DNK Editor’s Pick Artikel
#Surabaya #pengamen #Bungurasih #belanja #noshoppingchallenge #sale #Yowes Ben #Bayu Skak #Dolly #Gang Dolly Surabaya #Sidoarjo #Shopping #onlineshop #ekonomidigital #BayuSkak #YowisBen #FilmYowisBen #Malang #Film #Avengers #WiroSableng #BomSurabaya #SuroboyoWani #TerorisSurabaya #PilgubJatim #GusIpul #PakdeKarwo #Khofifah #EmilDardak #MinumanOplosan #RoyalWedding #RondoRoyal #Sepanjang #BomSurabaya #Surabaya #KampusRadikal #Teroris #Terorisme # #DNKSinema #Lamongan #Asmara #Assly #Badboy #CowokBadboy #BumiManusia #Pram #Dilan #Minke #Ramadhan #KartuLebaran #PilgubJatim #Jatim #JawaTimur #MbakPuti #JalanSunda #PramoedyaAnantaToer #Annelies #AyatayatCinta #Shin #BarberShop #KembangJepun #HUTSurabaya #Buduran #Kemacetan #Asshly #X60Jaran #MusikSurabaya #PialaDunia #SepakBola #PrediksiPialaDunia #pilkada #Nyangkruk #TandakBedhes #ViaVallen #MarkoSimic #VyanisTy #D #Miras #MinumanKeras #Alkohol #WayangPotehi #Film #JurassicWorld #Asmara #Musik #Dandelion #WidjiThukul #Bacalah #ResensiBuku #BambangNurdiansyah #Pelukis #PialaDunia2018 #Santet #KamisKlenik #Lebaran #IdulFitri2018 #Idulfitri #Gresik #Costwolds #Persebaya #Argentina #AngelVera #satebabi #kuliner #kulinersurabaya #EduardoGaleano #Weton #Zodiak #JudiBola #KulariKePantai #Beskop #MotoGP #JorgeLorenzo #MarcMarquez #Balapan #Liverpool #ValentinoRossi #LionelMessi #KamisSinema #Hereditary #AntMan #TikTok #SitiBadriah #Uruguay #LDR #Relationship #Pino #StreetArt #BidikMisi #Mahasiswa #Rossi #Belgia #Prancis #ngopi #kopi #Papua #Diskusi #PembubaranDiskusi #Arapaima #Brantas #BodyguardUgalugalan #Syahrini #CristianoRonaldo #Klenik #Kesurupan #Inggris #DaniPedrosa #BunuhDiri #Twitter #Pelet #Dukun #MovieMarathon #ArioBayu #22Menit #BuffaloBoys #LaluZohri #musikindie #Perempuan #Pilpres #Jokowi #Prabowo #Parkir #TukangParkir #Jambret #HananAttaki #Ustadz #PakWi #Perpustakaan #Buku #MedokanAyu #Hantu #Ampel #IslamNusantara #Politik #GusDUr #SamierInferno #Inferno178 #MissionImpossible #Pacaran #Novel #ManchesterUnited #PaulPogba #Artis #Pileg #RXKing #ArekMotor #Motor #Karma #RoyKiyoshi #ArthurIrawan #HantuSurabaya #TrioHantu #Medaeng #Rutan #SiDoel #FolkMusicFestival #EKTP #ReviewGadget #Xiaomi #FolkMusicFestival #FMF #Ganja #Receh #Gigolo #MarufAmin #Pilpres2019 #JenderalKardus #TimnasU16 #SebelumIblisMenjemput #LunaMaya #CutTari #JalanPatua #MahfudMD #JokiUnas #SBMPTN #SNMPTN #Pendidikan #LigaInggris #MoSalah #PialaAFF
Komik Liputan Video

Siapkan Langkah Hukum untuk Legalkan Ganja

Budaya #Alkohol #Ganja
Bagikan

Ketua Lingkar Ganja Nusantara (LGN) Dhira Narayana mengakui jalur hukum adalah satu-satunya jalan untuk melegalkan ganja. Meski sulit, tapi paling tidak itulah jalan legal formal yang bisa mereka tempuh.

Salah satunya dengan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi. Kapan mereka akan mengajukannya? Dhira menggeleng. Masih rahasia, katanya. 

“Kami masih membaca situasi, terutama dalam waktu dekat ini kan suasana pemilu presiden dan itu sangat tidak kondusif untuk melakukan hal-hal kayak gini. Tapi dalam waktu dekat, pokoknya di era presiden selanjutnya lah,” ujarnya. 

Kata Dhira, mengubah regulasi hukum di Indonesia adalah perjuangan yang berat. “Di Indonesia masalah politik kan masalah kompleks ya, apalagi untuk orang Indonesia korupsi dianggap lebih penting, banyak yang dianggap lebih penting, jadi legalisasi ganja nggak dianggap prioritas”, ujarnya soal gerak LGN yang tersendat. 

Sudah jadi rahasia umum bahwa banyak kalangan (secara individu) mengonsumsi ganja, baik untuk tujuan rekreasional maupun medis. Jika hukum ilegal ganja terus dipaksakan, akan banyak pihak yang masuk penjara secara sia-sia. 

 

Karena itu, saat ini LGN masih berfokus pada movement. Meski berpusat di Jakarta, LGN saat ini punya cabang di beberapa kota seperti Yogyakarta, Makassar, Ternate, Malang, Tangerang, Medan, Bandung, Samarinda, Sorong, Tegal, Pekalongan, Lampung, Padang, dan beberapa lainnya. 

Mereka rutin mengadakan diskusi dan setiap tahun membuat Global Marijuana March di Sabtu pertama bulan Mei. Program terbaru LGN yang akan diluncurkan 17 Agustus besok adalah Stand Up Cannabis, video testimoni manfaat positif yang didapat rekan pemakai ganja. “Supaya ada perspektif lain soal ganja di masyarakat.” 

Menurutnya, saat ini sudah jadi rahasia umum bahwa banyak kalangan (secara individu) mengonsumsi ganja, baik untuk tujuan rekreasional maupun medis. Jika hukum ilegal ganja terus dipaksakan, akan banyak pihak yang masuk penjara secara sia-sia. 

Dhira juga berkali-kali menekankan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya punya budaya kuat soal tumbuhan medis. “Kayak rokok aja yang dianggap orang buruk itu, ada kok rokok untuk obat, divine cigarettes namanya. Sebenarnya mindset aja sih, kan cara pakainya sama,” tutupnya. 

Dhira sendiri masih optimis dengan usaha melegalkan ganja. “Merdekain negara aja bisa, legalisasi ganja harusnya jadi urusan kecil lah untuk negara ini,” ujarnya.

Untuk menutup tulisan ini, saya ingin mengutip salah satu lagu Jason Ranti yang berjudul “Doa Sejuta Umat”.

“Sebagai seseorang yang percaya manfaat marijuana pada kehidupan berbangsa dan bernegara, aku selaluuuu berdoa...Ya Tuhan lindungi aku selalu, dari tangan-tangan jahat, dari mata-mata usil, dan undang-undang keparat, karena aku bukan kriminil...,”

Dan diam-diam, saya dan sejuta umat ganja mengamini lagu itu sambil berharap kebahagiaan ini tak perlu disembunyikan lebih lama lagi. 

 

Bagikan


KOMENTAR