Siswa SMA/MA/SMK kelas 12—arek paling tuwek dewe nang sekolah—kudu bersiap dan gercep sambut SNMPTN 2020. Ini buat dedek-dedek yang pengen masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SNMPTN aja. Nggak tau lagi kalau pada pengen rabi…

SNMPTN, yang merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, akan segera dibuka. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka jadwal SNMPTN buat tahun depan.

Mangkane ayo Rek, ndang, ndang!

Dilansir Kompas, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur SNMPTN tahun 2020/2021 memang sudah diumumkan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof Ismunandar, mewakili Mendikbud.

Nah, ada beberapa perubahan pada sistem SNMPTN 2020. Termasuk setiap peserta wajib punya akun LTMPT. Caranya melakukan registrasi akun melalui laman portal. ltmpt.ac.id.

Ikuti cara-caranya. Jangan gegabah. Jangan sok tahu. Tanya gurumu kalau ada yang belum kamu mengerti. Ini demi masa depanmu, Nak…

Nah, berikut jadwal yang perlu kamu catat dan tandai.

Registrasi Akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 07 Januari 2020

Pengisian PDSS: 13 Januari – 06 Februari 2020

Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah: 13 Januari – 06 Februari 2020

Pengumuman Siswa Eligible Daftar SNMPTN: 13 Januari – 06 Februari 2020

Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020

Pengumuman Hasil SNMPTN: 04 April 2020 pukul 15.00 WIB

Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN: Lihat laman masing-masing PTN

Dan, inilah yang kudu segera kamu lakukan:

– Calon pendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN, cepet-cepet buat akun LTMPT.

Fix-kan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pemeringkatanmu di sekolah.

– Perhatikan pengumuman peserta yang eligible buat daftar SNMPTN.

– Pilih PTN dan Program Studi dengan ketentuan. Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN , dengan maksimal  dua program studi dalam satu PTN. Atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN.

– Siapkan portofolio untuk diunggah. Ini bagi peserta yang memilih prodi bidang seni dan olahraga.

Terakhir, ini kunci suksesmu biar berhasil tembus SNMPTN:

– Pilih jurusannya jangan asal. Perlu pertimbangan dan hitung-hitungan yang masuk akal. Jangan terlalu memaksa juga. Nggak perlulah bersaing di arena yang udah banyak petarungnya, kayak jurusan Teknik Informatika. Ukur kemampuan dirimu. Ya intinya sama seperti pas nggebet areknya, sih.

– Sering-sering ngobrol juga dengan guru BK. Jangan cuman pergi ke ruang BK kalau pas kamu lagi kepergok mbolos sekolah aja. Sekali-sekali main, ngopi, ngobrol intim sama guru BK. Ngebahas masa depanmu, dan jurusan apa yang sebaiknya kamu ambil. Saran guru BK selalu bisa dijadikan patokan.

– Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi tembus-nggaknya SNMPTN, kamu kudu siap-siap nggak lolos. Santai, toh masih ada SBMPTN. Doa aja, usaha juga. Jangan terlalu kepikiran juga nanti stress. Rileks, chill..

Semua akan kuliah pada waktunya~