Ini adalah gelaran ketiga Big Bad Wolf (BBW) yang saya datangi sejak acara bazar buku dengan diskon gede-gedean digelar 2016 lalu. Tentu ada banyak perubahan yang mewarnai acara itu, seperti lebih banyak pengunjung, juga penataan tempat yang lebih rapi.

Mereka yang sudah jadi member BBW berhak mendapat preview pas dan dapat mengakses lokasi terlebih dahulu satu hari sebelum pengunjung biasanya. Acara yang diselenggarakan dari tanggal 4-14 Oktober 2019 ini tentunya masih jadi magnet bagi para book addict sampai penerima jastip.

Penyelenggara acara tak lupa menggandeng layanan jasa pengiriman bagi mereka yang tak mau repot membawa belanjaan banyak atau hendak mengirim barang ke pembeli di luar kota. Penjual makanan-minuman berada tepat di lantai dua, disiapkan untuk pengunjung yang ingin mengisi perut setelah lelah berburu buku.

Pegawai bank juga turut berkeliling menawarkan layanan pembuatan kartu yang bisa memudahkan pembayaran dan ada diskon khusus saat pembelian menggunakan kartu kredit.

Senin (7/10) kemarin, saya beruntung bisa mengunjungi bazar buku terbesar itu. Di sana saya menemui beberapa harta karun yang mungkin saja diincar oleh beberapa pembeli di luar sana. Daftarnya telah saya susun, khusus untuk kalean para book addict yang ingin berburu buku.

Buku CPNS/ TOEFL

Bagi para pengadu nasib yang ingin lolos seleksi PNS yang konon kabarnya diadakan tahun ini, membaca buku panduan resmi tes seleksi PNS tentu wajib hukumnya. Selain dapat membantu ketika ujian, kamu bisa pamer ke pacar bahwa kamu akan segera sukses dan bisa meyakinkan mertuamu.

Tapi, kalau kon masih males kerja dan pengen nggolek ilmu sak akeh-akehe, nerusin S2 misalnya, buku tes TOEFL bisa jadi pilihan jitu. Apalagi nggak menutup kemungkinan kamu mencari beasiswa sampek luar negeri. Buku tes TOEFL memudahkan perjuangan antum semua jadi kayak Ikal di “Laskar Pelangi.”

Komik Marvel

Kalau saran pertama tadi bikin ngendas, sirah muret, dan gangguan pencernaan, ini bisa membuat ndasmu adem. Tahun-tahun ini, film bertema superhero Marvel hampir merajai layar perak. Termasuk superhero dari dalam negeri sendiri, yakni Gundala buatan sineas Joko Anwar.

Di gelaran bazar ini, kamu bisa menemukan beberapa buku komik Marvel dengan judul atau episode yang mungkin belum difilmkan oleh Disney. Di antaranya ada The Fantastic Four, Ultimate Thor, X-MEN VS Avenger/ Fantastic Four dan The Thing. Buruan dikoleksi lah!

Sastra Lokal dan Luar

Bagi para pecinta buku fiksi khususnya sastra, rasa dahagamu terhadap bacaan bagus bisa terpuaskan. Di sini, kamu bisa menemukan buku dari penulis lokal sampai luar negeri dari yang berbahasa Indonesia dan Inggris. Nama seperti Budi Darma, Putu Wijaya, Agus Noor, hingga Linda Christanty, ada semua. Bisalah mengisi rak kosongmu.

Dari luar negeri, ada buku dari sastrawan klasik hingga penyabet Man Booker Prize dan Nobel Prize. Contohnya, Roberto Bolano, Gabriel Garcia Marquez, Jane Austen, Umberto Eco, dan Hemingway.

The Best Recommendation So Far Is..

Dan akhirnya, dari ketiga daftar yang sudah saya paparkan, pilihan saya jatuh kepada kumpulan esai sastra Mario Vargass Losa yang berjudul Matinya Seorang Penulis Besar. Kamu sendiri bisa menemukan buku langka lain bila beruntung dari tumpukan buku yang menggunung di BBW.

Akhir kata, selamat berburu!