Masa Pandemi, Harga Emas Global Bisa Capai 2 Juta per Gram: Jawa Timur Bisa Kaya Karena 7 Kabupaten Punya Emas?

 Masa Pandemi, Harga Emas Global Bisa Capai 2 Juta per Gram: Jawa Timur Bisa Kaya Karena 7 Kabupaten Punya Emas?

Ilustrasi

Harga emas global diprediksi bisa terus meroket di tengah pandemi virus corona. Proyeksi terkini harga emas dunia diyakini bisa menembus hingga 2 juta per gram. Hal tersebut berdasarkan prediksi sejumlah pelaku pasar seperti Wing Capital Bank of America Saxo Bank.

Bila prediksi meroketnya harga emas ini benar terjadi hingga 2 juta per gram, maka Jawa Timur justru bisa ikut panen rejeki. Kenapa? Karena di Jawa Timur terdapat banyak tambang emas di yang tersebar di pesisir selatan Pulau Jawa. Kandungan emas di Provinsi Jawa Timur terdapat di daerah kawasan perbukitan seperti di Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Tulung Agung, Trenggalek dan Pacitan.

Berdasarkan hasil pengamatan satelit internasional, terdapat 26 ribu hektare tambang emas antara Lumajang-Malang, 56-58 ribu hektare antara Tulungagung-Trenggalek, serta 96 ribu hektare di Pacitan. Jika data dari satelit internasional tersebut valid, bisa jadi wilayah Jawa Timur merupakan daerah kumpulan emas terbesar kedua di dunia setelah Afrika Selatan, atau paling besar se-Asia Tenggara.

Yang jelas, tanda-tanda kenaikan harga emas di masa pandemi itu sudah terjadi di Jawa Timur, salah satunya terjadi di toko emas dan perhiasan di Pasar Besar Malang, Jawa Timur. Untuk harga emas antam per gramnya mencapai Rp. 823.000 ribu rupiah. Sedangkan untuk emas perhiasan dengan kadar emas 70 persen dijual dengan harga Rp. 650.000 per gram.

Pegawai toko emas, bernama Yuli menyatakan kenaikan terjadi semenjak penyebaran virus corona masuk Provinsi Jawa Timur, khususnya Malang. Padahal pada bulan Februari lalu, harga emas perhiasan berkisar Rp. 580.000 per gram.

Tingginya harga emas dan adanya social distancing juga membuat daya beli masyarakat menurun hingga 80 persen, akibatnya aktivitas pasar pun nampak lebih sepi dari biasanya.

Lesunya penjualan emas membuat pemilik toko emas dan perhiasan di Pasar Besar Malang memilih memangkas jam operasional, jika biasanya toko buka selama 8 jam, kini hanya 6 jam saja.

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *