selasa (3/12) kemarin, tim kesayangane awak dewe iki menghajar mampus Brunei dengan skor 8-0. Iku bal-balan ta main PES versus komputer level easy, Lur?!

Perayaan delapan gol ini tentu ditopang jagoan Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay. Padahal usianya baru 22 tahun, tapi sudah bisa mencetak hat-trick gila-gilaan ke gawang Brunei. Arek endi se iki, mangan opo se bendino kok huebat ngene. Indonesia mempercayakan semuanya padamu, Le!

Pemain jagoan lainnya adalah Egy Maulana Vikri, yang berhasil mencetak brace alias dua gol tanpa ampun ke kipper Brunei yang kayaknya lagi buntu dan kepengen ngopi. Egi ini masih kelahiran tahun 2000, tapi bisa begitu memukau. Membuatmu yang sudah agak quarter life crisis makin merasa pecundang saja.

Sejauh ini, Egi juga masih membela Lechia Gdańsk, klub bola di Polandia sana. Ya jelas moncer dong, bosku. Brunei mah jelas nggak bisa berkutik. Selain Osvaldo, Indonesia juga berharap besar lho padamu Dik Egi Messi. Ojok gradakan lho yo maine…

Yang jelas, laga lawan Laos besok adalah pertaruhan. Nggak boleh disia-siakan. Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Andy Setyo, dan yang lainnya nggak boleh lengah. Tunjukkan bahwa Indonesia bisa. Jangan lupa, pompa semangat kalian dengan lagu “Bendera” dari grup band Coklat.

Sejauh ini, masih dilansir Kompas, posisi Indonesia sudah naik ke peringkat kedua klasemen Grup B dengan perolehan sembilan poin. Indonesia juga berhak atas posisi kedua klasemen SEA Games 2019 sesudah unggul selisih gol dari Thailand yang ada di peringkat tiga.

Sementara itu, Vietnam tetap memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 12 poin. Dengan kondisi ini, tim yang lolos ke semifinal cabang sepak bola putra SEA Games 2019 akan ditentukan pada partai pamungkas besok.

Wih, deg-degan iki, lur. Buat Bung Indra Sjafri, kawal arek–arek nggih, gas pol terus!